Nov 17, 2021

,

Sukses Jadi Agen PPOB Pakai BukuWarung

“Pilih mati air atau mati listrik?”

Sebagai anak kost, pertanyaan di atas sering tiba-tiba muncul, biasanya sih saat sedang ngobrol santai dengan teman-teman. Maklum, walaupun mati air atau mati listrik bukan hal baru, tapi tetap saja kondisi itu sangat menjengkelkan.

Nah, waktu pertama kali ditanya pilih mati air atau mati listrik, saya butuh waktu sampai kira-kira 2 menit untuk berpikir sebelum akhirnya menjawab: 

"Pilih mati air. Karena kalau mati air masih bisa pakai air galon.  Tapi kalau mati listrik?"

Kalau mati listrik sudah pasti tidak bisa berbuat apa-apa. Terlebih kalau mati listriknya pas tengah malam. Sering kali ini terjadi karena pulsa listrik yang tiba-tiba habis. Alhasil saya tidak akan bisa tidur sampai pagi karena kipas angin dan obat nyamuk elektrik tidak berfungsi. Kondisi gelap, panas dan banyak nyamuk seolah jadi kombinasi yang pas untuk simulasi tantangan uji nyali.

Sebenarnya ada 3 lampu indikator yang menunjukkan tingkat kuota pada meteran listrik. Jika lampu berwarna hijau artinya pulsa listrik lebih dari cukup, warna kuning artinya pulsa listrik masih cukup, sedangkan warna merah menunjukkan pulsa listrik akan segera habis. Sayangnya, lampu indikator ini seringkali jadi hal yang luput dari pengawasan.

Untungnya pulsa listrik akan segera habis juga ditandai dengan munculnya suara tit… tit… tit... Setidaknya, walaupun berisik peringatan satu ini bisa dibilang sangat membantu. 

"Tapi bagaimana kalau mati listriknya saat tengah malam?"
"Ya tinggal belikan token lah!"

Nah, masalahnya adalah mencari pulsa listrik tidak semudah mencari pulsa telepon. Membeli token listriknya umumnya hanya bisa dilakukan di loket-loket tertentu. Berbeda dengan pulsa telepon yang bahkan di warung daeng juga ada.

Tapi untungnya sekarang sudah ada aplikasi BukuWarung. Jualan PPOB (Pulsa, Token Listrik, Paket Data, e-Wallet) jadi mudah hanya dengan satu aplikasi. Siapa saja bisa berpeluang jadi juragan sukses lewat bisnis yang satu ini.


Bisnis PPOB, Peluang Usaha Paling Menjanjikan

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan terjun ke dunia bisnis adalah besar kecilnya peluang bisnis tersebut. Jika bisnis yang kita kelola memiliki peluang besar maka mudah bagi kita untuk memperoleh keuntungan. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa Bisnis PPOB menjadi peluang usaha paling menjanjikan.

1
Pangsa Pasar Luas

Bisa dibilang listrik, pulsa dan paket data adalah kebutuhan primer setingkat di bawah kebutuhan makan dan minum. Seluruh lapisan masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, hingga ibu rumah tangga memerlukan jasa PPOB untuk melakukan pembayaran digital setidaknya satu kali dalam sebulan. Utamanya pulsa, paket data dan listrik adalah satu paket produk yang dibutuhkan setiap orang sebagai penunjang aktivitas sehari-hari baik belajar maupun bekerja terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Itulah mengapa bisnis PPOB memiliki pangsa pasar yang luas.

2
Tidak Memerlukan Modal Besar

Kita tidak membutuhkan modal besar untuk memulai bisnis PPOB. Kita hanya memerlukan peralatan berupa ponsel yang biasa kita gunakan sehari-hari. Jika ingin mencetak resi, kita hanya perlu membeli 1 buah printer bluetooth. Dengan sedikit melek teknologi dan memahami cara pembayaran PPOB melalui aplikasi kita sudah bisa mulai mengelola sebuah bisnis.

3
Bisa Dijadikan Bisnis Sampingan

Selain dijalankan sebagai bisnis utama, bisnis PPOB juga dapat dijalankan sebagai bisnis sampingan. Banyak orang yang malas keluar rumah untuk membeli ataupun membayar tagihan. Kita dapat memanfaatkan peluang ini dengan mempromosikan bisnis sampingan yang kita kelola kepada kerabat, teman, tetangga maupun khalayak umum.

4
Bisnis PPOB Mudah dan Menguntungkan

Sistem PPOB tidak rumit sehingga mudah dioperasikan oleh siapa saja. Setelah terdaftar sebagai agen, kita hanya perlu memasukkan nomor ID pelanggan kemudian pelanggan membayar tagihan sesuai dengan nominal yang tertera. Selain mudah, bisnis PPOB juga sangat menguntungkan. Keuntungan itu berupa komisi yang didapat dari setiap transaksi yang berhasil dilakukan.

Menurut saya bisnis PPOB tidak semata untuk mendapatkan penghasilan tambahan saja, akan tetapi dengan berbisnis PPOB kita juga telah membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan digitalnya. Pun ketika ada tetangga atau kerabat yang kehabisan pulsa listrik, apalagi jika terjadi saat tengah malam, kita dapat membantu dengan mengisikannya terlebih dahulu.

Saat ini telah banyak vendor penyedia layanan PPOB yang bersedia menawarkan kerja sama. Namun, setiap vendor tentunya memiliki sistem pelayanan dan penggunaan yang berbeda-beda. Untuk itu, kita harus cermat dan pandai dalam memilih vendor dengan fitur lengkap, mudah, dan tentunya 100% aman digunakan.

Nah, untuk menjawab tantangan ini BukuWarung hadir sebagai solusinya. Sebab, selain mudah digunakan, aplikasi BukuWarung juga dilengkapi dengan fitur pencatatan transaksi dan tagih utang pelanggan. Sehingga kita tidak perlu khawatir transaksi yang telah dilakukan lupa/tidak dibayar.

Menariknya lagi, selain cocok untuk bisnis PPOB, BukuWarung juga dapat membantu para pelaku usaha di berbagai bidang baik toko kelontong, toko buku, rumah makan, maupun bidang usaha lainnya.

BukuWarung Solusi Pemenuhan Kebutuhan Digital Masyarakat

BukuWarung didirikan oleh Chinmay Chauhan dan Abhinay Peddisetty pada tahun 2019 dengan misi untuk memajukan bisnis 60 juta UMKM di Indonesia. Selama 2 tahun berdiri BukuWarung terus dikembangkan dan hingga kini telah memiliki sebanyak 6.5 juta++ UMKM yang tergabung. BukuWarung juga masuk dalam daftar perdana LinkedIn 15 Top Startups di Indonesia.

BukuWarung adalah aplikasi pembukuan keuangan digital untuk membantu dan memudahkan UMKM dalam mengelola usahanya. BukuWarung sebagai solusi pemenuhan kebutuhan digital masyarakat menghadirkan berbagai layanan yang mencakup pencatatan transaksi penjualan, pengelolaan stok barang, pembayaran digital, dan pencatatan utang piutang.

Sesuai dengan tagline #UntungPakaiBukuWarung aplikasi pembukuan keuangan berbasis teknologi ini berkomitmen untuk memajukan UMKM dengan menghadirkan beragam fitur yang dapat diakses secara gratis dan bebas admin. 

Mengintip Beragam Fitur Layanan BukuWarung

Sebagaimana yang kita tahu, mencatat transaksi penjualan menggunakan buku sudah tidak efektif untuk dilakukan. Selain rumit dan membingungkan, melakukan pencatatan transaksi secara manual juga rentan akan risiko kehilangan, kertas sobek, basah ataupun kendala lainnya. Sementara itu, meski mencatat menggunakan laptop lebih baik dari cara manual, namun mencatat menggunakan laptop juga bisa dibilang cukup merepotkan. Oleh karenanya kita butuh sesuatu yang lebih praktis.

Maka di sinilah BukuWarung hadir sebagai solusi untuk menggantikan cara lama dalam mencatat transaksi harian. Dan tentu saja aplikasi BukuWarung juga hadir dengan trobosan baru, di mana BukuWarung menyediakan beragam fitur layanan untuk membantu dan memudahkan para pemilik UMKM dalam melakukan proses pembukuan. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas semua fitur layanan dan keuntungan pakai BukuWarung. Yuk, simak!

1
Fitur Utang
Catat Utang Pelanggan dan Tagih Otomatis
(Solusi Anti Lupa)

Dengan fitur ini  pengguna dapat mencatat daftar utang piutang secara detail. Mulai dari nama dan nomor telepon pelanggan, nominal utang, tanggal utang, tanggal jatuh tempo hingga informasi opsional yang dapat ditambahkan untuk melengkapi rincian utang pelanggan. Nantinya pelanggan akan menerima bukti telah melakukan transaksi melalui pesan singkat (SMS).

Selain pencatatan hutang, fitur ini juga menyediakan pengingat dan tagih utang pelanggan yang dapat dikirim melalui SMS, WhatsApp, Telegram ataupun aplikasi perpesanan lainnya. Pelanggan akan menerima detail utang berikut link yang secara otomatis akan mengarahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran.

2
Fitur Transaksi
Catat Transaksi Pemasukan dan Pengeluaran
(Solusi Anti Rugi)

Pengguna dapat melakukan pencatatan transaksi masuk dan keluar. Semua transaksi yang berhasil dilakukan akan tertampil pada layar lengkap dengan nominal penjualan dan pengeluaran. Sehingga pengguna secara langsung dapat memantau jumlah kerugian dan keuntungan yang diperoleh. Laporan transaksi ini dapat diunduh maupun dibagikan dalam bentuk PDF dan Excel berdasarkan rentang waktu yang dipilih.

Fitur ini juga dilengkapi dengan mode kasir untuk memudahkan transaksi antara pelaku usaha dan pelanggan. Seperti mode kasir canggih pada umumnya, fitur mode kasir pada aplikasi BukuWarung juga menampilkan nama dan barang, pilihan metode pembayaran dan kalkulator otomatis yang menghitung nominal kembalian berdasarkan harga jual dan uang diterima. Selanjutnya pengguna hanya butuh satu kali klik untuk menyelesaikan transaksi dan cetak nota.

3
Fitur Stok
Atur Stok Barang Masuk dan Keluar Secara Berkala
(Siap Antisipasi)

Semua jenis barang yang dijual dapat ditambahkan melalui fitur stok dan dapat diupdate secara berkala sesuai jumlah barang masuk dan keluar. Jenis satuan barang tersebut dapat ditentukan dengan memilih satu jenis satuan seperti pcs, kg, liter dan sebagainya.  Keuntungan yang diperoleh pun bisa ditentukan sendiri dengan menambahkan harga jual dan harga modal.

Nah, untuk antisipasi kehabisan stok fitur ini juga dilengkapi dengan pengingat otomatis yang dapat diatur pada jumlah stok minimum. Nantinya secara otomatis aplikasi akan mengingatkan pengguna apabila ada stok barang yang mulai menipis. Sehingga bisnis akan berjalan lancar tanpa takut mendadak kehabisan stok.

4
Fitur Pembayaran
Jual PPOB dan Raih Banyak Keuntungan
(Siap Jadi Cuan)

Nah, akhirnya kita masuk ke fitur yang ditunggu-tunggu, yaitu fitur Pembayaran untuk jualan PPOB (Payment Point Online Bank). PPOB menjadi salah satu bisnis dengan modal kecil yang menawarkan banyak keuntungan. Melalui aplikasi BukuWarung pengguna dapat berjualan Pulsa, Token Listrik, Paket Data dan e-Wallet jenis apapun. Meski komisi dari setiap transaksi tidak besar, tapi apabila dikalikan dengan banyaknya pelanggan maka pelaku usaha tersebut akan memperoleh keuntungan yang berkali lipat. Terlebih jualan PPOB pakai BukuWarung bebas biaya admin.

Layanan ini juga terintegrasi dengan fitur bayar dan tagih utang pelanggan. Jadi apabila ada kerabat atau tetangga yang mendadak kehabisan pulsa listrik, pengguna dapat mengisikannya terlebih dahulu dan tagih kemudian. Sehingga pengguna tidak perlu takut utang lupa/tidak dibayar.

5
Fitur Lainnya
Temukan Beragam Fitur dan Nikmati Kemudahannya
(Solusi Anti Bingung)

Di sini pengguna dapat menjelajahi beragam fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam memaksimalkan kemajuan usahanya. Berbagai fitur lengkap ini tentunya dapat digunakan secara gratis.

Undang Teman

Pengguna dapat mengajak orang lain untuk bergabung menjadi bagian dari BukuWarung. Setiap berhasil mengundang teman pakai kode referral, pengguna akan mendapatkan 10 poin dan apabila telah terkumpul nantinya dapat ditukarkan dengan hadiah menarik.

Atur Nota

Nota memuat rincian mulai dari tanggal dan nomor invoice, nama pelanggan, jenis barang, jumlah dan total transaksi maupun catatan lain yang dapat ditambahkan secara manual. Menariknya pada fitur atur nota, pengguna dapat menambahkan logo dan lokasi penjualan serta nomor telepon. Hal ini akan membuat bisnismu selalu diingat.

Pengingat

Fitur pengingat dapat diatur sesuai jam yang dikehendaki pengguna. Dengan adanya fitur pengingat pengguna tidak perlu takut lupa melakukan pencatatan transaksi harian. Kategori pengingat yang dapat dipilih adalah utang piutang, transaksi, dan pembayaran.

Kartu Nama

Kartu nama dalam bidang bisnis dibutuhkan sebagai personal branding. Dengan kartu nama maka nilai profesionalitas kita akan semakin nampak. Ada banyak desain kartu nama menarik yang tersedia pada aplikasi BukuWarung. Selain itu pengguna juga dapat menambahkan slogan yang mencerminkan usahanya untuk semakin menarik minat dan kepercayaan pelanggan.

Pengaturan

Melalui fitur ini pengguna memperoleh kebebasan mengubah pengaturan sesuai kebutuhan dan kenyamanan masing-masing pengguna. Pengaturan yang dapat disesuaikan yaitu pengaturan printer, pengaturan akun, dan pengaturan nota juga pembaruan aplikasi.

Bantuan

Fitur ini tidak kalah pentingnya dengan fitur-fitur lain. Fitur bantuan sangat dibutuhkan oleh pengguna aplikasi BukuWarung untuk melaporkan jika terjadi masalah sekaligus memahami cara penggunaan aplikasi BukuWarung.


Nah, setelah mengetahui fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi BukuWarung selain untuk jualan PPOB, sekarang saya akan menjelaskan tentang tata cara / tutorial jualan PPOB sekaligus tagih utang pelanggan pakai BukuWarung.

Siap jadi cuan? Yuk, simak terus ya!

Tata Cara Jualan PPOB dan Tagih Utang Pelanggan Pakai BukuWarung

Bisnis PPOB berupa Pulsa, Token Listrik, Paket Data dan e-Wallet kini bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan ponsel dan melalui satu aplikasi BukuWarung. Namun, sebelum mulai jualan PPOB pakai BukuWarung, kamu harus install aplikasi BukuWarung dan lakukan pendaftaran terlebih dahulu ya.

Cara Daftar BukuWarung

1. Install dan buka aplikasi BukuWarung.

2. Daftarkan nomor telepon.

3. Masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS. 

4. Isikan nama toko dan ikuti perintah selanjutnya.

5. Aplikasi BukuWarung siap digunakan.


Cara Jualan PPOB Pakai BukuWarung

1. Buka aplikasi BukuWarung.

2. Masuk menu Pembayaran, pilih produk pembayaran (contoh: pulsa listrik)

3. Masukan ID Pelanggan dan nomor HP untuk mengirim kode token listrik.

4. Pilih nominal pulsa listrik yang ingin dibeli. Tersedia mulai dari 20.000 s/d 1.000.000.

5. Isi harga jual pulsa listrik.

6. Pilih metode pembayaran. Bisa melalui Rekening Bank dan e-Wallet.

7. Cek kembali detail transaksi yang akan dibayar.

8. Selesaikan pembayaran dan kode token akan dikirim otomatis ke nomor HP pelanggan secara gratis.



Cara Tagih Utang Pakai BukuWarung

1. Buka aplikasi BukuWarung.

2. Masuk menu Pembayaran. Pilih tagih untuk tagih utang pelanggan.

3. Pilih pelanggan melalui kontak atau tambah pelanggan baru.


4. Isikan catatan tagihan

5. Masukkan rekening kamu.

6. Cek detail transaksi lalu kirim tagihan.

7. Pastikan kembali detail transaksi lalu kirim link pembayaran.

8. Pilih salah satu untuk mengirimkan pesan tagihan.

9. Selesai

Selain tutorial yang telah saya bagikan, kamu juga bisa tonton toturial lengkapnya pada playlist video berikut ini.


Pakai BukuWarung Dijamin Untung

BukuWarung telah dipercaya oleh 6.5 juta++ UMKM dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Tentu ada alasan tersendiri mengapa ada begitu banyak orang yang melakukan pengelolaan usahanya menggunakan aplikasi BukuWarung. 

Sebab, selain menyediakan berbagai fitur menarik, BukuWarung juga menawarkan banyak kelebihan yang akan membuat setiap orang tertarik untuk bergabung menjadi bagian dari BukuWarung. Sederet kelebihan aplikasi BukuWarung di antaranya:

1. Aplikasi Fresh dan User Friendly

Hal pertama yang menjadi pertimbangan ketika akan mengunduh sebuah aplikasi adalah rating dan ukuran aplikasi tersebut. Nah, kamu harus tau kalau ukuran aplikasi BukuWarung hanya 14mb. Aplikasi ini juga memiliki rating yang lumayan tinggi, yaitu sebesar 4.5 dengan sekitar 76 ribu ulasan. Ditambah loading cepat dan tampilan yang sangat eye catching, di mana dominasi warna dasar putih dengan sentuhan biru dan oren makin menambah kesan aman dan nyaman ketika digunakan mengelola bisnis.

2. Fitur Lengkap dan Mudah Digunakan

BukuWarung adalah definisi aplikasi pembayaran digital dengan terobosan baru. Dilengkapi dengan berbagai fitur beserta panduan sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Aplikasi ini memudahkan pengguna dari seluruh kalangan dalam melakukan pembayaran digital dan pencatatan keuangan tanpa harus memperdalam ilmu akuntansi karena semua perhitungan telah tersistem dan dilakukan secara otomatis. Pengguna dapat memantau keuntungan dan kerugian dari usahanya di manapun dan kapanpun.

3. Bebas Biaya Admin

Semua fitur yang tersedia pada aplikasi BukuWarung dapat digunakan secara gratis. Bahkan pengiriman pesan transaksi dan tagih utang kepada pelanggan pun tidak dikenakan biaya. Bayar dan kelola usaha pakai BukuWarung dijamin tambah untung karena pengguna tidak dikenakan biaya sama sekali. Hal ini tentu sangat membantu para pelaku usaha dalam menghemat pengeluaran.

4. Dapat Mengelola Lebih dari Satu Toko

Tidak sedikit pelaku usaha yang mendirikan bisnis lebih dari satu, sehingga waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk mengelola usaha tersebut juga pastinya akan bertambah karena setiap usaha yang didirikan tentu harus dikelola secara terpisah. 

Nah, menariknya dengan aplikasi BukuWarung pengguna dapat mengelola lebih dari satu toko dengan mudah. Semudah switch akun di Instagram. Hal ini sangat memungkinkan bagi siapa saja untuk memperoleh penghasilan tambahan. Misalnya bagi pemilik toko kelontong yang ingin mencari penghasilan tambahan dengan berjualan PPOB.


Sampai di sini jelas sekali bahwa BukuWarung memberikan begitu banyak manfaat bagi para penggunanya. Beragam fitur layanan dan didukung oleh kelebihan yang ditawarkan, membuat BukuWarung menjadi aplikasi pembayaran digital dan pembukuan keuangan terpercaya untuk memajukan UMKM di Indonesia. Bahkan tidak sedikit pelaku usaha yang mengungkapkan kepuasannya setelah menggunakan aplikasi BukuWarung.


Kesimpulan

BukuWarung menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan. Jualan PPOB pakai BukuWarung pasti untung dan terjamin 100% aman. Kita tidak perlu takut rugi karena aplikasi BukuWarung sudah terintegrasi dengan fitur bayar dan tagih hutang pelanggan. Tidak ada lagi istilah “Enggak enak mau nagih utang.” Alhasil, pakai BukuWarung utang jadi 3x lebih cepat dibayar.

So, bagaimana? Sudah siap menjadi salah satu dari 6.5 juta++ UMKM sukses lainnya?


Let's join now!


Social Media BukuWarung


DISCLAIMER

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog BukuWarung dengan Tema Juragan bisa jualan PPOB (Pulsa, Token Listrik, Paket Data, E-Wallet) pakai BukuWarung. Media pendukung berupa infografis diolah secara pribadi dengan menggunakan aplikasi Photoshop.


Referensi:
1. Pengalaman Pribadi.
2. Aplikasi BukuWarung.
3. Website resmi BukuWarung (https://bukuwarung.com/).

Salam, sampai jumpa dan terimakasih.