Dec 29, 2021

,

Mudahnya Meneropong Universitas dan Jurusan Impian dengan Aplikasi goKampus


Dilema menentukan kampus pilihan umumnya dialami oleh para remaja yang sudah memasuki masa-masa akhir sekolah. Bayangkan, anak sekitar umur 17 tahun diharuskan mengambil keputusan tepat yang berkaitan dengan masa depannya, ini jelas bukan tantangan yang mudah kan? 

Hal demikian pun pernah saya alami 6 tahun silam, tepatnya setelah melaksanakan Ujian Nasional dan tinggal menunggu pengumuman. Pertanyaan, “Jadi, habis ini mau ke mana?” bagi saya bahkan lebih sulit dari soal ujian itu sendiri. Ada perasaan takut dan cemas, seolah sedang berada di persimpangan lalu dihadapkan oleh banyak pilihan.

Well, sebenarnya sih kalau disuruh mengikuti kata hati saya tidak masalah kuliah di universitas negeri maupun swasta asal jurusan yang diambil masih berkaitan dengan matematika, seperti akuntansi, management, guru pendidikan matematika ataupun jurusan lain yang berkutat dengan angka. Bisa kamu bayangkan kan, secinta apa saya dengan matematika?

Tapi karena satu dan lain hal, saya tidak bisa memilih jurusan yang saya inginkan tersebut. Meski begitu, saya tetap berusaha menjalani kuliah dengan sepenuh hati, lulus tepat waktu dan mengantongi nilai yang memuaskan sebagai bayaran atas tenaga, waktu dan biaya yang sudah orang tua saya korbankan untuk pendidikan saya.

Dan mungkin karena keikhlasan tadi, saya akhirnya menemukan hobi baru yang saya suka tak kalah dari matematika. Hobi apa itu, mungkin ada di antara kamu yang bisa menebaknya?

Yup, menulis.

Alasannya karena dengan menulislah saya bisa belajar banyak hal. Menulis menuntut saya mempelajari banyak hal baru yang jarang atau bahkan tidak dipelajari oleh orang lain. Aktivitas ini menjadikan hari-hari saya tidak pernah membosankan. Melalui hobi menulis ini jugalah saya bisa berbagi cerita dengan kamu tentang suka duka saya ketika memilih kampus dan jurusan kuliah.

Menurut saya kampus dan jurusan, keduanya adalah hal yang sama penting dan tidak dapat dipisahkan. Memilih kampus harus sepaket dengan jurusan, begitupun sebaliknya. Kamu harus bisa menentukan pilihan di tengah banyaknya universitas lokal dan universitas luar negeri dengan berbagai pilihan jurusan menarik.

Nah, berkaca dari pengalaman saya, penting untuk kamu menentukan keduanya dengan tepat. Sebab memilih jurusan kuliah artinya kamu sudah tahu ke mana kamu harus melangkah di setelah lulus kuliah. Apakah akan bekerja, wirausaha, atau investasi.

So, take your time and think about it.

 

Tingkat pendidikan masyarakat di Indonesia semakin berkembang. Jika dulu jumlah masyarakat yang mengenyam pendidikan hingga tamat sarjana masih sangat terbatas, kini jumlah sarjana baik lulusan S1, S2 maupun S3 semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat, utamanya orang tua telah menyadari pentingnya pendidikan tinggi bagi masa depan anak-anaknya.

Respon positif akan pentingnya pendidikan tinggi ini juga dibarengi dengan peningkatan jumlah universitas yang semakin bertambah. Terbukti dengan banyaknya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan beragam jurusan kini tersebar di seluruh Indonesia yang kebanyakan berlokasi di Pulau Jawa dan Sumatra.

Dilansir dari katadata.co.id berdasarkan data Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, pada tahun 2017 jumlah universitas di Indonesia mencapai 4.504. Angka ini di dominasi oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebanyak 3.136, Perguruan Tinggi Agama sebanyak 1.060, Perguruan Tinggi Kementerian/Lembaga Negara sebanyak 186, dan paling sedikit Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebanyak 122 universitas.

Data di atas baru universitas lokal saja, belum termasuk universitas luar negeri yang juga tidak kalah menariknya. Melihat banyaknya jumlah universitas tersohor, maka tidak heran jika kamu merasa bingung ketika menentukan universitas mana yang akan kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan.

Nah, untuk menjawab kebingungan itu, kini hadir aplikasi goKampus sebagai solusi bagi siswa-siswi yang akan ataupun sudah lulus sekolah dalam menentukan pilihan universitas terbaik dengan jurusan yang tepat. Melalui aplikasi goKampus kamu bisa menemukan universitas dan jurusan favorit dengan cepat dan mudah tanpa harus keluar banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Pertanyaannya:

“Emang beneran bisa? Gimana caranya?”

Jawabannya:

“Bisa dong, kan pakai aplikasi goKampus. Cukup upload rapor bisa langsung di terima di universitas pilihan hanya dalam waktu 1 jam.”

 

goKampus adalah aplikasi yang dibangun untuk membantu anak-anak Indonesia dalam mendaftar kuliah di universitas dan jurusan impian. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2018, aplikasi ini terus dikembangkan hingga masuk dalam daftar 5 besar startup teknologi Pendidikan di Asia Tenggara. Diungkapkan dalam laporan DailySocial 2019, goKampus tercatat sebagai startup teknologi dengan pertumbuhan paling pesat.

goKampus memberikan akses kemudahan bagi siswa-siswi SMA/SMK dalam menemukan universitas dan jurusan impian. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, yang mana ruang gerak sangat dibatasi, sehingga mau tidak mau belajar online dan kuliah online pun dipilih sebagai solusi. Meski demikian, dengan goKampus kamu tetap bisa mendaftar kuliah dengan mudah dan cepat serta bisa diterima di kampus impian hanya dalam waktu 1 jam.


Saat pertama kali membuka aplikasi goKampus kamu akan langsung disambut dengan tampilan logo berbentuk wajah seseorang sedang mencari sesuatu menggunakan teropong berwarna putih yang dikombinasikan dengan tulisan "kampus" berwarna  oren. Ini merupakan logo baru yang diluncurkan menjelang SBMPTN pada 14 Juni 2021 dengan mengusung tema Let’s Go dan Keep Going.

Selain logo yang unik, hal yang tidak kalah menarik lainnya ialah tampilan beranda yang simple dan fresh. Di mana dominasi background berwarna putih dengan sentuhan icon warna ungu berhasil menyuguhkan visual yang memanjakan mata. Ditambah ukuran tulisan yang pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga bisa terbaca dengan jelas.

Percaya deh sama saya, kamu tidak akan bosan ketika diajak berselancar mencari universitas terbaik di dalam maupun luar negeri lewat aplikasi goKampus.

Dan kabar baiknya saat ini aplikasi goKampus sudah tersedia di App Store dan Play Store dengan ukuran yang sangat ringan. Ukuran aplikasi goKampus di App Store hanya 74.5 MB dengan rating 4.1 bintang dan 81 ulasan. Sementara di Play Store aplikasi goKampus memiliki ukuran sebesar 15 MB dengan rating 4.4 bintang dan 2.349 ulasan.

Sebagai pengguna android, setelah mendownload aplikasi goKampus, saya pun tidak mau ketinggalan untuk memberikan rating dan ulasan di Play Store. 



Pada aplikasi GoKampus sedikitnya ada 5 menu utama yaitu Beranda, Pendaftaran, Universitas, Wishlist, dan Profil. Secara default, saat berhasil masuk ke aplikasi goKampus otomatis kamu akan langsung dibawa ke halaman beranda yang menyajikan beragam fitur menarik dan mudah diakses. Berikut akan saya jelaskan semua menu dan fitur yang ada pada aplikasi goKampus. Simak terus ya!


   "Menu Beranda"

Aplikasi goKampus memiliki menu Beranda yang bertindak sebagai halaman utama. Tujuannya untuk memberikan gambaran kepada pengguna mengenai fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tanpa harus menjelajahi semua halamannya. Seperti pada aplikasi goKampus yang berfokus pada dunia pendidikan, pada halaman Berandanya menampilkan beragam fitur menarik sesuai dengan visi dan misi yang diusung oleh goKampus. Berikut ini beragam fitur menarik yang terdapat pada Menu Beranda.

   Fitur Daftar Kuliah

Melalui fitur ini kamu bisa daftar kuliah dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Cukup dengan sekali tekan kamu akan menemukan banyak pilihan universitas. Jika ingin lebih spesifik lagi, kamu bisa memilih kategori universitas seperti universitas lokal, universitas luar negeri, instant approval, terakreditasi A, dan program S1. Tidak sampai di situ, kamu juga bisa mengurutkan universitas berdasarkan kategori mulai dari paling populer, akreditasi, hingga biaya terendah.

Jika sudah menemukan universitas dan jurusan favorit, kamu tinggal melanjutkan proses pendaftaran dengan melengkapi data pada form yang disediakan. Mudah kan? 

    Fitur Upload Rapor

Yang tidak kalah menarik yaitu adanya Fitur Upload Rapor. Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang masih bingung memilih kampus dan jurusan yang sesuai berdasarkan nilai rapormu. Kamu hanya perlu mengupload rapor dari kelas 10, kemudian tim goKampus akan bantu mencocokkan nilai rapormu menyesuaikan dengan syarat dan ketentuan di kampus yang tersedia. 

Nah, sekarang kalau kamu masih bingung, kamu bisa manfaatkan Fitur Upload Rapor untuk menentukan universitas dan jurusan yang tepat. Ingat ya, ini menyangkut masa depanmu, memilih universitas dan jurusan harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Seperti yang saya bilang di awal, take your time and think about it.

    Fitur Instant Approval

Bisa dibilang Instant Approval adalah fitur paling istimewa yang terdapat pada aplikasi goKampus. Bagaimana tidak? Hanya dengan sekali klik, kamu bisa diterima kuliah dalam waktu 1 jam. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang registrasi, karena daftar kuliah melalui fitur Instant Approval gratis biaya pendaftaran. Dan kabar baiknya kamu juga bisa mendapatkan cashback hingga Rp. 500.000 setelah menyelesaikan pembayaran kuliah.

Ada banyak sekali universitas yang tergabung dalam kategori Instant Approval. Jika sudah menentukan pilihan kampus dan jurusan, kamu tinggal melakukan pendaftaran dan selesaikan pembayarannya. Berikutnya cashback hingga Rp. 500.000 akan kamu terima dan bisa kamu masukan kembali ke dalam sakumu.

  Fitur Beasiswa

Adanya beasiswa memberi kesempatan bagi siapa saja untuk dapat mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi. Melalui Fitur Beasiswa kamu bisa menemukan informasi tentang beasiswa kuliah yang tersedia di universitas-universitas pilihan. Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan, salah satunya LSPR Scholarship yang menawarkan beasiswa dengan kategori reguler, anak guru, by class rank, dan by achievement. Kamu bisa memilih jenis beasiswa yang paling kamu minati dengan tak lupa memperhatikan detail syarat dan ketentuannya.

   Fitur Acara

Melalui Fitur Acara kamu bisa menemukan berbagai acara yang diadakan oleh universitas. Tentunya kamu akan memperoleh banyak keuntungan, tidak hanya untuk menambah wawasan/pengetahuan saja, tetapi juga untuk meningkatkan ‘networking.’ Menariknya selain mengikuti acara, kamu juga bisa membuat acara loh. Kesempatan ini sekaligus bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan kampusmu. Untuk membuat acara kamu wajib melengkapi data tentang informasi acara pada form yang disediakan.

   Fitur Kalender

Istilah kalender pasti sudah tidak asing lagi di telingamu. Tapi, jangan salah dulu. Fitur Kalender yang terdapat pada aplikasi goKampus berbeda dengan kalender pada umumnya. Selain menampilkan hari dan tanggal, pada fitur ini kamu bisa melihat jadwal pendaftaran universitas lokal dan luar negeri baik yang akan segera berakhir maupun di waktu yang akan datang. Fitur ini juga terintegrasi dengan menu Wishlist sehingga kamu tidak perlu takut ketinggalan jadwal pendaftaran kuliah di universitas impianmu.

  Fitur Tes Minat Bakat

Fitur ini akan membantu mengetahui gambaran tentang kemampuanmu pada bidang tertentu sehingga dapat dijadikan dasar dalam memilih jurusan. Salah satu tes minat bakat yang tersedia pada aplikasi goKampus yaitu tes yaang menggunakan teori Holland Code dari psikolog John Holland.

Kamu akan mendapatkan penjelasan rinci mulai dari informasi tentang tes, cara pengisian, waktu pengisian, sampai hasil tes yang akan menunjukkan persentase kecocokan karir melalui 6 kategori yaitu, Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional.

   Fitur Promo

Siapa sih yang tidak tertarik ketika mendengar kata promo, apalagi saat ngomongin tentang pendidikan, biasayanya jarang banget ada yang namanya promo. Tapi, melalui Fitur Promo  pada aplikasi goKampus kamu bisa menemukan berbagai promo menarik yang akan memberikan keuntungan baik untuk kamu maupun pihak yang mengadakan promo. Untuk saat ini ada beberapa promo tersedia yang bisa kamu pilih seperti The British Institute (TBI), makanan kekinian dari Hangry, HP Jagoan dari Jagofon, dan daftar kuliah di Ubaya.

    Fitur Magang

Magang merupakan tahap penting yang harus dilalui mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan. Tujuannya untuk menerapkan ilmu yang dimiliki dan memperoleh keterampilan. Meski tidak serumit menentukan universitas dan jurusan kuliah, tetapi menentukan tempat magang juga harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Nah, melalui Fitur Magang ini kamu bisa memilih berbagai program magang yang tersedia. Untuk bidang keilmuan, lokasi perusahaan, syarat dan ketentuan serta pendaftarannya bisa kamu ketahui dengan mudah.

   Fitur Pinjaman

Fitur ini menyediakan opsi pinjaman untuk membayar segala keperluan dan kebutuhan kuliah dengan cara dicicil. Dana pembiayaan ini sangat membantu mahasiswa perihal pembayaran biaya kuliah dengan universitas tempatnya menempuh pendidikan. Kamu juga tidak perlu khawatir karena dana pinjaman ini berasal dari pemberi pinjaman yang diawasi OJK seperti Pintek (PT Pinduit Teknologi Indonesia) dan EduFund (PT Fintech Bina Bangsa).

Dengan Fitur Pinjaman pada aplikasi goKampus kamu bisa mengajukan dana pembiayaan kuliah dengan cepat dan mudah, cukup dengan isi form yang disediakan. Tapi jangan lupa untuk perhatikan syarat dan ketentuan detailnya ya.

        "Menu Pendaftaran"

Menu Pendaftaran berfungsi untuk mengecek status pendaftaran kuliah yang akan terupdate secara berkala. Draft menunjukkan ada pendaftaran yang belum selesai, Diproses menunjukkan pendaftaran sedang ditindaklanjuti, Butuh Berkas menunjukkan pendaftaran sudah ditindaklanjuti tapi masih ada dokumen yang harus dilengkapi. Dan kalau status pendaftaranmu Diterima maka selamat kamu berhasil diterima kuliah di kampus impianmu, namun jika status pendaftaran Ditolak artinya kamu belum berhasil diterima kuliah di kampus yang kamu inginkan.

Tapi tenang, jangan berkecil hati dulu. Karena dengan aplikasi goKampus kamu tetap bisa mendaftar kuliah di universitas menarik lainnya dengan mudah. Ada banyak universitas lokal dan luar negeri dengan beragam jurusan yang bisa kamu pilih. Satu hal yang perlu kamu ingat, gagal bukan berarti tamat/selesai.

   "Menu Universitas"

Melalui Menu Universitas kamu bisa melihat daftar ratusan universitas lokal dan luar negeri. Kamu bisa mengetikkan nama universitas yang kamu cari, atau jika ingin lebih spesifik lagi kamu tinggal mengklik tombol Filter yang terdapat pada pojok kanan atas. Selanjutnya universitas yang kamu cari akan muncul berdasarkan kategori yang kamu pilih mulai dari lokasi, jenjang pendidikan, program studi, jenis kelas, hingga biaya kuliah per semester.

Pada menu ini kamu bisa mengetahui secara lengkap informasi tentang kampus yang kamu pilih. Selain bisa mengenal lebih dekat, informasi ini akan sangat membantu kamu dalam memprediksi pengeluaran biaya kuliah sehingga dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

   "Menu Wishlist"

Sesuai dengan artinya yaitu daftar keinginan, pada Menu Wishlist kamu bisa menandai universitas yang menjadi tempat impianmu untuk melanjutkan pendidikan di kemudian hari. Semua universitas impian yang kamu pilih akan masuk ke daftar Wishlist. Caranya cukup dengan menekan icon berbentuk Love yang terdapat di pojok kanan atas pada nama universitas.

Menu Wishlist ini juga sudah terintegrasi dengan Fitur Kalender, sehingga kamu tidak perlu takut ketinggalan jadwal pendaftaran kuliah di kampus impianmu. Kamu juga bisa loh membagikan kampus impianmu kepada teman-teman yang lain. Siapa tahu saja ada temanmu yang tertarik untuk mendaftar kuliah di kampus impian yang sama denganmu. Tapi, ingat ya, mendaftar kuliah harus berdasarkan keinginan diri, jangan atas dasar ikut-ikutan teman.

     "Menu Profil"

Menu Profil hak aksesnya tersedia secara lengkap bagi pengguna terdaftar. Adapun konfigurasinya terdiri dari Pengaturan Akun dan Bantuan Umum. Kamu bisa mengatur profil/data diri, penggunaan bahasa, dan berlangganan newslatter. Dan kalau kamu masih bingung dalam menggunakan aplikasi goKampus, kamu bisa memanfaatkan Fitur Bantuan. Di sini kamu akan menemukan penjelasan lengkap tentang bagaimana penggunaan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi goKampus.

Selain konfigurasi umum, satu hal yang menarik yaitu kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp. 50.000  dengan memanfaatkan fitur Ayo Jadi GoPreneur! Caranya kamu cukup membagikan link referral kepada teman-temanmu dan ajak mereka untuk daftar kuliah dengan Instant Approval atau Overseas University.


Setelah mengetahui semua menu dan fitur yang terdapat pada aplikasi goKampus, rasanya kurang lengkap jika saya tidak membagikan tata cara melakukan pendaftaran kuliah lewat aplikasi goKampus

Oke deh, langsung saja simak penjelasan berikut ini ya!

Cara Daftar Kuliah dengan Cepat dan Mudah Lewat Aplikasi goKampus

  1. Buka aplikasi goKampus lalu pilih fitur Daftar Kuliah
  2. Pilih universitas dan jurusan yang kamu inginkan lalu lanjutkan klik tombol daftar kuliah.
  3. Lengkapi semua persyaratan yang diminta. Selanjutnya kamu tinggal menunggu sampai pendaftaranmu selesai diproses. Cek status pendaftaranmu secara berkala melalui menu Pendaftaran.


Cara Daftar Kuliah 1 Jam Langsung Diterima Melalui Fitur Instant Approval

  1. Buka aplikasi goKampus pilih fitur Instant Approval. Semua kampus dengan kategori Instant Approval akan muncul disini.
  2. Pilih universitas dan jurusan yang kamu inginkan lalu lanjutkan klik tombol daftar kuliah.
  3. Lengkapi semua persyaratan yang diminta. Selanjutnya kamu tinggal menunggu sampai pendaftaranmu selesai diproses. Cek pendaftaranmu secara berkala melalui menu Pendaftaran.


Cara Upload Rapor, Temukan Universitas dan Jurusan yang Tepat

  1. Buka aplikasi goKampus lalu pilih fitur Upload Rapor
  2. Unggah file atau dokumen yang diminta
  3. Selanjutnya tim goKampus akan bantu menemukan universitas dan jurusan yang tepat sesuai minat dan bakat yang kamu miliki.



Bagaimana? Setelah mengetahui beragam menu dan fitur serta langkah mudah yang ditawarkan kamu setuju kalau goKampus adalah aplikasi pendaftaran kuliah terbaik bukan? Tapi, jika masih ada pertanyaan kenapa harus daftar kuliah lewat aplikasi goKampus, maka berikut ini jawabannya.

1. Jadi Lebih Gampang

Aplikasi goKampus memudahkan anak-anak Indonesia dalam melakukan pendaftaran kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kini untuk pertama kalinya di Indonesia menemukan beragam universitas lokal dan luar negeri bisa dilakukan secara online, cukup melalui ponsel dalam genggaman. Berkat aplikasi goKampus daftar kuliah di kampus impian pun jauh lebih mudah.                                                                  

2. Jadi Lebih Cepat

Jika dulu daftar kuliah harus bolak-balik kampus, kini bisa lebih cepat berkat hadirnya aplikasi goKampus. Kamu bisa meneropong lebih dari 400 universitas swasta baik lokal maupun luar negeri. Setelah menemukan universitas dan jurusan pilihan, kamu hanya butuh waktu kurang dari 3 menit untuk melakukan proses pendaftaran. Selanjutnya kamu tinggal upload rapor dan jika daftar lewat Instant Approval, kamu bisa langsung diterima hanya dalam waktu 1 jam. Jadi setuju kan, kalau saya bilang daftar kuliah lewat goKampus jadi lebih cepat?

3. Jadi Lebih Murah

Selain mudah dan cepat, daftar kuliah lewat goKampus bisa menghemat biaya. Sebab dengan memanfaatkan Fitur Instant Approval kamu akan mendapatkan manfaat tambahan berupa gratis biaya pendaftaran kuliah. Tidak hanya itu saja, lewat aplikasi goKampus kamu juga bisa berpeluang mendapatkan beasiswa kuliah, diskon pembayaran dan pengajuan dana pendidikan.

 

Sampai di sini jelas sekali kalau goKampus telah memberikan banyak manfaat untuk anak-anak Indonesia dalam mengambil langkah yang tepat untuk masa depan mereka. Maka tidak heran jika ada banyak dari mereka yang kemudian mengungkapkan kepuasannya setelah berhasil menemukan universitas dan jurusan impian lewat goKampus.

Setiap orang pasti memiliki mimpi yang ingin diwujudkan. Tentu saja bermimpi itu baik karena artinya kamu memiliki tujuan hidup yang akan membuatmu termotivasi untuk terus melangkah. Kamu bisa mewujudkan impian dan meraih masa depan gemilang salah satunya melalui pendidikan tinggi. Mengapa? Karena pendidikan tinggi membuka peluang lebih besar bagi siapa saja untuk bisa membangun kehidupan yang lebih baik. Sebab melalui pendidikanlah kamu dapat meningkatkan pengetahuan dan skill yang dapat dipergunakan sebagai bekal untuk menghadapi persaingan dan berbagai dinamika di masa yang akan datang.

Dalam hal ini, goKampus siap membantu kamu melewati seluruh prosesnya mulai dari menentukan universitas dan jurusan yang tepat, pendaftaran kuliah, mengurus kegiatan kampus, mendapatkan tempat magang, hingga pekerjaan setelah lulus kuliah. Dengan kata lain, goKampus adalah perwujudan dari aplikasi yang merangkap sebagai mitra dan solusi bagi anak-anak Indonesia dalam mewujudkan impian dan meraih masa depan gemilang.

So, siap jadi bagian dari mereka?


Let's get the app!




Referensi:
  1. Pengalaman pribadi
  2. Website resmi goKampus (https://gokampus.com)
  3. Aplikasi goKampus
  4. Katadata. Jumlah perguruan tinggi di Indonesia (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/05/05/berapa-jumlah-perguruan-tinggi-di-indonesia)
Semoga bermanfaat, salam, sampai jumpa dan terima kasih.