Mar 31, 2022

Tingkatkan Fleksibilitas dan Produktivitas Bisnis dengan ASUS ExpertBook B5 OLED

Sebenarnya kamu tuh pengennya jadi apa sih?

Pengen aktif di dua dunia tapi bisa switch kapan aja dan di mana aja.

Saya merupakan lulusan Ilmu Pendidikan, tepatnya Guru SD. Beberapa teman saya berpikir saya salah jurusan, sehingga mereka kerap bertanya mengenai cita-cita saya yang sebenarnya.

Betul ingin jadi guru?

Iya, betul. Hanya saja seperti yang saya bilang, saya ingin aktif di dua dunia, yaitu dunia nyata dan dunia digital. Di dunia nyata saya ingin menjadi seorang Guru sementara di dunia digital saya ingin menjadi seorang content writer.

Nah, sebagai content writer saya ingin punya “kerajaan digital.”  Kerajaan digital yang saya maksud di sini adalah sebuah website atau blog yang bisa dijadikan rumah untuk karya-karya saya.

Hanya saja, saya memang baru membangun blog ini sekitar 1 tahun, sehingga wajar kalau belum bisa disebut sebagai kerajaan, melainkan masih sebatas mini house, mungkin? Namun, ke depannya blog ini akan terus saya kembangkan hingga dapat menjangkau lebih banyak audience.

Emang ada untungnya?

BANYAK. Bisa dikatakan blog juga termasuk bisnis online ataupun sarana bisnis online, tergantung apa tujuan kamu membangun sebuah blog. Apakah sebatas tempat bercerita, review produk, jasa backlink, content placement dan sebagainya.

Saya sendiri membangun blog untuk segala hal yang menghasilkan keuntungan, dengan catatan konten-konten yang saya posting di blog tidak menyalahi aturan.

Wah banyak juga ya?

Jelas. Bisnis digital menawarkan banyak keuntungan, tapi di saat yang sama juga menghadirkan sejumlah tantangan yang tidak mudah. Sebab, saya harus siap bersaing secara global. Dalam hal ini kemampuan multitasking sangat diperlukan, mulai dari menulis, desain, branding, marketing, SEO (Search Engine Optimization) dan masih banyak lagi.

Untungnya laptop yang orang tua saya belikan sejak awal kuliah, masih bisa dipakai hingga sekarang. Mulai dari 2014 sampai 2022 terhitung sudah 8 tahun lamanya.

Wah lama juga ya?

Iya. Ada sih beberapa kendala yang pernah saya alami, di antaranya seperti charger digigit tikus, tombol keyboard lepas 1 buah dan baterai mudah habis sehingga harus selalu terhubung dengan sumber listrik. Tapi walaupun harus selalu terhubung dengan sumber listrik, setidaknya semua pekerjaan saya bisa terselesaikan berkat laptop sebagai teknologi penunjang utamanya.

Apalagi di era pandemi seperti saat ini, kebutuhan akan penggunaan gadget terutama laptop sepertinya sudah tidak bisa di tawar-tawar lagi ya? Mulai dari belajar hingga bekerja semua butuh laptop. Beda kebutuhan, beda juga spesifikasi laptop yang diperlukan.

Sebagai pengguna aktif laptop lebih dari 10 tahun, saya paham banget soal ini. 


Beda Kebutuhan, Beda Pula Spesifikasi Laptop yang Dibutuhkan

Saya pertama kali mengenal laptop saat SMP, sewaktu mata pelajaran TIK. Namun, saya baru bisa merasakan, menyentuh dan menggunakan laptop hanya saat ada praktik di mata pelajaran tersebut.

Materi yang dipelajari pun sederhana banget, hanya seputar dasar-dasar Word seperti mengetik dan menyimpan file. Lucunya saya pernah merasa bangga sekaligus menjadi orang paling hebat hanya karena bisa membuat tulisan dengan fitur WordArt.

Lalu kapan kamu merasa penggunaan laptop itu penting?

Saya mulai familiar dengan penggunaan laptop saat SMK. Di mana seringkali ada ujian praktik komputer dengan materi seputar penggunaan Word dan Excel. Sampai akhirnya saya bisa memiliki laptop sendiri setelah duduk di bangku kelas XI.

Di sini peran laptop mulai dibutuhkan. Karena saya mengambil jurusan Pariwisata, selain belajar seputar Excel dan Word saya juga diharuskan untuk bisa membuat brosur wisata berikut dengan rencana perjalanannya.

Laptop pertama saya dulu dibelikan oleh Om dan Tante saya, tapi kemudian laptop tersebut hilang dicuri. Makanya saat masuk perkuliahan saya kembali dibelikan laptop oleh orang tua saya.

Kalau penggunaan laptop saat SMK aja sudah sekompleks itu, berarti saat kuliah peran laptop sudah tidak bisa ditawar lagi ya?

Yup, tepat sekali.

Berhubung pendaftaran kuliah menguras cukup banyak biaya, saya kemudian minta dibelikan laptop dengan harga yang murah saja. Yang penting bisa dipakai untuk mengetik dan melakukan presentasi di kelas. Dan laptop itulah yang saya gunakan hingga sekarang, termasuk untuk mengetik dan mendesain gambar ataupun infografis dalam artikel ini.

Di dunia perkuliahan peran laptop sebagai penunjang kebutuhan sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kalau kamu pernah menjadi mahasiswa, pastinya kamu setuju dengan ini kan? Mulai dari mengerjakan tugas, presentasi, praktik, hingga menyelesaikan skripsi.

Tidak hanya itu, saya juga diharuskan bisa membuat media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan program pembuat animasi seperti Swishmax dan Flash Media. Nah, untuk memaksimalkan tugas-tugas tadi saya juga belajar aplikasi Photoshop. Semua itu saya pelajari secara otodidak melalui tutorial di Youtube maupun artikel di Blog.

Di sinilah awal mula saya mulai hobi mendesain. Kalau ada waktu senggang pasti bakal saya manfaatkan untuk menonton video tutorial dan mempraktikkannya. Karena kemampuan tersebut juga saya seringkali diminta oleh teman saya mengeditkan foto mereka. 

Setelah lulus kuliah dan bebas dari tugas-tugas yang menumpuk apa peran laptop masih sepenting itu?

Awalnya lepas dari dunia perkuliahan saya pikir tidak akan terlalu membutuhkan laptop lagi. Nyatanya? Salah besar sob! Justru peran laptop lebih-lebih dibutuhkan dalam dunia kerja. Apalagi kalau kamu seorang pebisnis.

Jika saat kuliah kamu membutuhkan laptop yang dapat digunakan untuk menyusun makalah dan skripsi, maka dalam dunia kerja, terutama bisnis, spesifikasi laptop yang dibutuhkan jauh lebih kompleks lagi. Saya beri tahu kamu hal ini karena saya punya pengalaman kerja di perusahaan bisnis frozen food.

Wah banyak juga pengalaman kamu, bisa ceritakan secara singkatnya gak?

Boleh, saya lanjutkan di bawah ya. 


Peran Laptop Sebagai Penunjang Utama Untuk Keberlangsungan Sebuah Bisnis

Setelah lulus kuliah tahun 2019, saya sempat bekerja selama 1 tahun di salah satu perusahaan bisnis yang menjual segala jenis frozen food mulai daging ayam dan sapi dengan berbagai ukuran dan merek, aneka seafood, hingga produk-produk olahan seperti nugget, sosis, dumpling dan sebagainya.

Produk-produk ini biasanya di suplai ke berbagai restaurant & cafe, hotel, supermarket maupun pedagang yang ingin menjualnya kembali kepada masyarakat umum. Dan semua data-data selama aktivitas bisnis ini tersimpan dalam perangkat laptop maupun komputer yang sudah terpasang software akuntansi.

Ketika satu laptop saja bermasalah, otomatis aktivitas bisnis pada hari itu pun akan terhambat atau bahkan terhenti apabila laptop tidak segera diperbaiki. Misalnya karyawan yang bertugas menerima orderan jadi tidak bisa mengecek harga atau stok barang yang tersisa jika laptop yang dia gunakan bermasalah. Dan jika dia menggunakan laptop karyawan lain, maka tugas dari rekan kerjanya tersebut bisa-bisa malah tidak terselesaikan.

Belum lagi keamanan data yang harus dijaga. Sebab, meski bekerja di perusahaan yang sama, kami para karyawan memiliki username dan password khusus yang digunakan untuk mengakses laptop masing-masing. Kenapa harus menggunakan username dan password? Karena tidak semua data-data penting dalam laptop tersebut boleh diketahui oleh orang lain.

Walau bagaimanapun data sifatnya sangat rahasia. Jika terjadi kebocoran data maka karyawan tersebutlah yang juga harus bertanggung jawab. Oleh karena itu, spesifikasi laptop yang dibutuhkan dalam urusan bisnis tidak bisa disamakan dengan laptop konsumen pada umumnya.

 

Spesifikasi Utama Laptop yang Dibutuhkan dalam Dunia Bisnis

Di perusahaan di mana saya pernah bekerja sebelumnya, saya bertugas menangani term of  payment invoice pelanggan. Ada yang Net 30, Net 14, Net 7 maupun cash on delivery tergantung kesepakatan masing-masing pihak. Semua faktur pelanggan baik yang sudah lunas maupun akan jatuh tempo tersimpan dalam perangkat laptop yang saya gunakan.

Dalam hal ini keamanan data adalah hal utama. Karena laptop yang digunakan untuk berbisnis pastinya menyimpan data-data penting sehingga keamanan menjadi hal yang sangat vital.

Bagi saya gadget adalah privasi, data-data yang tersimpan di dalamnya merupakan rahasia personal yang tidak boleh diakses oleh orang lain tanpa seizin pemiliknya. Jangan sampai data penting terkait bisnis tersebut dicuri lalu disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Lalu spesifikasi laptop seperti apa yang dibutuhkan untuk mendukung keberlangsungan sebuah bisnis?

Spesifikasi laptop yang dibutuhkan untuk urusan bisnis ada dalam wujud laptop bisnis ASUS ExpertBook B5. Yang mana bisnis modern saat ini tidak lepas dari kemajuan teknologi. Semakin besar bisnis yang kamu kelola maka semakin besar pula pengaruh kecanggihan teknologi yang perlu kamu gunakan.

Dalam tayangan video berjudul “Comfortable with Convertible ASUS ExpertBook B5 OLED” yang di upload di channel Youtube ASUS Indonesia, Bapak Yulianto Hasan selaku Commercial Product Manager ASUS Indonesia menyampaikan bahwa seri laptop ASUS ExpertBook B5 secara khusus memang dirancang untuk memenuhi segala kebutuhan-kebutuhan bisnis di Indonesia seperti instansi pemerintah, UMKM, edukasi ataupun korporasi, di mana mereka memiliki kebutuhan laptop yang berbeda karena mengedepankan produktivitas dalam bekerja.

Lebih lanjut di era pandemi seperti saat ini hybrid working model sudah menjadi hal yang lumrah. Senada dengan hal tersebut, Bapak Melvin Mumpuni yakni seorang Influencer Investasi dan Financial Planner serta Founder dari Finansialku.com menambahkan bahwa hybrid working model saat ini bukan lagi work from home tapi sudah work from anywhere.

Nah, sama halnya dengan bidang pekerjaan yang saya tekuni saat ini yang membutuhkan laptop sekelas ASUS ExpertBook B5. Sebab, tidak hanya teknologi canggih, ASUS ExpertBook B5 juga menawarkan kemampuan multitasking dan desain yang berfokus pada mobilitas. Pastinya ini sangat memudahkan pekerjaan saya yang aktif di dunia digital dan dunia nyata sehingga bisa switch kapan saja dan di mana saja semudah switch dua akun di Instagram.

Karena itu doakan ya, semoga saya bisa memiliki laptop ASUS ExpertBook B5 ini.

Amin, semoga laptop ini bisa segera berpindah di tangan kamu. Tapi sebagai gantinya mau nggak kamu berikan review laptop ASUS ExpertBook B5 untuk pembaca?

Well, karena ASUS ExpertBook B5 adalah laptop impian saya, maka dengan senang hati akan saya berikan reviewnya untuk kamu. Let’s go!

 

ASUS ExpertBook B5, Laptop Ultra Portable yang Mendukung Mobilitas Tingkat Tinggi

Desain ultra portable

ASUS ExpertBook B5 hadir dalam dua form factor, yaitu ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA) dengan form factor clamshell di mana engsel dapat dibuka hingga 180o dan ASUS ExpertBook B5 (B5302FEA) dengan form factor convertible yaitu laptop dengan engsel dapat diputar hingga 360o dan disertai dukungan layar sentuh.

Sementara untuk desainnya ASUS ExpertBook B5 benar-benar berfokus pada mobilitas tingkat tinggi. Di mana pada bagian belakang atau penutup dan bagian bawah ASUS ExpertBook B5 dibuat dari material aluminium murni, sementara bagian di area sekitar keyboard terbuat dari paduan magnesium aluminium. Nah, material inilah yang membuat ASUS ExpertBook B5 memiliki bodi ringan karena bobotnya berhasil dipangkas hingga menjadi 1.11 kg saja.

Tidak hanya itu, material magnesium-aluminium alloy yang digunakan juga  menjadikan ASUS ExpertBook B5 memiliki bodi tangguh. Dan tentu saja ketangguhan ini bukan sekedar omongan belaka ya sob. ASUS ExpertBook B5 sudah lolos pengujian ekstrem berstandar militer AS (MIL-STD 810 H). Catat itu!

Lalu selain bobotnya yang super ringan, ASUS ExpertBook B5 memiliki bodi tipis dengan ketebalan hanya 16.9 mm. Kalau saya punya laptop ini kamu siap-siap iri ya, karena saya pasti bakalan bebas bepergian sambil membawa laptop dan bekerja dari mana aja tanpa perlu khawatir terjadi kerusakan pada bodi laptop.


Layar ASUS OLED Memberikan Pengalaman Menatap Layar Laptop Bak Menonton Bioskop

ASUS ExpertBook  B5 masuk ke dalam jajaran laptop bisnis pertama yang dibekali dengan layar ASUS OLED. Di mana teknologi ASUS OLED mampu menghadirkan color gamut terbaik, yaitu sebesar 100% DCI-P3 dan telah bersertifikasi PANTONE Validated Display.

Color gamut yaitu rentang warna yang lebih spesifik dari rentang warna yang bisa dilihat oleh manusia. Sehingga layar laptop yang dibekali dengan teknologi ini mampu menampilkan visual yang tampak nyata seperti ketika kamu menonton bioskop. WOW!

Teknologi ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Sehingga bisa dipastikan konten HDR pada layar monitormu akan tampak hidup karena memiliki reproduksi warna dan kontras yang akurat. Nah, ini cocok banget buat kamu yang menginginkan standar kebutuhan laptop industri kreatif.

Dan yang paling penting nih, laptop dengan teknologi layar OLED dijamin tidak akan merusak kesehatan mata, sob. Kenapa? Karena sudah dibekali dengan fitur eye care yang mampu mengurangi spektrum cahaya biru berbahaya secara drastis dan juga telah mengantongi sertifikasi dari TUV Rheinland untuk low-blue light serta anti-flicker.

Tidak tanggung-tanggung loh, spektrum cahaya biru yang dapat dikurangi yaitu sebanyak 70% dibandingkan dengan layar LCD dan tentunya tanpa mengorbankan kualitas visual yang ditampilkan.

Berkat teknologi, inovasi dan fitur yang berlapis-lapis, maka dipastikan pengguna ASUS ExpertBook  B5 bisa lebih produktif tanpa perlu khawatir terhadap kesehatan mata.

Nah, sekarang pertanyaannya, mau berapa jam kamu di depan laptop? 5 jam? 8 jam? 10 jam? Tenang, aman sob!

 

Performa yang Mumpuni Menawarkan Solusi untuk Berbagai Urusan Bisnis

Well, sekarang saatnya kita masuk ke performa laptop ya. Tapi sebelum itu saya sarankan kamu untuk tarik napas dulu sebanyak-banyaknya. Soalnya saya takut kamu nanti tidak bisa bernapas saat tahu bagaimana performa seri laptop ASUS ExpertBook B5 ini. Nah, sekarang silahkan tarik napas lalu hembuskan. Ulangi. Sekali lagi. Oke, cukup.

Ready? Go!

Peforma mumpuni

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Selain itu ASUS ExpertBook B5 juga dibekali Windows 11 Pro dan memori DDR4 3200Mhz berkapasitas hingga 48GB serta WiFi 6. Rangkaian teknologi ini akan memberikan komputasi, jaringan dan kinerja grafis yang cepat dan responsif.  Di mana prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 menyatukan performa CPU dan grafis terkemuka serta memberikan konektivitas terbaik.

Dengan performa yang luar biasa ini, ASUS ExpertBook B5 siap membantu kamu untuk lebih berfokus, berkreasi dan memberikan solusi dalam berbagai urusan bisnis modern yang banyak digeluti di zaman modern ini.

Sementara penyimpanannya ASUS ExpertBook B5 mengandalkan dua SSD dengan menyediakan kapasitas masing-masing hingga 1 TB yang dapat dikonfigurasikan secara RAID untuk operasi yang lebih cepat atau meningkatkan performanya.

Apa itu RAID?

RAID (Redundant Array of Independent Disk) adalah teknologi penyimpanan yang memungkinkan beberapa drive melakukan aktivitas sebagai satu kesatuan. Nah, ASUS ExpertBook B5 ini mendukung RAID 0 dan RAID 1 level2 untuk keamanan data dan kinerja yang lebih baik.

Laptop tipis dan ringan dengan Intel Core Generasi Ke-11 ini juga telah mengantongi sertifikasi Intel EVO dengan enam standar kriteria yang mencakup prosesor, layar, daya tahan baterai, fitur isi ulang cepat, konektivitas, dan responsivitas. Artinya ASUS ExpertBook B5 sudah tervalidasi sebagai laptop Intel EVO Platform.

Sampai di sini pastinya kamu sudah mendapat gambaran terkait bagaimana ASUS ExpertBook B5 akan membantu segala urusan bisnis. Karena selain didesain dengan mobilitas tinggi, ASUS ExpertBook B5 juga memiliki performa yang mumpuni.

So, apa pendapatmu sob?

 

Makin Produktif Berkat Baterai Laptop yang Mampu Bertahan hingga Sepanjang Hari


Pengguna gadget apapun pastinya menginginkan gadget dengan baterai yang mampu bertahan lama. Apalagi kalau itu menyangkut teknologi pendukung untuk aktivitas penting seperti bisnis kan?

Salah satu keunggulan ASUS ExpertBook B5, selain memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 14 jam, tapi juga memungkinkan penggunanya dapat mengisi ulang baterai dalam waktu lebih singkat karena teknologi pengisian cepatnya.

Dalam sehari umumnya kita bekerja selama 8 jam kan? Nah ASUS ExpertBook B5 memungkinkan kamu bisa bekerja lebih lama, bahkan dari pagi sampai malam. Dan tahu nggak, apa yang membuat saya berdecak sambil geleng-geleng kepala saking terkagum-kagumnya dengan ASUS ExpertBook B5 ini?

Seri laptop ASUS ExpertBook B5 dapat diisi daya baterainya menggunakan USB Type-C Thunderbolt 4 dan powerbank. OMG! Iya betul. Ini adapter yang biasa digunakan untuk mengisi berbagai jenis gadget di zaman modern ini.

Duh, kalau teringat adapter laptop saya yang pernah putus digigit tikus rasanya saya bener-bener ingin menangis deh. Soalnya laptop saya jadi tidak bisa menyala sebelum dibelikan adapter baru. Huhu…

 

Pengalaman Mengetik Terbaik dengan Akses Beragam Tugas Hanya dalam Satu Sentuhan

Tau nggak sob? ASUS ExpertBook B5 punya fitur eksklusif yaitu ASUS NumberPad 2.0 yang dapat mengubah touchpad menjadi  numpad hanya dengan satu sentuhan. Untuk menyalakannya kamu hanya perlu mengetuk ikon NumberPad 2.0 yang terletak di bagian kanan atas dan ikon sebelah kiri untuk beralih di antara dua pengaturan kecerahan. Dan kamu juga tetap bisa menggunakan touchpad walaupun fitur NumberPad 2.0 diaktifkan.

ASUS ExpertBook B5 juga dilengkapi dengan backlit keyboard dengan lampu latar sehingga kamu tetap bisa mengetik sekalipun dalam kondisi gelap. Nah, untuk memberikan pengalaman mengetik terbaik bagi penggunanya laptop ini dibekali dengan fitur ErgoLift hinge yang secara otomatis akan memiringkan keyboard ke posisi mengetik yang paling nyaman. Wah, hebat banget ya bisa gitu.

Dan tidak hanya itu saja sob. Untuk menambah kenyamanan kamu bisa melakukan beberapa tugas dengan mudah dan cepat seperti melakukan screenshot, mengaktifkan webcam, menonaktifkan mikrofon, mengaktifkan pembatalan kebisingan AI dan mengakses aplikasi MyASUS hanya dengan satu sentuhan melalui pintasan tombol fungsi.

Terakhir ada user-status indicator yaitu lampu LED kecil dan terang yang terdapat pada bagian atas ASUS ExpertBook B5. Fitur ini berfungsi untuk memberi tanda atau kode bahwa kamu sedang sibuk melakukan conference call. Sehingga lawan bicara yang ingin menghubungimu akan langsung paham untuk tidak mengganggu kamu pada saat itu.

Duh, kaya fitur banget ya sob!

 

Work from Anywhere and Anytime Jadi Lebih Nyaman dan Aman berkat Teknologi AI


Sebagian besar orang mungkin sudah familiar dengan istilah AI, tapi mungkin sebagiannya lagi belum. Apa itu AI?

AI (Artificial Intelligence) sama artinya dengan kecerdasan buatan, yaitu teknologi yang memiliki kemampuan untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang umumnya memerlukan kecerdasan manusia.

Kabar baiknya nih, ASUS ExpertBook B5 telah dibekali oleh fitur two-way AI noise-cancelling. Nah fitur ini memiliki kemampuan untuk mengenali dan mengeliminasi berbagai jenis suara bising saat kamu melakukan conference call.

Menariknya lagi, fitur two-way AI noise-cancelling mencakup dua fungsi sekaligus, yaitu fungsi upstream untuk menyaring kebisingan di sekitar mikrofon dan fungsi downstream untung menyaring kebisingan dari lawan bicara.

Karenanya ASUS ExpertBook B5 memungkinkan kamu bisa melakukan conference call di mana saja dan kapan saja. Jika kamu melakukan conference call di kantor, maka suara bising dari rekan kerjamu akan dieliminasi. Lalu jika kamu melakukan conference call di rumah, maka suara kucing kesayanganmu juga bisa dieliminasi.

Gimana? Keren kan sob?

Dan tidak hanya audio saja loh, tapi ada juga noise-reducing camera yang dapat menghilangkan hingga 23% noise acak yang mempengaruhi kamera secara alami. Dengan teknologi 3D noice-reduction (3DNR) yang tersemat pada webcam ASUS ExpertBook B5 kamu tetap bisa melakukan conference call pada kondisi redup sekalipun. Sebab, secara otomatis fitur ini akan meningkatkan kualitas gambar tanpa mengurangi eksposur atau tingkat detailnya.

 

Konektivitas Terbaiknya Mampu Menciptakan Kemampuan Multitasking

Hal penting lainnya yang harus kamu tahu, walaupun ASUS ExpertBook B5 sangat tipis dengan ketebalan hanya 16.9 mm, tapi laptop ini memiliki port yang lengkap. Apa aja? Yaitu di antaranya ada USB Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio port, gigabit Ethernet melalui Micro HDMI, kensington lock slot dan dua port USB Type-C Thunderbolt 4.

USB Type-C Thunderbolt 4 selain menawarkan kecepatan transfer data tinggi hingga 40 Gbps, port ini jugalah yang mendukung teknologi USB power delivery yang memungkinkan pengisian dayanya dapat dilakukan menggunakan adapter yang sangat ringkas dan powerbank.

Selain itu, dengan dua port Thunderbolt 4 dan satu port HDMI 2.0 yang terdapat pada ASUS ExpertBook B5 memungkinkan kamu bebas menyambungkan hingga tiga layar UHD 4K eksternal sekaligus. Artinya kamu dapat melakukan conference call menggunakan tiga layar untuk tetap dapat melihat informasi penting.

Wah, multitasking banget kan? Kalau begini sih kamu tidak akan kerepotan lagi walaupun bekerja jarak jauh.

 

Durability yang Tak Tertandingi Memberikan Rasa Aman di Keseluruhan Aktivitas Bisnis

Di awal tadi sudah saya sebutkan bahwa ASUS ExpertBook B5 telah lolos pengujian ekstrem berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Nah, dalam pembahasan kali akan saya buktikan pengujian ekstrem seperti apa saja yang sudah dilalui oleh ASUS ExpertBook B5 ini. So, simak baik-baik ya!


Setelah menjalani berbagai pengujian standar militer AS (MIL-STD 810H) yang ketat, ASUS ExpertBook B5 dipastikan mampu bertahan dalam keadaan ekstrem sekalipun. Mulai dari suhu beku hingga panasnya badai gurun, guncangan berkecepatan tinggi dan gundukan yang kemungkinan bakal kamu lalui sehari-hari. 

Dan tidak hanya pengujian berstandar militer AS (MIL-STD 810H) saja, laptop ini juga telah melalui pengujian internal yang tak kalah ketat. Sehingga dapat dipastikan ASUS ExpertBook B5 memiliki ketahanan yang tidak main-main sob.

Beberapa pengujian ketat yang berhasil dilewati ASUS ExpertBook B5 di antaranya:

  1. Uji ketahanan port hingga 15.000 siklus pengujian untuk memastikan daya tahan port I/O.
  2. Uji tes jatuh dengan dijatuhkan di banyak sisi setinggi 120 cm dalam kondisi menyala.
  3. Uji tes engsel dengan melakukan sebanyak 50.000 siklus buka-tutup.
  4. Uji tes tahan terhadap tumpahan pada keyboard dan terbukti mampu mengatasi cairan hingga 66 cc.

Wah, kalau begini sih mau terkena benturan benda keras atau nabrak polisi tidur saat berkendara sambil bawa laptop pun tidak masalah. Mau kerja sambil nyeduh kopi pun tidak perlu khawatir jika tidak sengaja terkena percikan ataupun tumpahannya.

Tapi ya jangan sengaja ditumpahin juga ya sob.

 

Dukungan Touch Screen untuk Menunjang Produktivitas Pekerja Profesional

Seperti yang telah saya sebutkan di awal, ASUS ExpertBook B5 hadir dalam form factor clamshell dan convertible. Nah, ASUS ExpertBook B5 Flip selain engsel yang dapat diputar hingga 360o juga disertai dukungan touch screen dengan stylus yang siap memberikan kamu pengalaman terbaik dalam bekerja, baik ketika membuat catatan maupun pengeditan di aplikasi apapun yang didukung.

Selain itu, layar sentuh ASUS ExpertBook B5 Flip sangat peka terhadap sentuhan, input jari dan stylus. Bahkah layar sentuh yang digadang-gadang sehalus sutra ini mendukung 4096 tingkat sensitivitas tekanan yang ditawarkan oleh ASUS Pen opsional. Kamu juga bisa menggunaannya dalam mode apapun baik tenda maupun tablet karena ASUS ExpertBook B5 Flip dapat diputar hingga 360o

So, kenapa saya sangat memimpikan laptop ini, ya salah satu alasannya karena hal ini. Sebab, hanya dengan ASUS ExpertBook B5 Flip saya bisa menggambar ataupun membuat infografis untuk konten artikel sekaligus sketsa terkait materi yang sulit dimengerti oleh murid saya. ASUS ExpertBook B5 Flip memungkinkan saya sukses dalam dua bidang pekerjaan sekaligus, yaitu di dunia nyata dan dunia digital.

Aminkan please!

 

Keamanan Berlapis untuk Perlindungan Data yang Bersifat Privasi dan Rahasia


Nah, akhirnya kita sampai juga di bagian paling penting dari spesifikasi laptop yang dibutuhkan untuk berbisnis, yaitu perlindungan dan privasi data yang kuat. Di mana ASUS ExpertBook B5 hadir dengan sistem keamanan berlapis untuk memastikan data rahasia kamu tidak bocor.

Lalu sistem keamanan seperti apa yang disematkan ASUS ExpertBook B5?

Pertama ada fingerprint-reading power button yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello. Keamanan biometrik internal dengan sensor sidik jari yang sudah terintegrasi ini membuat laptop tetap aman dan memungkinkan kamu dapat mengakses laptop dengan mudah tanpa harus mengetikkan password yang bisa lupa sewaktu-waktu.

Selanjutnya ada webcam privacy shield yaitu penutup fisik yang dapat digeser hingga terbuka atau tertutup untuk mengaburkan webcam ASUS ExpertBook B5, sehingga privasi kamu akan tetap terjaga saat tidak digunakan. Kamu bisa menggunakan fitur ini saat melakukan panggilan video lalu mengembalikannya ketika selesai.

Terakhir ASUS ExpertBook B5 dilengkapi dengan fitur keamanan terkini yaitu TPM 2.0 yang hampir menghilangkan kemungkinan risiko kebocoran data melalui peretasan. Sebab fitur ini akan menyimpan informasi otentikasi yang digunakan oleh perangkat lunak seperti kata sandi atau kunci enkripsi.

Dengan fitur keamanan yang berlapis ini bisa dipastikan data-data penting yang kamu simpan dalam laptop tidak akan mudah bocor dan disalahgunakan oleh orang lain.

 

Rangkaian Layanan Khusus yang Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Pengguna

Setiap laptop pasti memiliki layanan atau service, termasuk juga ASUS ExpertBook B5 ini. Namun, karena ASUS ExpertBook B5 masuk ke dalam jajaran seri laptop bisnis, maka service yang ditawarkan pun berbeda dengan series laptop ASUS consumer pada umumnya. Selain memberikan garansi 2 tahun, ASUS memberikan kesempatan bagi pengguna untuk melakukan perpanjangan garansi agar sesuai dengan masa yang diharapkan.

Tidak hanya itu, ASUS juga menawarkan rangkaian solusi lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

  1. Dukungan 24x7 yang komprehensif, yaitu akses bebas ke pakar perangkat keras dan perangkat lunak.
  2. Aplikasi MyASUS, untuk menghubungi layanan pelanggan, melihat status perbaikan, baca panduan produk dan sebagainya.
  3. Penjemputan dan pengembalian di tempat yaitu layanan penjemputan dan pengembalian dari rumah ke rumah sehingga makin memudahkan pengguna.
  4. Bebas biaya perbaikan selama kerusakan laptop disebabkan kecelakaan tidak disengaja.
  5. Retensi HDD rusak, di sini ASUS menyimpan hard drive pengguna yang tidak berfungsi saat pengganti di pasang.
Itulah beberapa layanan yang ditawarkan ASUS untuk para pengguna laptop ASUS bisnis. Rangkaian layanan yang ditawarkan tersebut akan memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan mereka.

 

Tingkatkan Fleksibilitas dan Produktivitas Bisnis dengan ASUS ExpertBook B5 OLED

Melihat beragam inovasi, fitur, dan tingkat keamanan yang berlapis-lapis laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 OLED sangat cocok digunakan di semua lini bisnis seperti instansi pemerintah, UMKM, edukasi, korporasi maupun bidang pekerjaan lain yang membutuhkan spesifikasi laptop kelas bisnis.

Dengan ASUS ExpertBook B5 seluruh rangkaian aktivitas pekerjaan akan terselesaikan dengan cepat dan mudah. Didukung dengan desain yang berfokus pada mobilitas tinggi dan performa yang melampaui di semua kelasnya memungkinkan pengguna ASUS ExpertBook B5 dapat bekerja dari mana dan kapan saja.

Seperti kata Bapak Melvin Mumpuni bahwa hybrid working model saat ini bukan lagi work from home tapi sudah work from anywhere.

Akhir kata, terima kasih sudah membaca review laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 OLED kali ini. Sampai ketemu di review produk ASUS berikutnya.


Spesifikasi lengkap ASUS ExpertBook B5