Nov 29, 2021

,

Siap Jadi Orang Tua Hebat Bersama Popmama Parenting Academy 2021

 


Beberapa waktu lalu saya diminta oleh kakak perempuan saya untuk menemani anaknya menghadiri pesta ulang tahun. Awalnya saya sempat menolak dengan alasan takut tidak bisa berbaur mengingat tamu undangan di acara seperti itu pasti dihadiri oleh mayoritas anak-anak dan orang tua. Namun, pada akhirnya saya pun bersedia setelah kakak saya memberitahu jika ia ada jadwal check up dengan dokter kandungan untuk kehamilan keduanya.

Saya tiba di rumah kakak saya bertepatan dengan kakak saya yang juga akan segera berangkat bersama sang suami. Kakak saya bilang, “berangkatnya 15 menit lagi ya.” Tapi kemudian saya melihat jadwal yang tertera pada undangan adalah pukul 14.00, artinya masih ada waktu sekitar 45 menit sebelum acara dimulai. Jadi saya pikir, buat apa datang cepat-cepat?

Akhirnya saya dan keponakan pun berangkat ke tempat acara tepat 15 menit sebelum waktu acara dimulai. Namun, apa yang terjadi ketika kami sampai di kediaman pemilik acara?

Ternyata acaranya sudah sampai sesi pemotongan kue. Hahaha… Seketika saja keponakan saya langsung ngambek karena telah melewatkan moment yang paling ditunggu-tunggu yaitu prosesi tiup lilin. Untungnya dengan sedikit bujukan ia sudah kembali ceria dan segera berbaur bersama anak-anak lain yang sudah dikenalnya.

Saya juga sempat meminta maaf kepada tuan rumah atas keterlambatan kami. Lalu beliau menjelaskan acaranya memang dimulai lebih awal karena sudah banyak tamu undangan yang hadir, ditambah anak-anak yang juga sudah tidak sabar ingin segera menyanyikan lagu selamat ulang tahun.

Saya kemudian menyapa beberapa tamu undangan sebelum bergabung bersama mereka, sambil terus tak lepas mengawasi keponakan yang aktif di tengah-tengah ruangan, sesekali ia memperbaiki letak maskernya yang hampir melorot melewati hidung. Saya juga menyempatkan mengirim potret keponakan saya kepada ibunya dan mengatakan kalau kami terlambat datang.

“Tumben gak ditemani Bunda atau Ayahnya,” komentar dari salah satu ibu yang duduk di samping saya. “Mbak (...) ke mana?”

“Lagi ada jadwal ke dokter kandungan, Bu.”

“Tapi pinter loh anaknya Mbak (...) ini. Gak rewel. Kalau anak saya mana mau ditemani sama selain bundanya.”

“Tadi sempet ngambek juga, Bu, gara-gara gak bisa ikutan tiup lilin.”

“Tapi udah aktif lagi ya. Kalo anaknya  (...) gak mau jauh dari bundanya, kalo ditanya juga cuma ngangguk atau geleng. Padahal umurnya kurang lebih sama aja.”

Saya mengikuti pandangan ke arah anak yang dimaksud. Sejauh yang saya lihat tidak ada yang salah dengan anak tersebut. Ia duduk anteng di pangkuan ibunya sambil mengamati anak-anak lain yang kini terlihat antusias menunggu jatah potongan kue.

Melihat anak perempuan itu seolah menggambarkan bagaimana saya ketika masih kecil. Sebab saya pun juga dulunya adalah anak yang pemalu, bahkan saya rasa sampai detik ini. Ketika menginjak bangku Taman Kanak-kanak (TK) saya harus ditemani oleh ibu dari mulai hingga selesai jam belajar.

Sementara itu, kakak saya jauh lebih pemberani dan aktif dalam berbagai hal, tidak berbeda jauh dengan anak perempuannya yang kini sedang asyik menikmati sepotong kue ulang tahun di depan sana.

Well, batita yang tidak ingin dianggap dirinya batita lagi itu memang tidak mengalami kendala berarti semasa pertumbuhan dan perkembangannya. Meskipun awalnya sempat terjadi kekhawatiran, mengingat keponakan saya sempat 2 kali dilarikan ke rumah sakit pasca dilahirkan.

Itulah mengapa di kehamilan kali ini, kakak saya rutin melakukan check up ke dokter kandungan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada anak keduanya.


Salah satu teman saya pernah mengungkapkan keluh kesahnya lewat Whatsapp story. Ia mengeluhkan kenapa ada orang lain yang dengan mudahnya menilai perkembangan anaknya lambat hanya karena sang anak belum bisa berjalan lalu dibandingkan dengan bayi-bayi seusianya.

Pertanyaannya:

“Kenapa sesama parents tidak saling support dan harus membanding-bandingkan?”

Saya yakin banyak parents di luar yang mengalami hal demikian. Kecenderungan membanding-bandingkan ini biasanya terjadi saat kumpul bersama dengan sesama parents yang memiliki anak sebaya. Yang menjadi masalah dari membandingkan adalah ketika timbul perasaan negatif seperti iri, panik, tidak percaya diri dan sebagainya. Jika biarkan sampai berlarut-larut hal ini tentu dapat menimbulkan dampak negatif terhadap psikologis parents dan sang anak.

Perlu parents pahami bahwa perkembangan antara anak yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Jika ada satu kelebihan yang dimiliki seorang anak, tidak lantas perkembangan anak yang lainnya terlambat. Sebab, parameternya bukanlah teman sebaya, melainkan milestone anak tiap umurnya.


Mama dan Papa Harus Tahu Kalau Parents Support Parents itu Penting

Umumnya banyak parents yang mengalami kesulitan pasca kelahiran sang anak, sebab mereka harus beradaptasi terhadap peran dan tuntutan sebagai new parents di minggu-minggu awal usai kelahiran si kecil. Kondisi ini memungkinkan timbulnya depresi terutama bagi sang ibu. Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun utamanya adalah karena kelelahan baik secara fisik maupun mental.

Dalam hal ini support dari orang sekitar sangat diperlukan, apalagi dari sesama parents. Sebab, merawat dan mendidik anak bukanlah pekerjaan mudah. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, yang mana ruang gerak sangat dibatasi. Sebagai sesama parents dapat membantu dan berbagi pengetahuan perihal merawat bayi yang baru lahir. Seperti cara menghadapi tangisan, mengganti popok, melancarkan asi, dan sebagainya, termasuk juga bagaimana cara mengelola emosi atas kehadiran si kecil. Dan berbagai dukungan lain tentunya harus terus berlanjut untuk memaksimalkan proses tumbuh kembang anak.

Namun, selagi memberi dukungan, hal perlu diperhatikan adalah hindari mengkritik dan membandingkan. Setiap parents pasti memiliki pola asuh yang berbeda, mengkritik dan membandingkan hanya akan menambah tekanan mental. Bahkan fatalnya bisa mengakibatkan depresi terutama bagi sang ibu yang umumnya memiliki perasaan lebih sensitif.

Nah, untuk meminimalisir hal tersebut parents perlu mendapat dukungan dan pengetahuan dari orang-orang yang memiliki sudut pandang positif. Parents bisa mengikuti kelas parenting yang menghadirkan ahli-ahli berpengalaman. Ilmu parenting yang didapat sudah pasti akan sangat berguna bagi parents sehingga dapat menerapkan pola asuh yang tepat untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Parents tidak perlu khawatir, meski masih dalam masa pandemi parents tetap bisa mendapatkan ilmu parenting dengan mudah kok. Karena di era teknologi seperti saat ini, parents bisa memilih kelas parenting yang diselenggarakan secara online seperti Popmama Parenting Academy 2021 yang akan berlangsung pada Desember 2021 mendatang.

Popmama Parenting Academy 2021, dari Popmama.com untuk Papa dan Mama Millennial Indonesia

Popmama Parenting Academy adalah event tahunan yang diselenggarakan secara online oleh Popmama.com. Popmama.com sendiri adalah platform digital yang menyajikan konten-konten seputar parenting untuk Mama Millennial di Indonesia dan merupakan bagian dari IDN Media, perusahaan media multiplatform untuk Generasi Millennial dan Generasi Z.

Di masa pandemi ini Popmama Parenting Academy kembali hadir, kali ini dengan tema Parents Support Parents yang akan berlangsung secara online dari 01 sampai 31 Desember 2021. Sesuai dengan tema yang diusung pada acara Popmama Parenting Academy 2021 yaitu Parents Support Parents, Mama dan Papa pastinya akan memperoleh support system dari narasumber berpengalaman tentang cara pengasuhan anak khususnya di masa pandemi seperti saat ini. Empat pilar yang menjadi fokus utama dalam event tahunan ini yaitu, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Kekerasan.

Ya, seperti yang Mama dan Papa tahu, pandemi telah mengubah banyak hal, termasuk pola aktivitas sehari-hari yang sangat dibatasi. Hal ini tentu memberikan dampak yang begitu besar baik pada orang tua maupun anak. Orang tua harus meluangkan lebih banyak waktu mendampingi anak belajar sekaligus bekerja keras untuk mempertahankan kestabilan ekonomi. Sementara anak dari sisi tumbuh kembang, pendidikan, sosial dan aspek-aspek lainnya menjadi terhambat.

Problematika-problematika inilah yang menjadi dasar Popmama.com menggelar Popmama Parenting Academy 2021 dengan Tema Parents Support Parents. Harapannya dengan bersatunya para orangtua hal-hal yang berdampak pada anak akibat pandemi bisa segera pulih.

Dengan  usaha dan doa sebagai kekuatan spiritualitas kita harus optimis dan yakin bahwa pandemi akan segera berakhir dan masa-masa sulit ini akan terlewati.


Ada Apa Saja di Acara Popmama Parenting Academy 2021?

Pandemi dengan segala dampak yang ditimbulkannya menempatkan orang tua sebagai garda terdepan untuk menjaga kesehatan, tumbuh kembang dan segala hal lain demi memastikan keamanan dan kenyamanan sang anak. Meski tak dapat dipungkiri hal tersebut tentunya membuat orangtua menjadi semakin kewalahan.

Seolah memahami beban orang tua yang makin berlipat ganda, Popmama Parenting Academy 2021 menghadirkan beragam kegiatan positif dan mengedukasi sehingga dapat membantu Mama dan Papa dalam memaksimalkan perannya sebagai orang tua yang hebat.

Lalu apa saja keseruan di acara Popmama Parenting Academy 2021 kali ini?

Webinar

Di era pandemi webinar menjadi cara paling tepat untuk berbagi pengetahuan yang sifatnya mendalam dan dengan durasi yang cukup lama. Webinar pada acara Popmama Parenting Academy 2021 nantinya akan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten di bidangnya. Tentunya dengan materi yang juga tak kalah manarik dan masih berkaitan dengan dunia parenting.

Kelas Whatsapp

Sama halnya dengan webinar, kegiatan satu ini juga akan ada narasumber berpengalaman yang membawakan ilmu bermanfaat untuk dibagikan kepada Mama dan Papa.           Parents akan memperoleh pengetahuan yang lebih baik tentang pola asuh yang tepat untuk anak. Nantinya orang tua juga akan diberi kesempatan untuk bertanya langsung dengan narasumber yang mumpuni di bidangnya.

Menarik bukan? Untuk mengikuti kelas Whatsapp ini Mama dan Papa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi form yang disediakan.

Konten Series

Perkembangan teknologi makin memudahkan orang tua dalam memperoleh tips seputar parenting. Siapa saja bisa belajar parenting langsung dari para pakar yang mumpuni di bidangnya. Mulai dari kesehatan, cara pengasuhan, nutrisi dan gizi untuk anak dan sebagainya. Popmama Parenting Academy menyuguhkan beragam konten seputar parenting melalui laman Youtube maupun Instagramnya. Tentunya konten-konten menarik ini sangat berguna dan bermanfaat untuk Mama dan Papa.

Community Award

Keberadaan komunitas umumnya memberi manfaat tidak hanya untuk anggotanya saja tetapi juga orang-orang sekitarnya. Termasuk juga komunitas parenting yang kehadirannya sangat dibutuhkan sebagai support system pasangan yang sudah menjadi orangtua.

Pada kesempatan kali ini, Popmama Parenting Academy 2021 akan memberikan penghargaan kepada komunitas terpilih. Pendaftaran sampai dengan tanggal 30 November 2021. Akan ada 2 kategori penghargaan, yaitu komunitas yang Supportive kepada anggota dan lingkungannya, dan Educative yaitu komunitas yang paling mendidik di masyarakat.

Donasi

Seperti yang kita tahu Covid-19 telah menelan banyak korban jiwa. Akibatnya ada banyak anak di Indonesia yang harus kehilangan salah satu atau bahkan kedua orang tuanya. Masalah ini tentu mengancam masa depan anak sebagai generasi Indonesia.

Melihat realita ini Popmama.com ikut melakukan penggalangan dana yang diperuntukkan bagi anak-anak yatim korban Covid-19. Mama dan Papa bisa turut serta memberi dukungan kepada anak-anak tersebut untuk meringankan dan menyelamatkan masa depan mereka.

Popmama Little Star 2021

Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Karenanya mengenalkan anak dengan banyak hal itu penting, agar parents bisa melihat bidang apa yang paling disukai anak, kemudian melatih anak agar makin menguasai bidang tersebut. Setelah itu parents bisa memberikan pengalaman lebih dengan mengikutsertakan anak pada kompetisi-kompetisi atau ajang pencarian anak seperti acara Popmama Little Star 2021.

Nah, di acara Popmama Little Star 2021 ini, selain bertujuan untuk mengasah kemampuan si kecil, acara Popmama Little Star 2021 juga menawarkan hadiah menarik yang sayang jika dilewatkan. Untuk syarat dan ketentuannya lengkap bisa Mama dan Papa lihat di sini ya.

Lomba Blog

Selain kompetisi Popmama Little Star, ada juga lomba blog yang diperuntukkan bagi khalayak umum, harapannya agar semakin banyak parents yang mengetahui informasi tentang acara Popmama Parenting Academy 2021 sehingga bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar parenting. Lagi-lagi ada banyak hadiah menarik juga door prize yang sayang jika dilewatkan pada kompetisi blog kali ini.

Tertarik? Yuk, langsung cek persyaratan lengkapnya di sini ya.

Peluncuran Guidance Book for Pandemic Generation

Pembatasan yang diberlakukan akibat pandemi Covid-19 membuat parents dan si kecil harus menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah sehingga kurang melakukan interaksi dengan dunia luar. Tanpa disadari hal ini berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak.

Melihat realita ini Popmama.com tergerak untuk memperbaiki masalah yang terjadi dengan meluncurkan buku Parenting Guidance of Pandemic Generation yang disusun berdasarkan pendapat dari para pakar berpengalaman. Buku ini merangkum banyak sekali ilmu parenting yang akan membantu parents dalam memberikan pola pengasuhan yang tepat kepada anak.

Lalu di mana parents bisa mendapatkan buku ini? Tenang, nantinya parents bisa mengunduh buku Parenting Guidance of Pandemic Generation ini secara gratis  melalui link download yang akan Popmama.com bagikan di hari peluncuran buku ini.

So, update terus informasi tentang Popmama Parenting Academy 2021 supaya parents tidak ketinggalan informasinya ya. Ada banyak keuntungan yang akan parents dapat dengan mengikuti acara ini lho.


Parents Support Parents untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Indonesia

Sebagaimana yang kita tahu, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Umumnya seseorang cenderung memilih teman yang mirip dari segi pemikiran maupun latar belakang mereka. Hal itu berlaku pula bagi parents yang mana mereka juga sangat membutuhkan dukungan dari sesama parents, sebab akan lebih mudah bagi mereka untuk saling memahami tentang hal-hal yang sedang dialami.

Keberadaan support system menjadi amat penting bagi parents, terlebih lagi bagi Mama dan Papa yang baru memiliki anak. Dikelilingi oleh orang-orang yang positif dan memiliki latar belakang sama adalah kunci untuk menjadi lebih baik. Dan acara Popmama Parenting Academy 2021 adalah salah satu cara untuk memperoleh support system tersebut.

Dengan mengikuti POPAC 2021, parents akan mendapatkan banyak cerita dan pengalaman positif dari para ahli dan parents lain dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Beragam hal positif yang parents terima dan aplikasikan tentu saja akan berdampak positif pula bagi tumbuh kembang anak.

Parents bisa berkolaborasi membangun gerakan bersama dalam mengasuh dan mendidik anak untuk mempersiapkan anak-anak menjadi the future leader Indonesia. Dalam hal ini, semua anak memilki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal apabila kebutuhan dasar asih, asuh, dan asah mereka terpenuhi.

So, siap mengikuti acara Popmama Parenting Academy 2021?

Jangan lupa follow sosial media Popmama.com dan Popmama Parenting Academy supaya tidak ketinggalan informasinya ya.






Referensi:
1. Pengalaman Pribadi.
2. Website resmi Popmama (https://popmama.com/).
3. Website resmi Popmama Parenting Academy (https://popac.popmama.com/).