Nov 15, 2022

,

Review Aplikasi Klik Indomaret: Top Up dan Bayar Tagihan Anti Ribet


 ***

“Jika sudah selesai silahkan unggah tugasnya di Demonstrasi Kontekstual ya! Saya beri waktu sampai dengan pukul 13.00.”

“Baik, Bu.”

Suatu pagi menjelang siang, sebelum meninggalkan ruang kelas, dosenku berpesan kepada mahasiswa/i di kelas untuk segera mengunggah tugas individu sebelum batas waktu yang ditentukan.

Ada jeda waktu 20 menit yang bisa aku manfaatkan untuk menyelesaikan tugas dan mengumpulkannya sebelum masuk mata kuliah ke-2.

Tapi, saat hendak mengumpulkan tugas tiba-tiba LMS-ku nggak bisa diakses, padahal garis-garis sinyal internet di laptopku tampak full. Duhh, Gais! Gimana ini? Auto panik dong aku, mana dosen mata kuliah berikutnya sudah mau masuk lagi.

Usut punya usut, ternyata data seluler di ponselku mati karena aku sudah melampau penggunaan data bulan ini. Tapi tenang aja, kuota internetku sebenarnya masih ada sisa sekitar 1 GB kok. Aku sengaja memasang peringatan penggunaan kuota untuk antisipasi sekaligus pengingat bila kuota sudah menipis agar segera mengisi pulsa dan paket data sebelum benar-benar kehabisan.

FYI, saat ini aku sedang menempuh pendidikan PPG (Program Profesi Guru) Prajabatan. Perkulihan dilakukan secara tatap muka (offline), tetapi seluruh proses pembelajaran mulai dari materi (e-module), pengumpulan tugas, hingga seluruh alur perkuliahan termuat dalam LMS (Learning Management System).

Untuk dapat mengakses LMS tentu saja aku butuh internet. Tanpa adanya internet aku nggak akan bisa mengikuti kegiatan perkuliahan dari awal sampai akhir.

Sebenarnya ada fasilitas WiFi yang terpasang di area-area tertentu di kampusku, hanya saja titik WiFi terdekat ruang kelasku sangat lelet karena terlalu banyak yang mengakses. Maka dari itu, aku dan teman-teman di kelas, dan bahkan juga dosen memilih merogoh kocek pribadi untuk membeli kuota internet agar kegiatan perkuliahan tetap berjalan lancar.

Sungguh internet menjelma jadi kebutuhan pokok yang nggak boleh habis barang sedektik pun!

Klik Indomaret Aplikasi Multifungsi, Penyelamat di Segala Situasi

Semenjak menjalani perkuliahan PPG Prajabatan aku hampir nggak punya waktu untuk bersantai. Jangankan bersantai, bahkan membagi waktu untuk makan, tidur, dan beribadah saja rasanya begitu syulit.

Perkuliahan ini benar-benar menguras waktu dan tenaga. Dulu saat S1 mungkin aku masih bisa menyempatkan diri untuk nongkrong dengan teman-teman di malam Sabtu dan Minggu. Kalau sekarang bisa sih nongkrong, tapi harus sambil membawa laptop, soalnya ada tumpukan tugas di LMS yang mengantre untuk ditengok.

Karena itu bisa dipastikan penyimpanan laptop dan ponselku 80%-nya dipenuhi oleh tugas, tugas, tugas dan tugas. Nggak cuma dalam bentuk file, tapi juga gambar, audio dan video. Dan aku sama sekali nggak berani menghapus tugas-tugas itu sampai perkuliahan ini berakhir pada Juni 2023 nanti.

Untungnya aku punya aplikasi belanja online, yaitu Klik Indomaret, yang bisa aku andalkan di segala situasi.

Klik Indomaret merupakan salah satu inovasi dari Indomaret berupa one stop online store yang menyediakan beragam produk untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen dalam satu aplikasi. Mulai dari belanja barang kebutuhan seperti makanan dan minuman, sembako, gadget & elektronik, travel, fashion, hingga top-up dan membayar beragam jenis tagihan.

Bayangin, kalau aku harus menginstal aplikasi belanja makanan dan minuman, belanja sembako, membayar tagihan dan lain-lainnya secara terpisah. Berapa banyak ruang penyimpanan yang aku butuhkan untuk menginstal aplikasi-aplikasi itu? Lalu bagaimana dengan tugas-tugas perkuliahanku?

Nah, untungnya ada Klik Indomaret yang menyelamatkan ruang penyimpanan di ponselku. Berkat kehadiran Klik Indomaret semua kebutuhanku dari A sampai Z bisa terpenuhi hanya dalam satu aplikasi. Praktis banget kan?

Contohnya ketika kuota internetku sudah menipis sementara perkuliahan masih berlangsung, maka aku bisa mengandalkan Klik Indomaret untuk membeli pulsa atau paket data di saat itu juga.

Pernah juga saat aku hendak mengerjakan tugas di tengah malam tiba-tiba token listrik di kosku habis. Kebetulan malam itu aku tidur cepat, jadi aku nggak mendengar alarm peringatan token menipis. Ketika sudah tengah malam, yaitu sekitar pukul 02.30, aku terbangun ingin lanjut mengerjakan tugas tapi malah listik di kosku padam.

Di situasi ini lagi-lagi aku bisa mengandalkan Klik Indomaret untuk membeli  token PLN. Inilah alasan kenapa aku menyebut Klik Indomaret sebagai Aplikasi Multifungsi, Penyelamat di Segala Situasi.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi pengalaman top-up dan membayar tagihan di Produk Virtual Klik Indomaret.

Pertanyaanku, apakah kalian semua sudah menggunakan aplikasi Klik Indomaret?

Kalau ada di antara kalian yang belum menggunakan aplikasi Klik Indomaret, di bawah ini aku bagikan juga langkah-langkah pendaftarannya untuk memudahkan kalian para pengguna baru.

Cara Daftar Akun Klik Indomaret

Sebelum mulai menggunakan dan melakukan transaksi di Klik Indomaret pastikan sudah menginstal aplikasinya di ponsel ya. Jika belum, silahkan download aplikasi Klik Indomaret di Play Store bagi pengguna Android dan di App Store bagi pengguna IOS.

Selanjutnya kalian harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Proses pendaftarannya sangat mudah dan cepat. Kalian hanya membutuhkan nomor ponsel dan mengisi beberapa data pribadi.

Berikut ini aku bagikan langkah-langkah pendaftaran akun Klik Indomaret.

  1. Buka aplikasi Klik Indomaret.
  2. Tekan icon Masuk yang terletak di pojok kanan bawah layar.
  3. Klik Masuk/Daftar. Masukkan nomor ponsel atau alamat email bagi yang sudah memiliki akun, jika belum silahkan klik Daftar disini.
  4. Masukkan nomor ponsel kalian lalu tekan Verifikasi Sekarang untuk melakukan verifikasi data terlebih dahulu.
  5. Pilih metode verifikasi. Kode verifikasi bisa didapatkan via Missed Call atau pesan WhatsApp.
  6. Ikuti langah verifikasi hingga selesai.
  7. Selanjutnya kalian akan diarahkan untuk melengkapi data pribadi dan membuat kata sandi. Pastikan data yang kalian masukkan valid dan benar.
  8. Jika sudah terisi, centang pernyataan ‘Saya menyetujui semua persyaratan dan ketentuan,’ lalu tekan Buat Akun.
  9. Pendaftaran selesai.


Cara Top-Up dan Bayar Tagihan di Produk Virtual Klik Indomaret

Setelah melakukan pendaftaran sekarang kalian sudah punya akun Klik Indomaret yang siap digunakan kapan pun dan di mana pun. Tidak hanya belanja barang kebutuhan, lewat aplikasi ini kalian bisa melakukan top-up dan membayar beragam tagihan.

Tersedia berbagai produk virtual. Ada apa saja? Mari kita tengok!

Nah, sekarang kalian sudah tau produk virtual apa saja yang tersedia di Klik Indomaret. Selanjutnya aku mau berbagi pengalaman membeli token listrik saat kehabisan tengah malam.

Singkatnya malam itu aku bangun sekitar pukul 02.30 dan mendapati listrik di kosku padam, padahal aku ingin mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Awalnya aku mengira memang sedang mati listrik, tapi saat melihat status internet di ponselku terhubung ke jaringan WiFi rumah pribadi Ibu Kos, aku sadar kalau yang listriknya padam hanya bangunan kosku saja. Apalagi penyebabnya kalau bukan kehabisan voucher kan?

Belum lagi baterai ponselku tinggal tersisa 1 %. Tapi karena proses transaksi di Klik Indomaret sangat cepat dan mudah. Aku nggak merasa panik sedikit pun.

Berikut ini aku bagikan langkah-langkah beli atau bayar tagihan di Klik Indomaret:

  1. Buka aplikasi Klik Indomaret lalu pilih Produk Virtual
  2. Pilih jenis produk virtual yang akan kalian beli atau bayar. Karena aku ingin membeli Token Listrik jadi aku pilih Listrik (PLN), lalu pilih lagi Token Listrik PLN
  3. Masukan nomor meter dan cek informasi pelanggan. Pastikan data sudah benar.
  4. Pilih nominal Token Listrik yang ingin dibeli. Tersedia nomimal Rp. 20.000 s/d Rp. 1.000.000
  5. Jika sudah, klik Lanjut ke Pembayaran
  6. Pilih metode pembayaran. Di sini aku memilih BCA Virtual Account
  7. Selesaikan proses pembayaran
  8. Berhasil. Transaksi selesai.

Gimana mudah dan cepat bukan? Transaksi yang aku lakukan sudah selesai sebelum ponselku benar-benar kehabisan daya dan mati.

Nah, kabar baiknya, kalian juga bisa menghubungkan i.saku dan Poinku sebagai metode pembayaran non-tunai agar transaksi bisa lebih cepat, mudah, dan untung. Beberapa keuntungan lain yang akan kalian dapat yaitu promo/promosi khusus dan kemudahan untuk cek saldo i.saku terkini.

Cara menghubungkan i.saku dan Poinku ini sangat mudah. Aku bagikan langkah-langkahnya di bawah ya.

  1. Buka aplikasi Klik Indomaret lalu pilih opsi Hubungkan.
  2. Muncul penjelasan mengenai keuntungan yang akan diperoleh pengguna jika menghubungkan i.saku dan Poinku.
  3. Baca syarat dan ketentuan dengan seksama. Jika sudah, centang setujui lalu klik Hubungkan Sekarang
  4. Verifikasi akun kamu dengan memasukkan kode verifikasi yang dikirim melalui pesan singkat.
  5. Berhasil dan selesai.


Nah, selanjutnya aku akan berbagi cara top-up e-money yang cepat dan mudah di Klik Indomaret. Soalnya di era teknologi ini sebagian besar dari kita pasti sangat membutuhkan yang namanya e-money, apalagi bagi yang memiliki mobilitas tingkat tinggi. Jadi kalian nggak perlu panik lagi nih kalau kehabisan e-money saat mau masuk tol karena tinggal mengisi kembali lewat aplikasi andalan Klik Indomaret.

Tak hanya itu, kalian juga bisa menggunakan e-money untuk belanja berbagai kebutuhan, membayar transportasi umum seperti kereta api, Transjakarta dan transportasi umum lainnya yang menyediakan metode pembayaran dengan e-money.

Yuk, langsung aja ikuti langkah-langkahnya di bawah ya.

  1. Buka aplikasi Klik Indomaret lalu pilih kategori Produk Virtual
  2. Pilih Uang Elektronik lalu pilih e-Money
  3. Masukkan nomor kartu e-money. Nomor kartu terdiri dari 16 karakter yang bisa ditemukan di belakang kartu. Pastikan nomor kartu sudah sesuai.
  4. Pilih nominal yang diinginkan. Pilihan tersedia mulai dari Rp. 20.000 s/d Rp. 1000.000. Jika sudah silahkan klik Beli.
  5. Pilih metode pembayaran dan lanjutkan prosesnya hingga berhasil.
  6. Jika sudah berhasil, perbaharui saldo kartu pada aplikasi Klik Indomaret di ponsel yang memiliki fitur NFC, gerai Indomaret atau ATM terdekat.


Harapan untuk Aplikasi Klik Indomaret

Sesuai dengan tagline-nya, Easy & Safe Online Shopping, aplikasi Klik Indomaret benar-benar menawarkan kemudahan dan kenyamanan berbelanja bagi para konsumennya. Berbagai macam kebutuhan bisa terpenuhi hanya dengan melalui gerakan yaitu ‘klik.’ Mulai dari belanja makanan dan minuman, sembako, produk virtual dan sebagainya.

Harapanku ke depannya, aplikasi Klik Indomaret makin memperluas kerja samanya dengan lembaga pendidikan, khususnya universitas-universitas negeri yang ada di Indonesia agar para mahasiswa dan calon mahasiswa bisa melakukan pembayaran biaya kuliah melalui Klik Indomaret.

Pembayaran biaya kuliah ini biasanya meliputi pembayaran uang gedung, pembayaran SPP, pembayaran mengikuti tes TOEFL, pembayaran wisuda dan sebagainya. Dengan begitu, semua urusan yang menyangkut pendidikan juga bisa terselesaikan dengan mudah dan cepat.

Kesimpulan

Bagiku Klik Indomaret merupakan wujud dari minimarket daringnya Indonesia, sebab ribuan produk yang tersedia di gerai Indomaret tersedia juga di aplikasi Klik Indomaret. Aku jadi nggak perlu bersusah payah melangkahkan kaki dan menghidupkan mesin motor jika ingin berbelanja ataupun membayar berbagai tagihan.

Nah, sekarang bagaimana denganmu? Apakah kamu juga memiliki kesibukan yang padat? Kalau ya, kamu bisa manfaatkan aplikasi Klik Indomaret sebagai solusi untuk penuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. 

Kamu juga berpeluang mendapatkan berbagai promo menarik dari Klik Indomaret. Informasi lengkap seputar promo ini bisa kamu temukan di blogklikindomaret.com atau follow Instagram @klikindomaret biar nggak ketinggalan informasi terbarunya.

Yuk, permudah segala urusan dengan aplikasi Klik Indomaret!

Referensi:

  1. Pengalaman pribadi
  2. Aplikasi Klik Indomaret 
  3. Website Klik Indomaret (https://www.klikindomaret.com/)