Dec 2, 2022

,

Pengalaman Berburu Jajan Sehat di Klik Indomaret Food


***

Pernah nggak sih kamu bawaannya pengen ngunyah sesuatu padahal perut udah kenyang?

Kalau, ya, kamu nggak sendiri, kok. Hal ini juga kerap dirasakan oleh banyak orang. Termasuk aku.

Biasanya kalau lagi bosan aku suka tiba-tiba pengen ngunyah walaupun nggak merasa lapar. Ini pasti dan selalu terjadi kalau aku sedang libur dan nggak ada aktivitas lain selain rebahan sambil nonton drama korea.

Alasan lain kenapa ingin nyemil juga bisa datang dari kondisi tubuh dan emosi yang kita alami lho. Contohnya aja saat aku bergadang menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan aku butuh camilan sebagai energi agar tetap terjaga dan mampu berpikir aktif.

Terlebih saat merasa stres dan galau, maka aku akan mencari camilan untuk melawan dan mengalihkan emosi negatif agar merasa lebih baik. Dalam kondisi ini biasanya keinginan nyemil akan muncul lebih kuat karena nyemil berperan penting sebagai pertahanan diri sekaligus sebagai senjata untuk melawan perasaan stres dan galau tadi.

Nah, terlepas dari kondisi di atas, kalau ditanya siapa yang suka nyemil, hampir semua orang pasti akan mengaku suka.

Tapi, walaupun nyemil adalah aktivitas yang menyenangkan, banyak juga orang yang harus menahan diri dan berusaha menghindarinya. Satu alasan yang paling sering aku dengar sih karena sedang diet sehingga takut bertambah berat badan.

Nyemil Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Pengen nyemil tapi takut gemuk! Adalah keluhan yang kerap aku dengar saat sedang berkumpul bersama dengan teman-teman.

Pertanyaannya, apakah sering nyemil benar bisa menaikkan berat badan seseorang secara signifikan?

Jawabannya tergantung. Karena sebenarnya nyemil menyebabkan berat badan jadi berlebih atau tidaknya tergantung pada jenis camilan yang masuk ke perut kamu.

Kalau kamu sering mengonsumsi camilan nggak sehat, seperti makanan tinggi lemak, gula, kalori, tentu memberikan efek yang buruk untuk tubuh. Sebaliknya, kalau kamu mengonsumsi camilan sehat, seperti makanan bernutrisi tinggi dan rendah kalori maka akan memberikan efek yang baik untuk tubuh.

Sayangnya, selama ini masih banyak orang yang menganggap sebelah mata aktivitas nyemil karena dinilai berpotensi bikin gemuk dan nggak memiliki manfaat untuk kesehatan. Kalau kata ibu saya, “Daripada nyemil mending makan nasi bikin kenyang.”

Padahal, aktivitas nyemil juga mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik maupun psikis lho. Ada apa saja ya?


1. Bantu Penuhi Kebutuhan Nutrisi yang Diperlukan Tubuh

Menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari pasti berbeda-beda. Ada kalanya aku benar-benar sibuk hingga nggak ada waktu untuk menyiapkan makanan bernutrisi lewat pola makan 3 kali sehari.

Nah, di sinilah nyemil dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Dengan mengonsumsi camilan sehat kita bisa memasukkan lebih banyak nutrisi yang diperlukan tubuh.

2. Meningkatkan Kinerja Otak Saat Belajar dan Bekerja

Ketika mengerjakan tugas-tugas perkuliahan yang begitu banyak rasanya otakku seperti nggak sanggup berpikir. Apalagi kalau tugas-tugas itu aku kerjakan di malam hari. Di mana selain butuh energi untuk berpikir aku juga butuh energi untuk melawan kantuk.

Maka dari itu, aku selalu menyetok camilan karena hanya dengan camilan aku bisa tetap terjaga dan mampu berpikir aktif. Dalam hal ini camilan yang cocok adalah camilan yang mengandung protein karena bisa memberikan energi yang positif untuk kinerja otak. Tak hanya itu, rasa kantuk yang menyerang juga jadi teralihkan berkat aktivitas mengunyah.

3. Mencegah Perut Berisik Sebelum Masuk Waktu Makan Siang

Saat belajar ataupun bekerja, seseorang pasti sering merasakan lapar, apalagi kalau paginya nggak sempat sarapan. Tapi rasanya nggak etis atau bahkan dilarang jika izin makan sebelum waktunya. Inilah yang seringkali aku rasakan. Lalu bagaimana solusinya?

Untuk masalah yang satu ini lagi-lagi solusinya adalah nyemil. Dengan nyemil sehat di jam-jam tertentu akan membuat perut selalu terisi, karena pada dasarnya perut kita harus terisi oleh makanan setiap 4 sampai 5 jam sekali.

4. Senjata Ampuh Bikin Good Mood dan Usir Bad Mood

Ketika menjalankan aktivitas sehari-hari pasti ada saja peristiwa-peristiwa yang bisa memicu mood kita menjadi baik dan buruk. Nah, mood buruk inilah yang perlu kita minimalisir, karena suasana hati yang buruk bisa berpengaruh pada kinerja otak maupun sikap kita.

Kalau hal seperti ini terjadi, kita bisa membangkitkan mood yang suram tadi dengan mengonsumsi camilan. Biasanya sih aku akan memilih makan-makanan manis karena bisa menghasilkan perasaan senang di dalam diri.

5. Menjaga Gula Darah Tetap Stabil dan Normal

Untuk manfaat yang satu ini sering aku temukan di artikel maupun jurnal online. Dilansir dari Halodoc.com, aktivitas nyemil bisa membantu para penderita diabetes mellitus untuk menjaga gula darahnya tetap normal. Dengan catatan, camilan yang dikonsumsi adalah camilan yang sehat dan sudah dikonsultasikan dengan ahli gizi maupun dokter.

 

Setelah mengetahui sederet fakta di atas, sekarang yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana menerapkan kebiasaan nyemil yang sehat?

Tenang, jawabannya aku bocorkan dalam beberapa paragraf di bawah ini.

Tips Membangun Kebiasaan Nyemil yang Sehat

Berkaitan dengan kesehatan, kebiasaan nyemil yang kerap dipandang sebelah mata nyatanya bisa menjadi bagian dari pola makan yang sehat. Karena sebenarnya mengonsumsi makanan ringan bisa menjadi salah satu upaya untuk melengkapi kebutuhan gizi asal dilakukan dengan cara yang benar.

Lalu seperti apa sih kebiasaan nyemil yang benar itu? Ini dia tipsnya.

1. Gali Alasan di Balik Keinginan Nyemil

Setiap dari kita yang suka nyemil pasti punya alasan berbeda-beda di baliknya. Maka dari itu penting bagi kita mencari tahu penyebab keinginan nyemil. Pilih camilan sehat jika disebabkan oleh rasa lapar, namun jika disebabkan oleh emosi sebaiknya kelola dengan melakukan kegiatan lain yang dapat menetralisir emosi tersebut.

2. Tentukan Waktu yang Tepat Untuk Nyemil

Membuat rencana kapan sebaiknya kita nyemil menjadi hal yang perlu dilakukan. Pasalnya nyemil di saat perut benar-benar merasa lapar bisa mengakibatkan pilihan camilan jatuh ke pilihan yang buruk karena tujuannya hanya untuk kenyang.

Karenanya buatlah jadwal untuk nyemil dan terapkan secara disiplin. Misalnya, aku kuliah dari pukul 07.30 sampai 15.45, karena jarak kampus dan kosku cukup jauh, biasanya aku sarapan pukul 06.00, sementara waktu istirahat kuliahku pukul 12.00. Maka waktu yang tepat untuk aku nyemil adalah pukul 10.00 dan 16.00.

3. Pilih Camilan yang Sehat Untuk Dikonsumsi

Nah, hal yang paling krusial adalah memilih jenis camilan sehat untuk masuk ke perut. Hindari memilih camilan yang penting kenyang, tanpa memperhatikan kandungan gizi di dalamnya. Contohnya seperti camilan tinggi gula dan kalori, karena jenis camilan ini hanya dapat memberikan energi sesaat.

Untuk itu, sebelum memutuskan membeli camilan sebaiknya cek kandungan gizinya yang biasanya bisa kita temukan dibalik kemasan. Utamakan camilan yang dipilih mengandung protein dan serat ya.

4. Pastikan Porsi Camilan yang Dikonsumsi Sesuai

Untuk menghindari makan berlebihan, pastikan porsi camilan yang kita konsumsi sudah sesuai kebutuhan. Karena beberapa makanan yang dikonsumsi berlebihan dapat memberikan efek yang tidak baik untuk tubuh. Selain itu mengonsumsi camilan berlebihan juga bisa mengganggu selera makan kita. Anjuran yang tepat adalah 150-250 kalori. Porsi ini akan membantu kita tetap merasa kenyang sampai waktu makan berikutnya.

5. Cari Penyedia Camilan Sehat yang Lengkap dan Terpercaya

Tips terakhir yang nggak kalah penting adalah menemukan penyedia camilan sehat yang lengkap dan terpercaya. Di era digital ini rasanya nggak begitu sulit menemukan toko offline maupun online yang menjual berbagai camilan ya?

Nah kalau urusan berburu jajan sehat aku merekomendasikan Klik Indomaret Food karena nggak saja lengkap, Klik Indomaret juga menawarkan beragam kemudahan. Sementara kalau urusan kredibilitas, Klik Indomaret Food jelas nomor satunya.

Berburu Aneka Jajan di Klik Indomaret Food

Klik Indomaret merupakan salah satu inovasi dari Indomaret berupa one stop online store yang menyediakan beragam produk untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen dalam satu aplikasi. Mulai dari belanja barang kebutuhan seperti makanan dan minuman, sembako, gadget & elektronik, travel, fashion, hingga beragam jajanan.

Nah, kabar baik untuk kita yang punya aktivitas padat, Klik Indomaret Food hadir sebagai solusi guna membantu kita melengkapi kebutuhan gizi harian. Ada beragam jajanan yang tersedia lho.

Ada apa aja ya? Yuk kita berburu.

1. Point Coffee

Buat kamu yang butuh kesegaran setelah berperang dengan berbagai tugas belajar ataupun pekerjaan, bisa banget coba berbagai varian minuman dari Point Coffee. Kopi memberi banyak manfaat untuk tubuh asal dikonsumsi dengan jumlah sesuai. Nah, buat yang nggak suka kopi tenang aja, karena Klik Indomaret Food nggak hanya menyediakan varian kopi saja, tapi ada juga non kopinya. Kita juga bisa memilih mau yang dingin atau panas. Tak hanya itu, kita juga bisa request isi minuman mulai dari es, kadar gula, dan sebagainya.

2. Fried Chicken

Sudah menjadi fakta bahwa Fried Chicken merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh semua kalangan. Makanan yang satu ini sangat praktis namun mengenyangkan. Fried Chicken dari Klik Indomaret ini dijamin memiliki kelezatan yang tiada banding karena telah menyesuaikan dengan lidah para konsumennya.

3. Bento Set

Bento Set adalah salah satu makanan khas Jepang, namun sangat familiar di lidah hampir seluruh masyarakat Indonesia. Menu yang tersedia seperti nasi ayam betutu sambal matah, nasi ayam woku, nasi beef yakiniku, nasi chicken teriyaki dan masih banyak lagi.

4. Pizza

Pada dasarnya kita butuh mengisi perut dengan makanan setiap 4 sampai 5 jam sekali. Jadi setelah sarapan lalu kamu merasa lapar padahal baru pukul 10.00, maka Pizza bisa jadi solusinya. Saat ini Klik Indomaret Food menghadirkan 3 pilihan rasa yang bisa kamu coba. Tapi untuk makanan yang satu ini pastikan mengonsumsi dengan jumlah yang sesuai ya.

5. Baverages

Baverages di sini berisi minuman-minuman bernutrisi seperti susu, kopi, air mineral dengan berbagai pilihan jenis dan rasa. Jadi kalau kamu pesan camilan di Klik Indomaret kamu juga bisa sekalian pesan minumannya.

6. Say Bread

Jajanan yang satu ini menurutku cocok banget dijadikan bekal untuk para pelajar dan mahasiswa. Jadi saat aku merasa lapar padahal belum masuk waktu istirahat siang, aku bisa nyemil Say Bread di sela-sela pertukaran antara dosen yang mengajar di jam pertama dan berikutnya.

Rotinya renyah, lembut dan tentu saja enak. Menariknya lagi Say Bread nggak hanya tersedia dalam varian manis saja, tapi juga tersedia dalam varian asin. Benar-benar menyesuaikan dengan lidah para konsumennya kan?

Itulah jajanan praktis dan low budget yang bisa kamu coba. Membeli menu yang terdapat pada daftar di atas aku yakin nggak akan bikin dompet kamu jebol. Jajan terus bukan masalah kalau belanjanya di Klik Indomaret Food.

Selain menu-menu di atas masih ada menu lain seperti onigiri, lauk pauk, dan steam food. Tapi untuk saat ini ketiga menu tersebut belum tersedia di kotaku. Kalau di kota kalian sudah tersedia menu tersebut boleh dong bagi ceritanya ke aku.

Pengalaman Jajan di Klik Indomaret Food

Sebagai mahasiswa PPG Prajabatan aku sangat disibukkan oleh tugas-tugas yang seperti nggak ada habisnya. Seringkali aku melewatkan waktu makan karena mengejar tugas-tugas ini agar semuanya bisa selesai tepat waktu.

Lalu seolah bisa melihat apa yang aku alami, Ibuku pasti menelepon di waktu-waktu makan untuk bertanya apakah aku sudah makan atau belum. Kalau aku jawab belum, bisa dipastikan omelan Ibuku akan langsung terngiang-ngiang di telinga sepanjang hari.

Untungnya Klik Indomaret telah menghadirkan section Klik Indomaret Food sehingga bisa menolong kaum-kaum mahasiswa rantau yang super duper sibuk sepertiku.

Contohnya saat sedang sibuk menyelesaikan tugas di akhir pekan dan nggak ada waktu untuk memasak maka aku bisa memanfaatkan Klik Indomaret untuk memesan jajan dengan praktis dan mudah. Pesanan bisa di antar atau diambil langsung di toko.

Praktis dan mudah banget kan?

Dan nggak hanya menyediakan berbagai produk kebutuhan yang super duper lengkap, Klik Indomaret juga berupaya memberikan pengalaman jajan terbaik melalui Klik Indomaret Food bagi para konsumennya berkat beragam keunggulan yang dimilikinya. Beberapa keunggulan yang aku rasakan yaitu:

  1. Menyediakan aneka jajan sehat dan low budget
  2. Tersedia berbagai pilihan metode pembayaran
  3. Bertabur promo yang menarik dan menguntungkan
  4. Jangkauan luas dan gratis biaya kirim
  5. Bisa mengatur waktu pengiriman pesanan untuk menyesuaikan jadwal nyemil

Akhir Kata

Klik Indomaret senantiasa memberikan pengalaman belanja terbaik bagi para konsumennya. Hadirnya Klik Indomaret Food sangat memanjakan urusan perut semua orang terutama anak kos dan ibu rumah tangga yang terkadang tidak memiliki waktu lebih karena kesibukan mereka.

Di sinilah camilan sehat di butuhkan untuk dapat melengkapi kebutuhan nutrisi harian.

Kamu tidak perlu merasa khawatir nyemil terus karena aktivitas ini tidaklah berbahaya asal dilakukan dengan cara yang benar. Malah kamu bisa mendapatkan manfaat dari kebiasaan nyemil ini.

Di samping itu, kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan masalah dompet karena Klik Indomaret Food menyediakan beragam camilan yang low budget. Belum lagi ditambah dengan promo-promo menarik yang menguntungkan. Untuk informasi lengkapnya bisa kamu cek di blogklikindomaret.com atau follow Intagram @klikindomaret

Jajan terus semakin hemat dan praktis #TinggalKlik di Klik Indomaret Food. Ayo jajan sekarang langsung meluncur lewat link ini (bit.ly/klikidmnov)


***

Referensi:

  1. Pengalaman pribadi
  2. Aplikasi Klik Indomaret
  3. Website Klik Indomaret (https://www.klikindomaret.com/)
  4. Detik Food, 8 Trik Ngemil Sehat yang Cegah Berat Badan Naik
    (https://food.detik.com/info-sehat/d-4513818/8-trik-ngemil-sehat-yang-cegah-berat-badan-naik/)
  5. Halodoc, Manfaat Nyemil (https://www.halodoc.com/kesehatan/camilan/)
Media pendukung:
Gambar yang digunakan dalam infografis diambil dari website dan aplikasi Klik Indomaret serta beberapa lainnya diambil dari penyedia gambar gratis (Freepik) kemudian diolah kembali oleh penulis menggunakan aplikasi Photoshop.