Feb 28, 2022

Dorong Transformasi dan Akselerasi Digital Jurnalistik Bersama IndiHome


Hujan Es Guyur Sebagian Kota Surabaya – CNN Indonesia

Notifikasi pop up dengan judul berita seperti di atas tiba-tiba muncul di layar ponsel ketika saya sedang asyik nonton drama.

Saking terkejutnya nih, saya sampai ngelag sesaat. Hujan es? Apa iya benar-benar ada hujan es? Pikir saya waktu itu.

Meski ragu, namun juga penasaran di saat yang sama. Makanya saya buru-buru meninggalkan tontonan sebelumnya, kemudian langsung beralih mencari informasi berita terkini di salah satu portal berita terpercaya.

Dan ternyata informasi tersebut benar adanya, bahwa telah terjadi fenomena hujan es di beberapa titik wilayah di Kota Surabaya. Dalam video yang beredar nampak para warga berlarian untuk menghindari serbuan es seukuran kerikil disertai angin kencang yang menimpa kepala mereka.

Fenomena langka hujan es | Sumber: CNN Indonesia

Jujur, ini merupakan kali pertama saya mengetahui dan menonton video hujan es. Padahal fenomena tersebut bukan yang pertama kalinya terjadi di Indonesia. Fakta ini juga baru saya tahu setelah saya mencari informasi lebih lanjut.

Duh, ketinggalan berita banget yah saya.

Makanya sedari awal fenomena langka itu disiarkan, saya terus mengikuti perkembangannya. Mulai dari menunggu penjelasan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)  tentang penyebab hujan es, pengakuan dari beberapa warga yang berada di wilayah kejadian, dampak yang ditimbulkan setelahnya dan berbagai informasi terkait.

Untungnya aja nih ya, saya sudah berlangganan IndiHome sejak lama. Berkat koneksi internetnya yang cepat dan stabil, saya jadi tidak takut ketinggalan informasi terkini karena setiap ada berita terbaru saya pasti langsung terima notifikasinya di ponsel saya. 

Berlangganan paket 2P (Internet + TV) dari IndiHome

Tidak hanya informasi tentang hujan es saja, tapi juga berita up to date lain yang diliput oleh para jurnalis melalui kegiatan jurnalistiknya. 

Apalagi di era pandemi seperti saat ini, yang mana kamu juga pasti tau kalau ruang gerak sangat dibatasi. Tanpa adanya aktivitas jurnalistik jelas kita akan buta informasi kan?

Sebab, jurnalistik sangat berperan penting dalam mengolah berita dan menyampaikan kepada dunia tentang apa yang terjadi dengan berdasar pada data dan fakta yang ada.

Seperti halnya Tenaga Kesehatan sebagai garda terdepan dalam memerangi Covid-19, Jurnalis juga merupakan garda terdepan dalam menyampaikan kebenaran dan memerangi hoax.


Menjelajahi Dunia Jurnalistik Lebih Jauh

Jurnalistik atau yang biasa juga dikenal dengan jurnalisme identik dengan istilah pers, media, dan jurnalis. Meski saling terkait, namun ke-empat istilah tersebut punya arti yang sangat berbeda.

Biar tidak salah mengartikan, sekarang coba kamu pahami dulu pengertian pers berikut ini ya:

Dalam UU Pers No. 40 Tahun 1999Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan kalau pers dan jurnalistik merupakan suatu kesatuan. Di mana pers adalah lembaga penerbitan yang melaksanakan kegiatan jurnalistik, sementara jurnalistik adalah proses atau serangkaian aktivitas yang terstruktur mulai dari mencari hingga menerbitkan berita.

Selain itu ada juga nih media dan jurnalis, dua istilah yang mungkin sudah tidak asing di telinga kamu. Media adalah tempat atau sarana untuk mempublikasikan karya jurnalistik yang dikelola oleh pers. Sedangkan jurnalis adalah orang yang melakukan kegiatan jurnalistik.

Nah perihal penting lainnya yang harus kamu tahu, bahwa pers pada masa revolusi disebut juga sebagai pers perjuangan. Kenapa?

Sebab, pers punya peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pers menjadi sebuah alat untuk menyuarakan kebenaran, mengobarkan semangat hingga menggerakkan rakyat untuk melawan penjajah. Pada masa itu, jurnalis dijuluki sebagai pahlawan bersenjatakan pena.

Karena begitu besar dedikasi dan pengaruhnya, pers kemudian dinobatkan sebagai pilar ke-empat demokrasi dan diperingati setiap tanggal 09 Februari.

Inilah sejarah singkat HPN (Hari Pers Nasional) yang selalu diperingati dengan suka cita setiap tahunnya.


Dorong Transformasi dan Akselerasi Digital Jurnalistik

Pada peringatan HPN 2022 Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir secara virtual dari istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, mengucapkan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi juga mengapresiasi media arus utama (mainstream) karena secara konsisten telah mengabarkan berita-berita yang berkualitas, mencerdaskan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi menyampaikan beberapa poin penting yang salah satu di antaranya berkaitan dengan harapan beliau terhadap percepatan transformasi digital media arus utama (mainstream).

Sambutan Presiden Joko Widodo pada peringatan HPN 2022


Bentuk Transformasi Digital Dunia Jurnalistik

Dunia jurnalistik terus melakukan transformasi digital dari waktu ke waktu. Di tengah-tengah perkembangan teknologi saat ini kamu bisa dengan mudah menemukan berita atau informasi apapun yang kamu butuhkan bukan? Ini jelas sangat jauh berbeda seandainya kamu flashback ke 15 tahun lalu.

Nah berikut ada beberapa bentuk transformasi digital dalam dunia jurnalistik di era abad ke-21 yang berhasil saya rangkum.

1
Transformasi Media Cetak Menjadi Media Elektronik/Digital

Transformasi media cetak menjadi media elektronik

Pada umumnya media cetak memuat informasi dalam bentuk publikasi cetak, seperti koran dan surat kabar. Tapi siapa sangka, kini koran dan surat kabar tidak cuma hadir dalam bentuk cetak saja, tapi juga  ada versi elektronik atau digitalnya.

Koran dan surat kabar elektronik ini berkembang pesat beriringan dengan perkembangan teknologi. Koran dan surat kabar versi elektronik hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pentingnya penyebaran berita yang up to date. Sehingga masyarakat tidak perlu menunggu sampai esok hari untuk menerima pendistribusian koran maupun surat kabar.


2
Banyak Aktivitas Jurnalistik Dapat Dilakukan Secara Online

Bentuk transformasi dalam aktivitas jurnalistik

Secara tradisional, seorang jurnalis biasanya pergi ke lokasi peristiwa untuk mengumpulkan data-data mulai dari merekam, wawancara, menulis, hingga menerbitkan berita.

Namun, di era teknologi ini, jurnalis bisa melakukan lebih banyak hal yang berkaitan dengan aktivitas jurnalistiknya dengan bermodalkan koneksi internet. Seperti melakukan wawancara dengan narasumber melalui Zoom misalnya.

Bisa kamu lihat kalau jurnalis di masa kini telah menggunakan cara-cara baru dalam mencari, mengumpulkan, dan memverifikasi data dan fakta yang ada. Mengunjungi lokasi kejadian dilakukan hanya jika memang diperlukan.


3
Penyampaian Berita Tidak Hanya Bersifat Satu Arah

Transformasi penyampaian berita dari satu arah menjadi dua arah

Seiring perkembangan teknologi, penyampaian berita tidak hanya bersifat satu arah melainkan bisa dua arah atau bahkan multi arah. Dulu mungkin kamu hanya bisa menerima berita lewat televisi, radio dan media cetak. Namun, sekarang penyampaian berita juga bisa dilakukan melalui media sosial dan aplikasi baca berita.

Kini kamu bukan lagi penikmat berita pasif, melainkan penikmat berita aktif. Sebab  jurnalistik media sosial telah memberi kamu kesempatan untuk menikmati berita sekaligus ruang untuk berinteraksi melalui kolom komentar.


4
Masyarakat Bisa Menerima Berita Secara Realtime

Penyampaian berita bisa dilakukan secara realtime

Sebelumnya, konsep berita adalah melaporkan peristiwa yang sudah terjadi, namun seiring perkembangan teknologi maknanya berubah menjadi melaporkan peristiwa yang sedang terjadi atau realtime. Wah, keren kan?

Berita yang dilaporkan dapat segera diunggah dan didistribusikan kepada seluruh masyarakat. Berkat jaringan internet, kini jurnalis bisa mengirimkan berita dan kamu juga bisa menerimanya di mana pun selama daerah itu dijangkau oleh jaringan internet.



Berjejaring Tanpa Hambatan Berkat IndiHome Internetnya Indonesia

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari bisa dikatakan  setingkat di bawah kebutuhan pokok makan dan minum. Apalagi di tengah kondisi pandemi yang membuat setiap orang tidak dapat melakukan aktivitas di luar rumah secara leluasa.

Di tengah kondisi yang penuh keterbatasan ini, IndiHome dengan layanan fixed broadbandnya hadir mengupayakan kemudahan bagi masyarakat agar tetap dapat beraktivitas meski dari rumah. Melalui dukungan akses internet yang cepat dan stabil siapa saja tetap bisa melakukan aktivitas tanpa batas mulai dari belajar hingga bekerja.

Dengan terpenuhinya akses internet, maka masyarakat juga akan melek informasi, sehingga dapat meminimalisir tersebarnya berita-berita hoax yang berasal dari sumber-sumber tidak terpercaya.

IndiHome menjangkau hingga pelosok negeri | Sumber: telkom.co.id

Saat ini PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom terus mengembangkan jaringan IndiHome hingga ke pelosok Indonesia agar layanan internetnya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Perlahan tapi pasti, Telkom optimis ke depannya akan ada lebih banyak lagi masyarakat yang bisa memperoleh akses internet super cepat.


Akses Internet Super Cepat dengan IndiHome Fiber

Mungkin sebagian dari kamu ada yang masih asing dengan istilah IndiHome FiberIni merupakan layanan digital terdepan yang menggunakan teknologi yang disebut fiber optik

Apa itu fiber optik?

Fiber optik adalah salah satu jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus berdiameter 120 mikrometer yang digunakan sebagai media transmisi. Utamanya teknologi ini banyak digunakan pada teknologi telekomunikasi karena memiliki transmisi dengan kecepatan tinggi. 

Nah, sebagai perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia, IndiHome berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat melalui penggunaan teknologi fiber optik agar masyarakat dapat merasakan berbagai keunggulannya.

Keunggulan teknologi fiber optik

Sekarang pertanyaannya, layanan apa yang ditawarkan oleh IndiHome Fiber?

IndiHome dengan teknologi fiber optik menawarkan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet Fiber (Internet Cepat), Telepon Rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (UseeTV).

Layanan 3P (Triple Play) IndiHome

 

Transformasi dan Akselerasi Digital Jurnalistik Bersama IndiHome 

Dalam kondisi yang penuh tekanan dan keterbatasan ini, internet dan jurnalistik sudah terlampau nyaman menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Bagaimana tidak? Internet telah membantu banyak hal di setiap rangkaian aktivitas jurnalistik.

Disadari atau tidak, aktivitas jurnalistik telah banyak berubah seiring dengan makin berkembangnya teknologi telekomunikasi. Hal ini sejalan dengan harapan Presiden Jokowi yang menginginkan media arus utama agar secepatnya melakukan transformasi dan akselerasi digital.

Untuk menyukseskan cita-cita itu, jurnalis dalam melakukan kegiatan jurnalistiknya membutuhkan akses internet yang cepat dan stabil. Sebab berita yang disajikan tidak hanya dituntut valid dan akurat saja, tetapi ada variabel kecepatan yang juga harus diutamakan dalam proses penyampaiannya.

Oleh karena itu, kecepatan mengunggah dan mendistribusikan berita dibutuhkan agar berita yang dibagikan dapat secepatnya diterima oleh masyarakat.

Mendukung transformasi dan akselerasi digital di Indonesia, IndiHome sebagai penyedia layanan internet terkemuka menghadirkan beragam layanan dengan teknologi fiber optiknya yang dapat memberikan kecepatan akses internet hingga 300 Mbps dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Kabar baiknya, untuk memudahkan berbagai aktivitas  bagi insan pendidikan dan jurnalistik di masa pandemi Covid-19, IndiHome menghadirkan paket yang mbois banget yaitu paket khusus pelajar, pengajar dan jurnalis dengan pilihan paket 2P (dual play) dan 3P (triple play) dengan pilihan kecepatan 20 Mbps dan 30 Mbps.

Paket khusus pelajar, pengajar, dan jurnalis

Jika berlangganan paket ini, pengguna akan memperoleh benefit berupa puluhan channel TV interaktif dan bebas akses aplikasi IndiHome StudyLayanan IndiHome Study mencakup buku digital dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia, materi belajar, materi ujian, sertifikasi, dan tes minat bakat.

Dengan harga mulai dari Rp. 255.000 per bulan, pengguna sudah bisa memaksimalkan aktivitas belajar, mengajar dan bekerja dari rumah berkat paket IndiHome Mbois ini.

Ngomong-ngomong soal IndiHome Mbois, kamu yang di luar daerah Jawa Timur pasti ada yang bertanya-tanya, "Mbois artinya apa ya?"

Mbois sama artinya dengan keren. Tapi saat ini kata mbois juga biasanya digunakan untuk mengungkapkan suatu ketakjuban. Misalnya saat saya memakai tas baru, teman-teman saya di Malang kerap berseru, "Mbois men cak," yang artinya bagus sekali kawan. 

Setelah saya cari tahu lebih lanjut, ternyata kata mbois sebenarnya berasal dari bahasa inggris yaitu boyish yang bermakna kelaki-lakian. Bagi laki-laki sebutan mbois sebagai ungkapan cara berpakaian mereka yang sesuai trend, sementara bagi perempuan digunakan untuk mereka yang memiliki gaya tomboy. 

Penggunaan istilah mbois ini hanya bisa ditemukan di daerah Jawa Timur terutama Malang. Jadi kalau kamu berasal dari luar pulau Jawa dan hendak berkunjung ke Malang sekarang kamu sudah tau artinya kan?


Nah, balik lagi membahas tentang IndiHome, demi menciptakan pelayanan terbaik di masa pandemi, bagi pelanggan IndiHome wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, kini Telkom Regional 5 telah meresmikan Plasa Digital di 3 kota Provinsi Jawa Timur yaitu Pasuruan, Sidoarjo, dan Madiun.

Sampai di sini, terbukti jika IndiHome memang tak henti-hentinya berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para penggunanya, juga pemerataan akses internet bagi seluruh masyarakat Indonesia.


 Keadilan Akses Internet Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dalam upaya pemerataan akses internet untuk seluruh masyarakat Indonesia, IndiHome sebagai penyedia layanan internet yang menjangkau hingga pelosok negeri menyediakan berbagai pilihan produk dan paket internet yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Paket IndiHome Mbois ini tersedia dengan pilihan kecepatan  mulai dari 20 Mbps hingga 300 Mbps

Walaupun sebenarnya tidak mudah bagi IndiHome untuk mendelivery produk internet dengan kecepatan rendah (di bawah 30 Mbps), namun IndiHome telah berkomitmen melakukan pemerataan akses internet termasuk untuk masyarakat yang memiliki kemampuan terbatas.

Dengan meratanya akses internet ini diharapkan masyarakat jadi melek berita sehingga mudah untuk mengetahui berbagai berita terkini guna meminimalisir tersebarnya hoax akibat keterbatasan akses internet.

Pilihan produk dan paket IndiHome yang tersedia diantaranya 1P (single play), 2P (dual play), dan 3P (triple play)

Beragam pilihan produk dan paket IndiHome

Selain produk dan paket internet di atas, IndiHome juga menawarkan beragam promo dan paket menarik lainnya. Tidak hanya paket khusus pelajar, pengajar, dan jurnalis, IndiHome juga menawarkan pilihan paket khusus lain seperti paket IndiHome dengan akses Disney+Hotstar dan Paket Gamer untuk akses game populer sekaligus dengan beragam benefitnya.

Untuk mengetahui informasi lengkap tentang berbagai pilihan paket dari IndiHome kamu bisa mengunjungi situs resmi IndiHome atau melalui aplikasi myIndiHome.


Dimanjakan dengan Berbagai Layanan dan Fasilitas IndiHome

Tidak hanya menawarkan beragam pilihan paket internet untuk mendukung aktivitas tanpa batas, IndiHome juga terus memanjakan penggunanya dengan menyediakan beragam inovasi layanan dan fasilitas yang bermanfaat. 

Ada apa aja ya?

1
Dapatkan Pengalaman Nonton Paling Menyenangkan Lewat UseeTv

UseeTV dari IndiHome

Selain menghabiskan waktu untuk belajar atau bekerja, kamu juga pastinya butuh hiburan kan?

Nah, jika berlangganan IndiHome, kamu bisa menikmati layanan UseeTV Cable, yang merupakan TV interaktif pertama di Indonesia. Di mana kamu dapat memegang kendali atas tayangan yang kamu nikmati. Beberapa fitur yang tersedia pada UseeTV Cable seperti Pause & Rewind TV, Video on Demand, Video Recorder dan masih banyak lagi.

Menariknya nih, kamu juga bisa menonton kembali tayangan tersebut keesokan harinya dengan memanfaatkan menu TV on Demand. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau kamu ketinggalan berita maupun acara favorit yang tayang pada hari itu.


2
WiFi Corner Memungkinkan Tetap Terhubung dengan Koneksi Internet di Ruang Publik 

WiFi Corner dari IndiHome

Seolah paham bahwa masyarakat, khususnya millennial tidak bisa lepas dari internet, IndiHome menghadirkan fasilitas WiFi Corner yang memungkinkan pelanggannya dapat mengakses internet berkecepatan tinggi guna menunjang kebutuhan digital.

Kamu bisa mengakses layanan internet di WiFi Corner melalui jaringan wifi.id dengan harga yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp. 5.000. Untuk membeli voucher internet dan mencari lokasi WiFi Corner bisa dilakukan melalui aplikasi wifi GO.


3
Pilih Beragam Add-on Sesuai Keinginan dan Kebutuhan

Add-on dari IndiHome

Jika kamu adalah pelanggan IndiHome yang ingin mendapatkan pelayanan plus plus kamu bisa banget menambahkan beberapa fitur layanan tambahan atau add-on yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen IndiHome dalam memberikan layanan dan fasilitas terbaik bagi para penggunanya.

Beragam fitur add-on yang bisa kamu tambahkan seperti, wifi.id Seamless, Speed on Demand, Upgrade Speed dan lain sebagainya.


4
IndiTravel Buat Travelling Makin Mudah dan Menguntungkan

IndiTravel dari IndiHome

IndiTravel merupakan salah satu layanan IndiHome yang bisa kamu gunakan untuk memesan dan membeli tiket pesawat, tiket kereta api, dan voucher hotel secara online.

Lalu jika ada pertanyaan kenapa harus menggunakan IndiTravel? Maka jawabannya karena khusus untuk pelanggan IndiHome bisa mendapatkan promo spesial pada berbagai pilihan penawaran. 

Adapun pembayarannya bisa dilakukan secara online dengan mudah dan aman melalui LinkAJa, transfer bank dan kartu kredit.


5
Transaksi Makin Mudah dalam Genggaman Berkat Aplikasi myIndiHome 

Dengan aplikasi myIndiHome transaksi makin mudah dilakukan dalam genggaman, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. myIndiHome menawarkan beragam fitur dengan mengutamakan kemudahan pengguna dan berupaya memberikan pengalaman digital terbaik.

Berikut ini beberapa fitur dan layanan yang bisa diakses melalui aplikasi  myIndiHome.

Aplikasi myIndiHome




Mengarungi Aktivitas Tanpa Batas Bersama IndiHome 

Migrasi aktivitas dari dunia nyata ke virtual berlangsung pesat selama masa pandemi.  Kini pandemi hampir tidak lagi menjadi penghalang saat melakukan serangkaian aktivitas baik belajar maupun bekerja. Di mana setiap orang punya kesempatan untuk terlibat secara aktif dan produktif dalam berbagai kegiatan berkat koneksi internet super cepat dari IndiHome

Dalam bidang pendidikan aktivitas belajar dan mengajar dapat berlangsung lancar tanpa kendala berarti. Begitupun dalam berbagai bidang pekerjaan, seperti jurnalistik misalnya. Serangkaian aktivitas mulai dari mencari dan mengumpulkan data hingga mempublikasikan berita dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Kemudahan aktivitas tanpa batas yang dilakukan tersebut tidak lepas dari peran IndiHome sebagai penyedia layanan internet terbesar yang telah tersebar hingga seluruh pelosok negeri. IndiHome berupaya mendorong akselerasi dan transformasi digital di Indonesia, tidak terkecuali salah satunya dalam dunia jurnalistik.

Melalui beragam pilihan produk dan paket yang ditawarkan, IndiHome juga berupaya memberi ruang kepada masyarakat agar dapat terus berkreasi dan berinovasi meski di tengah pandemi.

Terimakasih IndiHome. Kini kami tetap bisa melakukan aktivitas tanpa batas meski dari rumah.


Download Aplikasi myIndiHome

Referensi Bacaan:

  • Website resmi IndiHome (https://indihome.co.id/)
  • Website resmi Telkom Indonesia (https://telkom.co.id/)
  • CNN Indonesia: Hujan Es Guyur Sebagian Kota Surabaya (https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220221164107-20-762023/hujan-es-guyur-sebagian-kota-surabaya)
  • Tirto. Sejarah Hari Pers Nasional (https://tirto.id/sejarah-hari-pers-nasional-9-februari-dan-tema-hpn-2021-f9Zz)
  • Channel Youtube Kompas TV: Presiden Jokowi Hadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2022 ( Video diupload pada 09 Februari 2022)
  • Asal-usul istilah Mbois. (https://ngalam.co/2017/02/13/asal-usul-kata-mbois-wilayah-malang/)