Mar 23, 2022

Kontribusi Sinar Jernih Suksesindo akan Pemenuhan Kebutuhan Tenaga Kerja yang Terampil


Sebagai fresh graduated saya pernah merasa bingung langkah apa yang harus saya lakukan selanjutnya setelah lulus kuliah. Bagaimana tidak? Situasi pandemi yang terjadi memberi pemandangan di mana ada banyak orang yang harus kehilangan pekerjaan karena terpaksa diberhentikan oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Namun, berbekal doa dan keyakinan saya tetap mengambil langkah dengan menyebarkan lamaran kerja ke berbagai perusahaan yang membuka posisi sesuai kualifikasi yang saya miliki.

Lalu hasilnya? Hufft… Saya hanya bisa menghembuskan napas lelah sambil terus berdoa dan berusaha agar bisa segera mendapatkan pekerjaan.


Hingga setelah nyaris 4 bulan lamanya, saya akhirnya mendapatkan pekerjaan pertama berkat perusahaan outsourching. Namun, hal yang membuat saya takjub adalah, tidak hanya diberikan pekerjaan saya juga mendapatkan beberapa kali pelatihan yang menjadikan saya makin terampil dalam bidang pekerjaan yang saya kerjakan.

Iya. Tidak sebatas sebagai penyalur tenaga kerja saja, outsourcing ternyata memiliki peran lebih kompleks dari yang saya ataupun mungkin Anda bayangkan.

Untuk itu, dalam artikel kali ini saya akan mengulas lebih lanjut tentang peran outsourcing bagi pengelolaan tenaga kerja. Biar tidak bingung, alangkah baiknya kalau Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu outsourcing dan bagaimana awal kemunculannya dalam dunia kerja.


    Mengenal Outsourcing dan Awal Kemunculannya dalam Dunia Kerja

Dalam lingkup ketenagakerjaan outsourcing bukan istilah langka, namun jika menggunakan istilah Alih Daya mungkin tidak semua orang pernah mendengarnya, termasuk saya. Nah, jadi apa sih sebetulnya yang dimaksud dengan outsourcing itu?

Sederhananya outsourcing merupakan penyerahan suatu tugas atau pekerjaan kepada perusahaan lain. Oleh karena itu outsourcing dimaknai juga sebagai alih daya. Adapun pengertiannya yang saya kutip dari PP No. 35 Tahun 2021 disebutkan bahwa Perusahaan Alih Daya adalah badan usaha berbentuk badan hukum yang memenuhi syarat untuk melaksanakan pekerjaan tertentu berdasarkan perjanjian yang disepakati dengan perusahaan pemberi pekerjaan.

Dalam hal ini, perusahaan bisnis yang menerapkan sistem outsourcing harus bekerja sama dengan outsource, yaitu perusahaan yang menjadi pelaksana atau penanggung jawab dari penerapan outsourcing tersebut.

Sekilas tentang outsourcing

Outsourcing (alih daya) bukanlah hal baru. Jika mengintip sejarah, praktik outsourcing ini sudah diterapkan sejak zaman Yunani dan Romawi. Lama banget kan?

Pada masa itu pernah terjadi kekurangan pasukan dan ahli-ahli bangunan. Untuk mengatasi hal tersebut, akhirnya bangsa Yunani dan Romawi menyewa prajurit untuk berperang dan ahli-ahli bangunan untuk membangun istana.

Seiring berjalannya waktu prinsip dan fungsi outsourcing terus dikembangkan. Nah, awal penggunaan outsourcing di dunia usaha sendiri bertujuan untuk membagi risiko usaha. Sebab tidak semua perusahaan mampu menyelesaikan masalah dalam pekerjaan mereka.

Sistem outsourcing terus dikembangkan dan hingga saat ini jasa outsourcing telah banyak diterapkan karena terbukti dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan dalam memajukan bisnisnya.


 Menelisik Ketentuan Outsourcing yang Berlaku di Indonesia

Keberadaan Perusahaan Alih Daya Profesional / Outsourcing makin akrab di telinga seiring dengan banyaknya perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun merekrut tenaga kerja. Berkat hadirnya perusahaan outsourcing, kini perusahaan dapat berfokus pada inti kegiatan bisnisnya sehingga dapat meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Untuk memahami praktik outsourcing dengan baik, perusahaan ataupun calon tenaga kerja terlebih dahulu perlu mengetahui sistem dan ketentuan outsourcing yang berlaku Indonesia.

Pada awalnya perusahaan outsourcing hanya menyediakan jenis pekerjaan yang tidak berkaitan dengan bisnis inti perusahaan. Hal itu di atur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan pasal 66. Disebutkan bahwa pekerjaan yang menggunakan sistem outsourcing hanya mencakup jenis pekerjaan di luar kegiatan utama bisnis dan dalam pelaksanaannya harus didasarkan pada perjanjian kerja antara perusahaan dan tenaga kerja.

Namun, ketentuan tersebut telah diperbarui setelah terbitnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020. Ketentuan tentang batasan jenis pekerjaan sebagaimana yang sebelumnya di atur dalam UU. No. 13 Tahun 2003 telah dihapuskan dalam UU. No. 11 Tahun 2020. Sehingga tidak ada lagi batasan jenis pekerjaan apa yang boleh dialihdayakan. Artinya perusahaan dapat menyesuaikan jenis tugas atau pekerjaan apapun yang ingin dijalankan secara outsourcing.

Biasanya perusahaan menggunakan jasa outsourcing agar dapat berfokus meningkatkan produktivitas bisnisnya. Sebab proses panjang mulai dari recruitment dan tes hingga pelatihan yang memakan tenaga, waktu dan biaya sudah dilakukan oleh perusahaan outsourcing.

Nah, sampai di sini sepertinya kita sudah mendapat gambaran bagaimana peran Perusahaan Alih Daya Profesional/Outsourcing dalam memenuhi kebutuhan perusahaan maupun para tenaga kerja ya.


   Peran Alih Daya Profesional/Outsourcing Bagi Perusahaan dan Tenaga Kerja

Jasa outsourcing memiliki sejumlah peran yang memungkinkan klien perusahaan semakin bertumbuh dan berkembang.

Peran outsourcing bagi klien perusahaan


Membantu Klien Perusahaan agar Berfokus pada Inti Bisnisnya

Dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan dapat memusatkan fokus pada inti bisnisnya sehingga dapat mempercepat kemajuan perusahaan. Karena semua hal yang tidak berkaitan dengan kegiatan utama sudah diurus oleh perusahaan outsourcing, mulai dari melakukan recruitment dan tes hingga mengadakan pelatihan atau training. 


Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, proses recruitment dan tes hingga training sudah dilakukan oleh outsource, sehingga perusahaan bisa langsung mendapatkan tenaga kerja yang terampil di bidangnya. Perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing tidak perlu mengeluarkan anggaran yang tidak berkaitan dengan aktivitas utamanya.


Memangkas Risiko yang Kemungkinan Terjadi

Dengan jasa outsourcing secara tidak langsung perusahaan telah mengantisipasi risiko yang kemungkinan akan terjadi. Kenapa? Sebab perusahaan telah mentransfer sebagian aktivitas kepada perusahaan outsourcing, sehingga kemungkinan risiko yang akan terjadi dalam prosesnya akan ditanggung bersama.

 

Tidak hanya pada klien perusahaan, jasa outsourcing juga memiliki sejumlah peran penting bagi tenaga kerja maupun calon tenaga kerja.

Peran outsourcing bagi tenaga kerja


Mempermudah Calon Tenaga Kerja dalam Mendapatkan Pekerjaan

Sulitnya mendaftar kuliah tidak lebih sulit dari mencari pekerjaan, apalagi bagi lulusan baru atau fresh graduate. Namun, hadirnya perusahaan outsourcing menjadi solusi bagi calon tenaga kerja dalam mengatasi permasalahan tersebut karena perusahaan outsourcing akan membantu calon tenaga kerja untuk menyalurkan lamaran mereka.


Memberikan Pelatihan untuk Meningkatkan Keterampilan

Sebelum terjun ke dunia kerja yang sebenarnya, penting bagi calon tenaga kerja mendapatkan pelatihan untuk menambah pengalaman. Lagi-lagi ini sangat bermanfaat bagi fresh graduate. Di mana kehadiran perusahaan outsourcing akan memudahkan calon tenaga kerja dalam memperoleh pelatihan bahkan memilih jenis pekerjaan sesuai keterampilan mereka.


Kesempatan Mengekspresikan Bakat dan Mengembangkan Diri

Tenaga kerja outsourcing memiliki kebebasan lebih untuk mengekspresikan bakat dan mengembangkan diri sesuai bidang yang ingin dikuasai. Dengan potensi yang dimiliki tersebut, tenaga kerja mempunyai kesempatan untuk bekerja di mana saja, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini dapat menjadi motivasi tersendiri bagi tenaga kerja untuk lebih maksimal dalam bekerja.

 

Sekarang kita jadi paham sebesar apa peran perusahaan Alih Daya Profesional / Outsourcing dalam bidang ketenagakerjaan. Di mana keberadaannya sangat membantu perusahaan untuk berfokus pada kegiatan inti dan membantu pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki.

Seperti salah satunya adalah PT. Sinar Jernih Seksindo (SJS). Sebagai perusahaan Alih Daya Profesional/Outsourcing, SJS terus berinovasi dengan menghadirkan fasilitas dan layanan terbaik untuk membantu perusahaan pemilik bisnis maupun tenaga kerja.

 

  Mengenal Sinar Jernih Suksesindo (SJS) Lebih Dekat

PT. Sinar Jernih Suksesindo (SJS)  merupakan Business Process Outsourcing Company yang berkomitmen menjadi perusahaan outsourcing terbaik melalui berbagai inovasi layanan yang dimilikinya.

Berdirinya SJS di latar belakangi oleh tingginya permintaan akan tenaga kerja yang terampil dan orang-orang yang membutuhkan pekerjaan. SJS membantu perusahaan agar dapat berfokus pada aktivitas utama bisnis sekaligus menyediakan lapangan pekerjaan untuk para pencari kerja.

Sebagai perusahaan outsourcing terkemuka, SJS terus melakukan evaluasi terhadap layanannya secara berkala menyesuaikan dengan kebutuhan klien. Saat ini SJS melayani klien dari perusahaan lokal maupun multinasional. Dalam hal ini SJS memiliki tim profesional yang telah berkecimpung dalam bidang outsourcing selama lebih dari 10 tahun. Mereka adalah orang-orang yang tahu pasti dan memahami apa yang menjadi tujuan dan kebutuhan klien.

SJS Yakin mampu menghadirkan perbedaan dan memberikan kepuasan kepada klien melalui tenaga kerja terampilnya sehingga secara bersama-sama dapat berkontribusi mendorong pertumbuhan bisnis di Indonesia.

 

     SJS Penuhi Kebutuhan Klien Melalui Inovasi Layanan yang Beragam  

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil, SJS menyediakan beragam layanan yang dibutuhkan klien. Saat ini SJS telah memiliki klien perusahaan yang bergerak dalam berbagai sektor seperti perbankan, consumer goods, manufaktur dan sebagainya.

Sekarang mari kita jelajahi layanan apa saja yang dimiliki SJS.

Beragam layanan SJS


Recruitment & Tes

Untuk menemukan tenaga kerja yang terampil di bidangnya, SJS telah menyiapkan layanan Recruitment & Tes yang ditinjau berdasarkan standar proses terbaik. SJS menyediakan database & resource, penyaringan kandidat, wawancara kandidat dan recruitment cepat untuk pergantian staf di perusahaan.


Transfer Existing Contract Employees (Swing) According to Timeline

SJS mengelola transfer karyawan  sesuai dengan timeline baik karyawan dari kontrak internal maupun dari luar. Dalam hal ini SJS telah menyediakan sosialisasi karyawan sekaligus penandatangan kontrak. SJS akan melakukan analisis menyeluruh untuk memberikan yang terbaik kepada karyawan.


Staff Monitoring

SJS memiliki Customer Relationship Officer yang bertugas mengelola semua kebutuhan klien dan Dedicated Employee Relationship Officer yang bertugas mengelola karyawan outsourcing. Layanan ini sangat membantu klien maupun karyawan terkait hal-hal yang mereka butuhkan.


Employee Data Validation

Validasi data karyawan dengan pemeriksaan referensi dilakukan untuk mendapatkan kandidat potensial. Selain itu, SJS juga melakukan pengecekan alamat terhadap kandidat yang diterima khusus untuk posisi berisiko tinggi berdasarkan permintaan klien.


Service Review

Layanan review yang disediakan oleh SJS meliputi tinjauan dan penilaian karyawan, pertemuan rutin dan presentasi sesuai SLA (Service Level Agreement) serta survei karyawan dan klien.


Soft Skill Training

SJS menyediakan berbagai training atau pelatihan soft skill untuk karyawan kontrak mereka. Pelatihan tersebut diberikan oleh Profesional Trainer dan In House Trainer dengan berbagai modul pelatihan. Semua materi akan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan klien dan akan dibahas sebelum pelatihan.


Payroll & Employees Taxation

SJS memahami bahwa gaji tepat waktu adalah hal yang paling penting dan diinginkan oleh semua tenaga kerja. Dalam hal ini, SJS memastikan karyawan akan menerima gaji tepat pada waktunya. Karyawan akan menerima notifikasi gaji mereka melalui pesan singkat (SMS).


Managing Employees Benefit & Administration

SJS menyediakan berbagai layanan administrasi dan layanan tambahan lainnya secara online kepada klien sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Selain itu SJS juga menyediakan layanan BPJS, administrasi asuransi, dan administrasi staf kontrak berdasarkan kebijakan di perusahaan klien.


HR Consultation

Layanan konsultan HR (Human Resource) akan membantu klien menganalisa dan menyusun kualifikasi karyawan yang dibutuhkan perusahaan maupun layanan lain terkait perekrutan karyawan.


Dedicated Employee Relation

Layanan ini memungkinkan klien untuk tetap fokus pada bisnis inti di perusahaannya. Karena SJS yang akan melakukan berbagai hal dalam pengelolaan administrasi dan meningkatkan kualitas karyawan kontrak.


Customized Service

SJS memahami bahwa setiap klien pasti memiliki kebutuhan dan tujuan yang berbeda-beda. Untuk itu SJS hadir dengan tujuan membantu klien dalam mengelola karyawan. Dengan pendekatan ini SJS akan melakukan tindak lanjut dan menyesuaikan kebutuhan klien untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Selain layanan di atas, SJS juga menyediakan layanan premium yang sebagian besar di antaranya dapat diakses secara online sehingga dapat memberikan kemudahan kepada klien maupun karyawan dalam mendapatkan informasi.


Beragam layanan yang disediakan SJS menjadi bukti nyata bahwa SJS benar-benar berkomitmen dalam membantu perusahaan dan tenaga kerja. Namun, jika kemudian timbul pertanyaan kenapa SJS menjadi salah satu perusahaan outsourcing terbaik dan menjadi pilihan tepat untuk menjalin kerja sama, maka berikut ini jawabannya.


  Mengapa Harus Bermitra dengan Sinar Jernih  Suksesindo?  



Bagaimana? Peran SJS dalam bidang ketenagakerjaan sangat kompleks bukan?

SJS membantu klien perusahaan agar dapat berfokus pada inti utama bisnis, di saat yang sama SJS juga membantu pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dan menjadikan mereka sebagai tenaga kerja terampil.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya ingin turut serta menyampaikan harapan untuk 10 Tahun SJS.


     Harapan untuk 10 Tahun Berdirinya Sinar Jernih Suksesindo


Melakukan Ekspansi Baik di Dalam Maupun Luar Negeri

Harapan terbesar saya adalah SJS akan terus bertumbuh sehingga mampu membuka kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia maupun negara lain. Dengan memperluas titik lokasinya maka akan membantu lebih banyak klien perusahaan dan menyerap banyak tenaga kerja.


Terus Memberikan Kontribusi Positif bagi Tenaga Kerja, Klien Perusahaan dan Negara

Selama lebih dari 10 tahun berdiri dan berhasil menjadi perusahaan dengan label “Strong Capital” saya yakin SJS mampu untuk terus memberikan kontribusi positif bagi banyak pihak. Seperti memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan bagi tenaga kerja dan membantu kemajuan bisnis bagi klien perusahaan sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.


Menjadi Perusahaan Unggul yang Selalu Dapat Diandalkan

SJS selalu melakukan evaluasi terhadap layanannya secara berkala. Mengetahui fakta ini ke depannya SJS semoga dapat menciptakan terobosan-terobosan baru yang sejalan dengan perkembangan zaman. Sehingga SJS dapat terus menjadi perusahaan outsourcing pilihan yang dapat diandalkan untuk memenuhi  kebutuhan perusahaan dan tenaga kerja yang semakin kompleks dari waktu-ke waktu.


Semakin Maju dengan Layanan Berkualitas dan Berbasis Teknologi Terkini

Sejalan dengan harapan sebelumnya, dalam hal ini  semoga SJS dapat terus berinovasi dengan menghadirkan layanan berkualitas berbasis teknologi terkini. Sebagaimana yang kita tahu, saat ini SJS telah menghadirkan inovasi layanan yang dapat diakses secara online seperti SJS mobile apps, online databases, online test dan lainnya. Harapannya, ke depannya SJS dapat menghadirkan berbagai layanan lain yang dibutuhkan oleh klien maupun tenaga kerja.


Akhir Kata

Sinar Jernih Suksesindo telah berkontribusi penuh dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. SJS telah memiliki ribuan tenaga kerja terampil dan klien perusahaan yang bergerak di berbagai sektor bisnis. Melihat fakta tersebut saya bisa membayangkan ada begitu banyak orang yang telah terbantu berkat kehadiran Sinar Jernih Suksesindo.

Dengan tagline #SJSYakin! – Standarisasi, Konsistensi, Kolaborasi, ke depannya SJS akan menjadi perusahaan Alih Daya/Outsourcing terbaik dan terkemuka yang memiliki keunggulan kompetitif dan berstandar internasional.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih banyak SJS karena telah hadir dan membantu memenuhi kebutuhan kami. Sukses selalu.


Sosial Media Sinar Jernih Suksesindo (SJS)




Referensi :

  1. Pengalaman pribadi
  2. Website resmi SJS (http://sinarjernihsuksesindo.co.id/)
  3. Pengertian dan sejarah outsourcing (http://repository.uin-suska.ac.id/7269/4/BAB%20III.pdf)
  4. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 dan UU. No. 13 Tahun 2003.