Mar 21, 2022

Wujudkan Bisnis Go Digital dengan Teknologi Widya Analytic


Pernah gak kamu menemukan selebaran atau brosur tergeletak di sembarang tempat?

 

Kalau buat saya sih dulunya ini adalah pemandangan yang lazim.

Saat pergi ke tempat umum seperti mall, pasar, taman atau bahkan perempatan jalan, saya seringkali melihat sales sedang membagikan brosur kepada orang yang melintas terlepas dari butuh tidaknya mereka terhadap produk yang ditawarkan.

Iya, pemasaran melalui pembagian brosur tersebut pernah menjadi strategi pemasaran terbaik pada masanya. Banyak pengusaha yang rela mengeluarkan modal sedikit lebih banyak untuk memasarkan produk mereka agar dikenal oleh masyarakat. Walaupun, brosur yang dibagikan tadi ujungnya hanya akan disimpan beberapa saat saja.

Bagi perusahaan besar yang memiliki modal lebih sih mungkin tidak masalah ya. Tapi bagaimana dengan bisnis yang baru dirintis dan masih harus bertumbuh?

Untungnya aja zaman makin berkembang. Kalau kamu adalah pelaku bisnis, sekarang kamu bisa memasarkan produk yang kamu miliki hanya dengan bermodalkan sosial media. Cara tersebut jelas lebih efektif dan efisien, sebab kamu tidak perlu khawatir atas biaya yang bakal terbuang cuma-cuma.

Tentunya kemudahan ini tidak lepas dari perkembangan teknologi yang menghadirkan transformasi digital bukan?


Perjalanan Panjang Transformasi Digital

Setelah ribuan tahun tercatat dalam penanggalan, dunia telah mengalami perubahan yang begitu besar di berbagai aspek kehidupan. Kini, kamu telah sampai pada tingkatan perkembangan yaitu revolusi industri 4.0 atau yang disebut juga cyber physical system.

Revolusi industri 4.0 merupakan era terjadinya kolaborasi antara teknologi siber dan teknologi otomatisasi. Di mana perkembangan teknologi berlangsung pesat dan berhasil menyentuh berbagai sel kehidupan.

Namun, yang harus kamu tau bahwa perkembangan teknologi yang terjadi saat ini tidak serta-merta tanpa melalui perjalanan panjang. Tahapan revolusi industri mulai dari 1.0 hingga 4.0 tersebut ditandai dengan adanya penemuan teknologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu.

Tahapan revolusi industri

Pemahaman akan penggunaan dan manfaat dari teknologi digital menjadi salah satu pendorong terjadinya transformasi digital. Tapi apa sih makna sebenarnya dari transformasi digital itu?

Sesuai definisi dari transformasi yang berarti perubahan, transformasi digital dimaknai sebagai perubahan yang terjadi sebagai dampak dari pemanfaatan teknologi digital dengan tujuan menciptakan inovasi baru.

Nah, praktik transformasi digital ini banyak diterapkan dalam konteks bisnis, yaitu dengan mengintegrasikan teknologi digital ke dalam aktivitas bisnis secara menyeluruh baik saat membeli maupun menjual produk/jasa. Dalam hal ini hasil transformasi digital menjadi maksimal karena adanya penyatuan pelaku usaha dan teknologi digital.

Perubahan metode dari konvensional menjadi digital diprediksi akan terus berlangsung, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Keterbatasan aktivitas akibat Covid-19 justru semakin mendorong terjadinya percepatan transformasi digital. Sebab, perannya memang sangat dibutuhkan sebagai upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi aktivitas bisnis.


Urgensi Transformasi Digital dalam Dunia Bisnis

Dunia dalam genggaman adalah istilah yang sudah sering kamu dengar dan nyata adanya. Di mana ada banyak hal yang dulunya harus dilakukan secara manual sekarang jadi serba digital berkat kehadiran teknologi. Misalnya memesan makanan, berbelanja barang kebutuhan, mengikuti kursus online, membuka toko online dan sebagainya.

Perubahan pola aktivitas ini merupakan bentuk dari transformasi digital. Kini semua jadi bisa kamu lakukan dengan lebih cepat dan mudah kan?

Di saat yang sama, hal ini memberi kesempatan bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya, namun juga tantangan bagaimana mempertahankan keberlangsungan bisnis tersebut di tengah persaingan global. 

Karenanya percepatan transformasi digital harus sesegera mungkin dilakukan dalam aktivitas bisnis. Kenapa? Simak alasannya berikut ini ya.

Pentingnya transformasi digital dalam sektor bisnis


Mampu Menghadapi Gempuran Persaingan Digital 

Semakin berkembangnya zaman maka semakin banyak pula masyarakat yang melek teknologi. Ketika berbelanja sesuatu mereka pasti akan membandingkan harga dan kualitas, di mana yang akan mereka pilih adalah produk dengan kualitas tinggi dan harga bersahabat. Sebagai pelaku usaha, kondisi ini mendorong kamu untuk menerapkan model bisnis digital agar mampu menghadapi sengitnya persaingan pasar.

 

Beradaptasi dengan Perubahan Kebiasaan Pelanggan 

Kemudahan akses digital tidak jarang membuat pelanggan lebih memilih belanja online melalui ponsel daripada datang langsung ke toko dan antre apalagi sampai berdesak-desakan dengan pelanggan lain. Nah, untuk mempertahankan kelangsungan bisnis, kamu harus mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru tersebut dengan memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat memperoleh barang/jasa yang dibutuhkan secara online.

 

Memberikan Pengalaman Digital Terbaik untuk Pelanggan 

Pelanggan adalah raja merupakan istilah yang sangat dijunjung tinggi dalam dunia bisnis. Tidak hanya kemudahan berbelanja, pelanggan juga pastinya ingin mendapatkan tanggapan lebih cepat baik saat bertanya maupun mengajukan komplain terhadap layanan yang mereka terima. Dengan menerapkan bisnis digital, kamu bisa memberi respons secepat kilat, sehingga pelanggan tidak mudah berpaling dan betah berbelanja di toko kamu.


Menghemat Tenaga, Waktu, dan Biaya Pemasaran 

Pengaplikasian teknologi digital akan membantu dan memberi kemudahan dalam melakukan pemasaran produk/jasa. Kamu tidak perlu membagikan selebaran agar produk yang kamu jual dikenali oleh pelanggan. Kini kegiatan pemasaran bisa dilakukan melalui sosial media seperti Facebook atau Instagram. Dalam hal ini, bisnis kecil maupun menengah sama-sama memiliki kesempatan untuk menjangkau target market yang lebih luas bahkan seluruh dunia.


Sampai di sini kita jadi paham kenapa transformasi digital perlu sesegera mungkin dilakukan. Tidak lain dan tidak bukan tujuannya demi meningkatkan produktivitas dan daya saing. 

Nah, untuk mengoptimalkan proses ini kamu bisa memanfaatkan berbagai teknologi digital seperti Big Data dan AI (Artificial Intelligence).


Peran Big Data dan AI dalam Mendorong Transformasi Digital

Big Data atau Mahadata merupakan himpunan data dengan jumlah yang sangat besar baik terstruktur maupun tidak terstruktur sehingga sulit apabila dikelola secara manual oleh manusia. Data yang terkumpul sangat melimpah dan beragam, ada banyak informasi akurat yang bisa kamu dapatkan dari kumpulan data tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan trend bisnis, Big Data memiliki peran yang sangat krusial dalam kegiatan bisnis, khususnya dalam memahami kondisi pasar yang dapat berubah sewaktu-waktu. Namun, berkat Big Data kamu dapat mengetahui perubahan yang terjadi dengan cepat dan dapat segera mengambil langkah tepat, misalnya bisa segera menciptakan produk yang sesuai dengan trend di pasar.

Selain Big Data ada juga teknologi AI yang memiliki peranan tak kalah penting dalam sektor bisnis. Apa itu AI?

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan adalah teknologi yang memiliki kemampuan untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang umumnya memerlukan kemampuan manusia. Beberapa contoh AI yang bisa kamu jumpai seperti asisten virtual Google dan Siri.

Uniknya, sama seperti manusia, AI juga membutuhkan pengetahuan dan pengalaman supaya kecerdasannya bisa lebih baik lagi. Maka jangan heran ketika kamu mendapati Google Assistant bisa meminta maaf jika melakukan kesalahan atas perintah yang kamu berikan.

Dalam kegiatan bisnis, AI dimanfaatkan untuk menganalisis data mengenai perilaku ataupun selera pelanggan sehingga dapat membantu kamu dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. Teknologi AI memungkinkan kamu untuk mengenal pelanggan lebih dekat.

 

Lalu, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah di mana kamu bisa mendapatkan layanan Big Data dan AI sebagai upaya untuk mengoptimalkan transformasi digital dalam kegiatan bisnis?

Tenang, jawabannya saya persembahkan dalam pembahasan lebih lanjut di bawah ini.


 Transformasi Digital dengan Teknologi Widya Analytic

PT. Widya Intelektual Bangsa (Widya Analytic) merupakan startup yang menyediakan produk dan layanan berbasis Big Data dan AI (Artificial Intelligence). Widya Analytic berkomitmen membantu bisnis kecil atau UMKM maupun bisnis yang sedang bertumbuh melalui teknologi digital berbasis data. 

Informasi yang diperoleh melalui data tersebut dapat dijadikan acuan dalam mengambil keputusan yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Kenapa? Karena Widya Analytic percaya bahwa data adalah sumber daya paling tepat dan akurat yang dapat dijadikan sebagai landasan atau tolak ukur dalam menentukan langkah strategis untuk menghadirkan perubahan yang lebih baik.

Profil Widya Analytic


Lalu bagaimana cara Widya Analytic melakukannya?

Dalam hal ini Widya Analytic akan menjembatani data yang tersimpan dalam silos, yaitu kumpulan data yang memiliki akses terbatas, kemudian mengatur data tersebut sebelum menerapkan algoritma Machine Learning dan Artificial Intelligence untuk membantu dalam pengambilan keputusan.

Tidak hanya dalam sektor bisnis, Widya Analytic juga turut membantu transformasi digital dalam lingkup pemerintahan yaitu Smart City, SPBE dan Satu Data Indonesia, yang mana hal ini sejalan dengan Perpres Nomor 95 tahun 2018.

Transformasi digital harus sesegera mungkin dilakukan, terlebih di tengah keterbatasan pandemi seperti saat ini. Di mana adanya transformasi digital memungkinkan masyarakat dapat memperoleh layanan online selayaknya layanan yang biasa mereka terima secara offline.

Menyadari pentingnya transformasi digital dalam bidang pemerintahan, Widya Analytic telah menyediakan layanan yang dapat membantu instansi pemerintah dalam mewujudkan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

Nah, setelah mengetahui bagaimana peran Widya Analytic dalam mendorong transformasi digital, sekarang saya akan beri tahu kamu produk dan layanan apa saja yang dimiliki oleh Widya Analytic.


 Produk dan Layanan Widya Analytic

Widya Analytic memiliki 1 produk yaitu Toba.AI dan 4 layanan yang terdiri dari, Toba Data, Toba Algo, Toba Apps dan Toba Labs. Biar lebih mudah memahami, mari kita bahas 4 layanan yang ditawarkan oleh Widya Analytic terlebih dahulu.

4 Layanan Widya Analytic


Toba Data 

Layanan Toba Data memiliki sistem kerja dengan menggabungkan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda kemudian dijadikan dalam satu himpunan data. Dengan layanan ini kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk mendapatkan, mengolah, dan membaca data secara manual. 6 layanan yang akan kamu dapatkan dari Toba Data yaitu data crawling, data cleansing, data analytic, twitter monitoring, data visualisasi, dan data labelling.

Perihal kualitasnya kamu tidak perlu khawatir karena Widya Analytic memiliki tim profesional dan sudah berpengalaman selama 7 tahun. Proses pengolahan datanya pun sudah menggunakan teknologi AI sehingga dapat meminimalisir terjadinya error. 

Layanan Toba Data ini cocok untuk Peneliti, Dosen, Akademisi, Mahasiswa, Pengusaha, Politisi, maupun semua profesi yang membutuhkan data dan pengolahan data. Beberapa penggunanya seperti Pertamina Hulu Energi dan Pusat Study Energy UGM.


Toba Algo

Toba Algo merupakan layanan pengembangan algoritma berbasis kecerdasan buatan. Layanan ini berfokus pada Natural Language Processing (NLP) yaitu cabang dari kecerdasan buatan dan sistem rekomendasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kegunaan dari algoritma ini adalah sebagai mesin dari suatu aplikasi atau sistem yang terintegrasi. Beberapa pengguna layanan Toba Algo seperti PT. Esensi Solusi Buana dan Kemendikbud RI.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang layanan Toba Algo kamu akan dihubungkan langsung dengan tim Widya Analytic melalui aplikasi WhatsApp. 


Toba Apps 

Toba Apps merupakan layanan pengembangan aplikasi untuk web dan seluler. Toba Apps memberikan pilihan untuk menggunakan kerangka kerja aplikasi dan teknologi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

Selain itu, layanan yang satu ini juga melayani pengembangan sistem dan integrasi data untuk berbagai use case dengan menggunakan berbagai metode dan platform seperti Data Warehouse berbasis SQL, NoSQL, Big Data, ataupun sistem integrasi klasik. Adapun beberapa penggunanya seperti Widya Herbal dan Bank Papua.

Dan sama seperti Toba Algo, untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang layanan ini kamu akan dihubungkan langsung dengan tim Widya Analytic melalui aplikasi WhatsApp. 


Toba Labs 

Terakhir ada Toba Labs, yaitu layanan yang menerima konsultasi, kolaborasi dan pelatihan. Toba Labs siap menjadi partner bagi perusahaan, pemerintahan maupun akademisi. Layanan ini berfokus pada pengembangan AI berbasis NLP, sistem rekomendasi, big data dan analisis data.

Adapun kelebihan dari Toba Apps yaitu service dapat disesuaikan dengan kebutuhan instansi dan dapat dilakukan sesuai kondisi lapangan baik online maupun offline. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa kamu telah menguasai kompetensi tertentu.

Saat ini Toba Labs telah menerima sebanyak 137 konsultasi teknologi dan pelatihan serta dipercaya oleh 224 instansi.

 

Layanan yang ditawarkan oleh Widya Analytic di atas diharapkan mampu mengoptimalkan proses transformasi digital untuk mengembangkan sebuah bisnis maupun sektor pemerintahan.

Selain empat layanan tersebut, Widya Analytic memiliki 1 produk teknologi bernama Toba.AI yang dapat digunakan untuk memonitoring sosial media Twitter dan Instagram bisnis kamu.

Kenapa hal ini menjadi penting, karena sosial media utamanya Instagram merupakan sarana yang paling tepat untuk melakukan promosi secara digital. Instagram menjadi alat jejaring sosial yang paling banyak memiliki pengguna aktif dan jangkauan terluas.


Analisis Sosial Media dengan Toba.AI untuk Wujudkan Bisnis Go Digital

Toba.AI mampu memberikan analisis mendalam terkait performa sosial media. Saat ini Toba.AI dapat memonitoring 2 platform sosial media yaitu Instagram dan Twitter. Untuk mengoptimalkan perannya dalam membantu pelaku usaha, pada tahun 2022 ini Toba.AI juga akan mengembangkan sistem analisisnya pada platform sosial media Tiktok.

Toba.AI memiliki kemampuan untuk mengukur, menganalisis dan membuat strategi berdasarkan data yang diperoleh dari akun sosial media kamu, khususnya Instagram. Hadirnya Toba.AI ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha ataupun kreator dalam menjangkau audience mereka.

Biaya berlangganan Toba.AI sangat bersahabat. Mulai dari Rp. 120.000 kamu sudah bisa mendapatkan beragam kemudahan dan keuntungan. Semakin tinggi durasi langganan yang kamu pilih, maka akan semakin murah pula biaya langganan yang Widya Analytic tawarkan. Dan kabar baiknya, layanan Toba.AI juga dapat dicoba secara trial selama 30 hari.

Biaya berlangganan Toba.AI

Adapun kemudahan yang ditawarkan Toba.AI meliputi cek kompetitor, engagement per hashtag, monitoring audience, insight permedia, dan waktu followers aktif.

Berikut ini saya bagikan langkah-langkah penggunaan Toba.AI untuk memberikan gambaran dan memudahkan kamu dalam memahami bagaimana Toba.AI dapat menganalisis performa Instagram secara akurat dan mendalam.


Langkah Pendaftaran

1. Buka website Toba.AI (https://toba.ai/)

2. Lengkapi formulir pendaftaran. Pastikan data yang kamu input valid dan benar. Jika sudah centang pernyataan persetujuan lalu klik “Daftar.”

3. Cek email untuk memverifikasi akun kamu dan lakukan konfirmasi untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Langkah pendaftaran

Catatan: untuk berlangganan Toba.AI silahkan memilih durasi yang kamu inginkan atau mencoba versi trial terlebih dahulu.

Langkah Menghubungkan Akun Instagram ke Toba.AI

Untuk memudahkan proses, sebelum menghubungkan akun Instagram ke Toba.AI sebaiknya pastikan terlebih dahulu akun Instagram dan halaman Facebook kamu sudah terhubung. Caranya bisa kamu lihat di sini.

Adapun langkah-langkah menghubungkan akun Instagram dan Toba.AI sebagai berikut:

1. Masuk ke akun Facebook yang terhubung dengan akun Instagram bisnis kamu.

2. Centang semua akun Instagram kamu, jika sudah klik “Selanjutnya.”

3. Centang semua halaman Facebook kamu, jika sudah klik “Selanjutnya.”

4. Pastikan semua pengaturan ada pada posisi “Ya” lalu klik “Selesai.”

5. Pilih akun Instagram yang ingin kamu hubungkan ke Toba.AI kemudian klik “Hubungkan.”

6. Tunggu beberapa saat sampai muncul pesan berhasil.

Langkah menghubungkan akun Instagram ke Toba.AI

Catatan: Toba.AI memberikan langkah-langkah menghubungkan akun Instagram ke Toba.AI. Pahami dan cermati langkah-langkah tersebut supaya tidak melakukan kesalahan yang mengharuskan kamu mengulang dari awal.

Penggunaan Toba.AI

Setelah menyelesaikan pendaftaran dan menghubungkan akun sosial media ke Toba.AI, sekarang kamu bisa menikmati semua fasilitas dan layanan yang tersedia di Toba.AI.


Cek Kompetitor 

Cek kompetitor

Untuk menggunakan layanan ini kamu tinggal memasukkan username dari akun kompetitor. Dalam versi trial kamu bisa membandingkan akun Instagram milikmu dengan 1 akun kompetitor. Jika ingin membandingkan dengan lebih dari 1 akun kompetitor, kamu harus melakukan upgrade Toba.AI terlebih dahulu.

Analisis data yang dapat kamu peroleh dari layanan ini yaitu mengetahui performa akun, top konten, dan top hashtag dari akun kompetitor. Informasi ini dapat kamu gunakan sebagai acuan untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas kedepannya.


Engagement Per Hashtag 

Engagement per hastag

Engagement Per Hashtag menunjukkan angka engagement dari semua hashtag yang kamu pakai pada postingan di akun Instagram milikmu. Melalui layanan ini kamu dapat mengetahui bagaimana performa hashtag mulai dari total engagement, media yang memakai hingga engagement per media. Dengan mengetahui hashtag yang paling berpengaruh, ke depannya kamu akan lebih mudah terhubung dengan target audience.


Monitoring Audience 

Monitoring audience

Monitoring Audience menampilkan informasi detail tentang followers kamu di Instagram. Layanan ini memungkinkan kamu mengetahui siapa saja pengikut di Instagram, lokasi followers, grafik umur dan gender followers. Semua informasi ini bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk membuat strategi supaya konten yang kamu buat lebih banyak disukai.


Insight Permedia 

Insight permedia

Insight Permedia menunjukkan semua media akun Instagram kamu dengan metrik like, comment, reach, impression, dan saved dalam satu tampilan. Dengan layanan ini kamu dapat menganalisis performa dari masing-masing konten yang kamu upload di Instagram.


Waktu Followers Aktif 

Waktu followers aktif

Menariknya Toba.AI juga dapat memberikan informasi kapan saja followers kamu mengakses Instagram. Data bisa ditampilkan dalam satu hari maupun satu pekan. Kamu bisa melihat kapan puncak keramaian followers kamu di Instagram. Berdasarkan data yang dihimpun tersebut, layanan ini mampu memberikan informasi kapan waktu posting terbaik kamu.

 

Data yang ditampilkan dalam Toba.AI dapat kamu unduh dalam format CSV dan XLSX.  Jika ada hal-hal yang tidak kamu mengerti atau mengalami kendala tertentu, kamu dapat terhubung langsung dengan tim Toba.AI melalui WhatsApp. Fitur WhatsApp ini dapat kamu temukan di pojok kanan bawah pada layar monitormu.

Itulah beberapa keuntungan dan kemudahan yang diberikan oleh Toba.AI. Dengan informasi tersebut, tentu saja kamu bisa mengoptimalkan proses pemasaran dan meningkatkan produk penjualan sebagai upaya untuk mempercepat perkembangan bisnis yang kamu miliki.


Akhir Kata 

Perubahan kebiasaan dari konvensional menjadi digital menawarkan banyak kemudahan tetapi juga menghadirkan sejumlah tantangan yang tidak mudah. Namun, hadirnya Widya Analytic mampu mengikis tantangan tersebut hingga tak lagi menjadi persoalan.

Kamu bisa mengaplikasikan produk dan layanan dari Widya Analytic seperti Toba.AI untuk mengoptimalkan proses pemasaran. Melalui teknologi digital berbasis data ini, akan membantu kamu dalam membuat keputusan dan  menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis sekaligus percepatan transformasi digital.

Dan dalam tulisan ini saya telah memberikan gambaran bagaimana Toba.AI mampu menganalisis performa sosial media secara akurat dan mendalam. So, sekarang giliran kamu untuk mencobanya. 


Sosial Media Widya Analytic




Referensi: 

  1. Pengalaman pribadi
  2. Website resmi Widya Analytic (https://widyaanalytic.com/)
  3. Website resmi Widya Analytic transformasi digital (https://widyaanalytic.com/transformasi-digital/)
  4. Website resmi Toba.AI (https://toba.ai/)
  5. Perkembangan revolusi industri 1.0 sampai 4.0 (https://sasanadigital.com/mengintip-perkembangan-revolusi-industri-mulai-era-1-0-sampai-4-0/)
  6. Big Data dan AI (https://www.ekrut.com/media/masa-depan-dunia-digital-di-tangan-ai-dan-big-data)