Jan 25, 2022

,

Pintu Aplikasi Crypto Terbaik dan Termudah di Indonesia, Bantu Menjamin Masa Depan Anda



“Kapan nikah?” adalah pertanyaan yang sering dihadapi oleh mereka yang sudah berusia 20 tahun ke atas.

To be honest, pertanyaan itu agak menjengkelkan sih. Pernah ketika ditanya demikian saya menjawab “Belum kepikiran,” berharap pembicaraan akan berhenti sampai di situ.

But, I'm wrong. Yang terjadi justru timbul pertanyaan-pertanyaan baru seperti: kok belum kepikiran? tapi udah punya pacar kan? udah lulus kuliah, udah kerja, mau nunggu apalagi? Dan rentetan anak pertanyaan lainnya.

 

Namun, bermula dari pertanyaan “kapan nikah?” tadi, saya kemudian menyadari satu hal, bahwa kebutuhan akan uang semakin bertambah beriringan dengan bergantinya fase kehidupan.

Well, mungkin saat ini kamu sudah bekerja dan memiliki gaji bulanan serta tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Tapi apakah dengan gaji dan tabungan yang kamu miliki saat ini juga akan cukup untuk ke depannya?


Membuka mata lebih lebar, jumlah tanggungan seseorang akan terus bertambah seiring dengan bergantinya fase kehidupan. Ada pasangan, anak, orang tua dan bahkan mertua. Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga, tentu saja ada kebutuhan lain yang tidak kalah penting, yaitu memiliki rumah dan kendaraan, biaya pendidikan anak, kesehatan, dan mencapai financial freedom.

Semua hal di atas akan sulit terpenuhi jika seseorang hanya mempersiapkan tabungan yang jumlahnya akan tergerus inflasi. Cara terbaik untuk mencapai kesuksesan dan terhindar dari jerat ekonomi di masa depan adalah dengan melakukan investasi sesegera mungkin.

Saat ini ada beragam jenis investasi yang ditawarkan. Namun, setelah saya mencari referensi dari berbagai sumber, pilihan terbaiknya jatuh pada investasi crypto.

Akan tetapi, sebelum membahas lebih lanjut tentang investasi crypto, setidaknya kamu harus tahu dulu perbedaan antara menabung dan investasi.


Menabung dan Investasi, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Sederhananya menabung adalah kegiatan menyimpan atau menyisihkan uang dan bisa diambil kapan saja di saat membutuhkan. Menabung bisa digunakan untuk keperluan jangka pendek maupun jangka panjang tergantung dari target dan tujuan awal kamu menabung. Misalnya menabung untuk membeli motor, haji, umroh, liburan dan sebagainya.

Sementara investasi adalah penanaman modal ke sebuah perusahaan yang tujuannya untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Artinya ketika berinvestasi, seseorang tidak bisa mengambilnya kapan saja karena investasi dilakukan dalam jangka waktu panjang, misalnya untuk 10-15 tahun. Investasi ini umumnya digunakan untuk mempersiapkan keperluan di masa mendatang, seperti menambah aset, pendidikan anak, dana pensiun, dan sebagainya.

Lalu kenapa investasi menjadi cara terbaik untuk mencapai kesuksesan di masa depan?

Sebab dari segi hasil, investasi dapat memberi keuntungan yang lebih besar karena dana yang kamu investasikan akan terus berkembang. Beda halnya dengan menabung, di mana kamu hanya akan mendapat hasil sesuai dengan uang yang kamu simpan.

Meski jika dilihat dari faktor risiko, investasi memiliki risiko lebih tinggi tapi juga menawarkan peluang lebih besar karena dalam jangka waktu tertentu hasil yang didapat bisa meningkat hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan menabung yang meski memiliki risiko lebih rendah namun hasilnya hanya akan meningkat 3 sampai 5 persen per tahun jika kamu menabung di bank. Ini belum termasuk potongan administrasi dan kerugian lain ketika terjadi inflasi tinggi.

Nah, setelah mengetahui risiko dan keuntungan investasi, kamu bisa menghindari kemungkinan rugi dengan mempelajari lebih dalam tentang produk investasi yang kamu pilih.

Salah satu produk investasi yang sedang santer telinga adalah cryptocurrency. Keberadaan crypto menjadi opsi paling menarik karena dengan modal yang relatif kecil kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan menjanjikan di masa depan.

Mengenal Crypto Lebih Dekat

Logam mulia seperti emas dan perak merupakan bentuk aset investasi yang sudah tidak asing di telinga. Namun, perkembangan teknologi telah menghadirkan beragam pilihan instrumen investasi digital. Salah satunya yaitu criptocurrency

Crypto atau cryptocurrency adalah mata uang digital yang dijamin keamanannya oleh cryptography. Cryptography sendiri merupakan suatu metode yang digunakan untuk melindungi informasi melalui penggunaan kode rahasia. Artinya aset digital yang kamu miliki dapat kamu amankan dengan adanya cryptography. Nah, aset tersebut terpusat dalam suatu sistem yang disebut teknologi blockchain.

Sampai di sini mungkin kamu bertanya-tanya apa itu blockchain?

Blockchain adalah sebuah database yang mencatat seluruh transaksi penting. Kamu dapat menambah data dalam database ini tapi kamu tidak dapat menghapus ataupun mengubahnya. Dengan kata lain seluruh riwayat transaksimu tidak dapat dimanipulasi oleh siapapun bahkan oleh dirimu sendiri.

Selain terjamin keamanannya, kamu juga tidak membutuhkan perantara karena transaksi crypto dilakukan langsung oleh pengirim dan penerima. Aset crypto akan terkirim hanya dalam hitungan detik ke negara manapun yang menggunakan crypto. Berbagai keuntungan yang ditawarkan inilah yang membuat investasi crypto makin digemari oleh masyarakat dunia.

Ada banyak aset crypto yang ditawarkan, beberapa di antaranya seperti Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, Tether, Compound dan masih banyak lagi. Nah, salah satu aset crypto yang paling santer dibicarakan dan memiliki jangkauan pasar terbesar adalah Bitcoin.  

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan aset crypto yang pertama kali diciptakan yaitu pada tahun 2009 oleh Satosho Nakamoto. Yang tidak banyak orang tahu, Bitcoin hanya diciptakan sebanyak 21 juta unit, jumlah yang tidak akan berubah sepanjang waktu. Inilah yang menjamin Bitcoin akan terus memiliki nilai.

Seiring berjalannya waktu Bitcoin terus mengalami perkembangan. Tingginya peminat Bitcoin dan jumlahnya yang hanya dibatasi 21 juta unit menjadikan nilai Bitcoin terus melambung. Peningkatan signifikan inilah yang membuat banyak orang tidak lagi ragu menjadikan Bitcoin sebagai pilihan investasi yang menjanjikan untuk masa depan.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Nah, untuk mendapatkan Bitcoin atau aset crypto lainnya, kamu memerlukan dompet digital yang dapat dipergunakan untuk membeli, menjual, menyimpan hingga mengirim aset crypto.

Salah satu perusahaan teknologi terkemuka yang dapat memberikan kemudahan akses investasi crypto bagi pemula maupun berpengalaman adalah Pintu. Hadirnya Pintu membuat transaksi crypto dijamin aman dan mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi Pintu di ponsel kamu, setelahnya kamu bisa menjelajahi petualangan baru ke mana saja bersama Pintu.

Pintu Aplikasi Crypto Terbaik dan Termudah Di Indonesia

Aplikasi Pintu milik PT. Pintu Kemana Saja merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi aset crypto di Indonesia. Pintu telah mengantongi izin resmi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan berada di bawah pengawasan Kominfo.

Aplikasi Pintu tersedia di Appstore dan Playstore serta menempati posisi teratas sebagai  aplikasi trading crypto terbaik. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2020 lalu, pintu terus mengembangkan dan menghadirkan berbagai terobosan baru yang dibutuhkan pengguna dengan meluncurkan berbagai fitur menarik seperti Pintu Token (PTU) dan yang paling terbaru adalah Pintu Earn.

Pencapaian positif berupa dukungan dan kepercayaan yang diterima dari pengguna mendorong Pintu untuk terus berinovasi dengan menyediakan berbagai pilihan aset yang jumlahnya akan terus bertambah. Beberapa waktu lalu Pintu kembali menghadirkan 6 aset terbaru, sehingga dari yang sebelumnya 36 kini total menjadi 42 aset crypto yang tersedia di Pintu.

Menjelajahi Menu dan Fitur Aplikasi Pintu

Aplikasi Pintu menyediakan berbagai fitur yang akan memudahkan pengguna baik pemula maupun berpengalaman dalam memahami seluk beluk dunia crypto, dari yang paling dasar yaitu mengenai istilah-istilah teknis hingga mulai bertransaksi crypto. Fitur-fitur ini terus dikembangkan dengan mengutamakan kemudahan dan kenyamanan pengguna agar dapat bertransaksi dengan aman tanpa takut terjadi kendala.

Fitur Wallet Favorit


Fitur Wallet berfungsi menampilkan aset crypto favorit pengguna. Informasi tentang aset tersebut akan tersaji di bilah atas  pada menu utama. Kamu dapat melakukan top-up deposit, tarik saldo dan opsi lainnya dengan mudah. Untuk menentukan pilihan aset favorit dan mengatur urutannya kamu tinggal menekan icon yang bertuliskan Edit Wallet Favorit.

Fitur PTU Token

PTU adalah token ERC-20. ERC sendiri merujuk pada Ethereum Request For Comments, sementara angka 20 merupakan kode unik untuk membedakan dengan standar lain. Fitur ini didesain untuk mendukung ekosistem dan komunitas pintu.  Kamu bisa membeli PTU melalui halaman market di Pintu. Benefit yang akan didapatkan dari PTU seperti loyalty program dan staking (coming soon). Dengan ini kamu bisa mendapat kuota harian untuk kirim aset secara gratis dan memperoleh komisi referral hingga 35%.

Fitur Pintu Earn

Dengan Fitur Pintu Earn kamu dapat menyimpan aset crypto dan memperoleh bunga atau keuntungan tanpa harus dikunci sehingga saldo yang kamu miliki dapat ditarik kapan saja. Nah, menariknya bunga dari Pintu Earn ini akan dibayarkan setiap jam. Kamu juga tidak perlu khawatir karena aset yang disimpan dalam saldo Earn akan terjamin keamanannya. Beberapa aset crypto yang didukung nilai pertumbuhan yaitu:

  • Bitcoin (BTC) : 4% per tahun (APY)
  • Ethereum (ETH) : 4%  per tahun (APY)
  • Binance Coin (BNB) : 2% per tahun (APY)
  • Dogecoin (DOGE) : 0.88%  per tahun (APY)
  • Tether (USDT) : 4% per tahun (APY)
  • USD Coin (USDC) : 4% per tahun (APY)


Fitur Referral

Selain mendapat keuntungan dengan berinvestasi aset crypto, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain melalui Fitur Referral. Caranya terbilang mudah, yaitu kamu hanya perlu mengundang teman untuk bergabung dan berinvestasi di Pintu menggunakan kode referral milikmu. Kemudian kamu akan mendapatkan komisi transaksi yang akan dihitung dari nilai jual dan beli. 

Semakin banyak teman yang bergabung maka akan semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu dapatkan. Menariknya lagi komisi yang kamu dapat tidak hanya dari temanmu saja, tapi juga dari teman-teman mereka. Kamu akan mendapatkan komisi transaksi hingga 3 level pertemanan dengan rincian level 1 sebesar 0.012%, level dua sebesar 0.006% dan level 3 sebesar 0.004%

Fitur Pintu Academy

Seperti yang saya sebutkan di awal, Pintu merupakan aplikasi yang memberikan kemudahan akses investasi crypto baik bagi pemula maupun berpengalaman. Kenapa? Karena hanya di Pintu kamu bisa belajar investasi crypto dengan mudah dan gratis. Melalui Fitur Pintu Academy kamu bisa belajar beragam topik yang berkaitan dengan cryptocurrency mulai dari pengetahuan dasar hingga tingkat tinggi.

Fitur Nabung Rutin

Fitur Nabung Rutin didesain untuk memudahkan pengguna agar dapat membeli aset crypto secara konsisten. Dengan memanfaatkan fitur ini, otomatis kamu akan menerima pengingat dan notifikasi rutin sesuai jadwal yang telah kamu atur.

Strategi ini sangat efektif dibanding kamu harus menebak harga. Dengan ini risiko yang kamu terima akan relatif lebih rendah karena kamu akan mendapat lebih banyak aset ketika harga turun dan mendapat sedikit aset ketika harga naik. Fitur Nabung Rutin dapat kamu terapkan pada jenis aset yang kamu kehendaki.

Fitur Price Alert

Fitur ini berfungsi untuk memantau pergerakan harga guna membuat perencanaan yang tepat ketika berinvestasi crypto. Kamu bisa memilih aset crypto yang ingin diketahui pergerakannya, nanti kamu akan memperoleh pemberitahuan jika ada perubahan harga sehingga kamu tidak perlu membuka aplikasi secara terus menerus. Dengan memanfaatkan Fitur Price Alert kamu bisa mendapatkan informasi terkini baik ketika harga naik maupun turun dari aset crypto yang ingin kamu ketahui.

Fitur Komunitas

Fitur Komunitas sangat membantu para pengguna Pintu, terlebih bagi pemula. Dengan bergabung ke dalam komunitas kamu tidak sekedar memperluas pertemanan saja, akan tetapi juga untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan terkait investasi crypto. Kamu bisa berdiskusi dengan ribuan orang lainnya untuk mengetahui perkembangan dunia Criptocurrency.

Menu Jelajah

Menu Jelajah menghadirkan informasi terkini seputar dunia cryptocurrency. Menu ini juga terhubung dengan Fitur Pintu Academy. Konten yang tersedia pun tidak hanya berupa artikel saja tetapi juga video dari teman-teman Pintu lainnya. Melalui Fitur Jelajah kamu bisa mendapatkan informasi sekaligus belajar berbagai topik yang berkaitan dengan investasi crypto.

Menu Market

Menu Market merupakan tempat di mana kamu bisa mengetahui pergerakan harga dari masing-masing aset crypto. Melalui menu ini kamu bisa membaca dan menganilisis grafiknya dengan mudah. Warna hijau menunjukkan harga aset crypto sedang bergerak naik, sementara warna merah menunjukkan harga sedang bergerak turun.

Menu Wallet

Menu Wallet menampilkan semua aset crypto yang kamu miliki. Kamu bisa melihat berapa total nilai seluruh aset maupun nilai dari masing-masing aset. Untuk menampilkan informasi lebih detail tentang kepemilikan aset kamu tinggal menekan salah satu aset yang ingin kamu ketahui. Di sini kamu juga bisa melakukan transaksi berupa top up deposit, tarik maupun opsi lainnya.

Menu Akun

Menu ini menampilkan informasi penting tentang kepemilikan akun kamu. Mulai dari email, rekening bank, buku alamat dan fitur pendukung lainnya seperti pengaturan, pusat bantuan dan chat support untuk membantumu menyampaikan informasi terkait kendala jika kamu mengalaminya.

 

Melihat bagaimana Pintu terus berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur menarik membuktikan bahwa Pintu memang berkomitmen memberikan pengalaman terbaik dalam berinvestasi crypto dengan mudah dan aman bagi para penggunanya. 

Namun jika kamu masih ada pertanyaan kenapa harus berinvestasi crypto di Pintu, maka berikut ini jawabannya:

Kenapa Pintu Menjadi Aplikasi Pilihan yang Tepat Untuk Investasi Crypto?

1. Modal investasi crypto relatif kecil

Di Pintu kamu bisa berinvestasi hanya dengan modal mulai dari Rp. 11.000. Dengan modal yang relatif kecil ini kamu sudah bisa membeli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin dan aset crypto lainnya.


Catatan:

  • Ketentuan diupdate pada tanggal 20 Januari 2022 dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan lebih awal.
  • Jumlah minimum dan maksimum per transaksi dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan ketersediaan aset di pasar

Nah, untuk jumlah minimum dan maksimum transaksi jual beli crypto ini bervariasi, tergantung aset apa yang diperjual belikan. Jumlah maksimum hanya untuk per transaksi, tidak ada jumlah maksimum per hari. Jika kamu ingin melakukan transaksi jual beli lebih dari jumlah maksimum per transaksi, kamu harus memecahnya menjadi beberapa transaksi.

Misalnya kamu ingin menjual Bitcoin senilai Rp. 700.000.000, namun karena jumlah maksimum per transaksi Bitcoin Rp. 500.000.000, maka kamu harus memecahnya menjadi 2 transaksi agar tidak melebihi batas maksimum per transaksi.


2. Gratis biaya transaksi bagi pengguna Pintu

Mengirim aset crypto ke sesama pengguna Pintu tidak dikenakan biaya. Namun, jika mengirim aset crypto ke luar Pintu kamu akan dikenakan gas fee sesuai dengan biaya yang dibutuhkan blockchain. Biaya yang dibebankan adalah biaya yang berlaku pada saat transaksi dilakukan karena gas fee dapat berubah-ubah.

Detail biaya transaksi:

  • Biaya Trading: Rp 0 (Gratis biaya beli/jual)
  • Biaya Tarik Rupiah: Rp 4.500 (Flat ke semua bank)
  • Kirim Crypto Sesama Pintu: Rp 0 (Gratis dan instan)
  • Kirim Crypto ke Alamat Blockchain: biaya berbeda untuk setiap jaringan dan dapat berubah sesuai dengan kepadatan jaringan. Lihat daftar lengkapnya di sini)


3. Pintu legal dan aman digunakan

Pintu telah terdaftar di Bappebti dan berada di bawah pengawasan Kominfo. Pengguna tidak perlu khawatir, sebab jika di kemudian hari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Pintu akan mematuhi kewajiban terhadap pengguna sesuai dengan peraturan pemerintah.

Selain legalitas di atas, berikut ini ada beberapa hal yang menjamin keamanan bertransaksi di Pintu.

  • Pintu menggunakan wallet disediakan oleh Fireblocks. Wallet tersebut diproteksi teknologi Multi-Party Computation (MPC) yang dapat mencegah Private Key single point failure.
  • Pintu juga menyimpan sebagian aset di cold wallet yang disediakan Coinbase Custody.
  • Pintu telah tersertifikasi ISO 27001, yang berarti Pintu telah memenuhi standar sistem manajemen keamanan informasi yang diterbitkan oleh ISO.
  • Aplikasi Pintu telah dilengkapi fitur keamanan seperti OTP, Biometric, serta 2FA (Google Authenticator).


4. Memiliki panduan lengkap untuk memudahkan pengguna

Jika kamu masih belum sepenuhnya paham tentang seluk beluk dunia Crypto, inilah kesempatan kamu untuk belajar. Di Pintu kamu bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan seputar crypto dengan memanfaatkan Fitur Pintu Academy, Gabung Komunitas dan pusat bantuan berupa FAQ dan Live Chat. Fitur ini sangat membantu seluruh pengguna, terlebih bagi pengguna pemula Pintu.

 

Setelah menjelajahi semua fitur dan menyelami kelebihan berinvestasi crypto di Pintu, kini tiba saatnya kamu untuk mencoba berinvestasi. 

Namun sebelum itu kamu harus menginstal aplikasi Pintu dan membuat akun terlebih dahulu. Proses pendaftarannya terbilang sangat mudah dan cepat. Kamu hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menyelesaikan keseluruhan prosesnya. Berikut ini saya bagikan langkah-langkah pendaftaran Pintu.

  1. Buka aplikasi Pintu dan pilih salah satu metode pendaftaran dan lengkapi data yang diminta.
  2. Buka Email untuk mengecek kode OTP yang dikirim. Jika belum menerima klik “Kirim Ulang Email.”
  3. Masukkan verifikasi OTP yang dikirim melalui email
  4. Buat PIN dan Konfirmasi PIN akun.
Pendaftaran akun selesai.



Untuk dapat mengakses semua fitur yang tersedia dan mulai investasi crypto kamu harus melakukan verifikasi identitas. Dokumen yang perlu disiapkan yaitu foto salah satu kartu identitas dan selfie dengan salah satu kartu identitas KTP, SIM atau Paspor. Berikut ini langkah-langkah verifikasi Identitas.

  1. Masuk Menu Akun lalu pilih “Verifikasi Sekarang.”
  2. Masukan nomor telepon dan pilih satu metode pengiriman pesan.
  3. Masukkan kode OTP yang dikirim.
  4. Pilih tipe ID dan lengkapi dokumen yang diminta. Pastikan data-data yang kamu lampirkan benar dan jelas.
Pintu akan melakukan proses verifikasi. Tunggu beberapa saat sampai kamu menerima notifikasi.



Bagaimana? Mudah bukan?

Nah, setelah menyelesaikan pendaftaran dan melakukan verifikasi, sekarang kamu sudah bisa mulai berinvestasi crypto dengan mudah dan aman di Pintu. Untuk lebih memperdalam pengetahuan kamu bisa melihat tutorial lengkapnya melalui playlist video berikut ini.

Selamat berinvestasi.




Get the app

Sosial media Pintu






Referensi:
1. Pengalaman pribadi.
2. Website resmi Pintu (https://pintu.co.id).
3. Aplikasi Pintu.