Jan 18, 2022

,

Siap Menjadi Lifelong Learner Bersama Arkademi


“Kenapa kamu ingin cepat lulus kuliah?”

Sebenarnya ada banyak jawaban untuk satu pertanyaan di atas. Namun ketika ditanya demikian saya memilih menjawab dengan 2 alasan paling sederhana:

“Agar cepat bebas dari tugas-tugas perkuliahan dan tidak membebani orang tua dengan biaya pendidikan.”

 

Berbeda dengan sekolah yang mana rentang waktu kelulusannya sudah ditentukan, pada kuliah cepat lambatnya kelulusan bergantung pada seberapa disiplin kita dalam mengikuti proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas akhir skripsi. Semakin cepat kita menunaikan kewajiban kuliah, maka akan semakin besar pula peluang kita dapat lulus tepat waktu atau bahkan lebih cepat dari rata-rata mahasiswa lainnya.

Namun, rupanya moment kelulusan kuliah bisa menjadi kebahagiaan juga kekhawatiran di saat yang sama ketika muncul pertanyaan berikutnya:

“Setelah lulus kuliah mau buka usaha sendiri atau kerja nih?”

Well, untuk pertanyaan yang satu ini saya butuh waktu berpikir lebih lama daripada menjawab pertanyaan ketika sidang skripsi. Sebab, keduanya sama-sama membutuhkan skill yang harus dikuasai. Namun, bagi saya apapun pilihannya yang terpenting adalah bidang yang ditekuni harus relevan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.

 

Relevansi antara Skill dengan Kebutuhan Dunia Kerja

Berwirausaha atau kerja adalah pilihan yang sama-sama menantang dan harus diputuskan dengan penuh pertimbangan. Umumnya banyak orang yang kemudian memilih bekerja dulu untuk mengumpulkan modal sekaligus memperdalam pengetahuan tentang dunia usaha. Selain modal berwirausaha, mereka juga harus menyisihkan uang agar bisa memiliki beragam aset investasi untuk menjamin masa depan.

Namun, mencari pekerjaan juga bukanlah hal mudah. Melamar pekerjaan harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan ketekunan. Mulai dari mengirim surat lamaran hingga mengikuti proses recruitment dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Lebih baik capek kerja daripada capek cari kerja adalah kutipan yang sering saya temui di media sosial. Ada ratusan bahkan ribuan orang saling berkompetisi melamar pekerjaan dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari tamatan SMA/SMK, S1 hingga S2. Bahkan jumlah pelamar yang datang untuk mengisi 1 kursi jabatan bisa mencapai ratusan orang.


Untuk menduduki jabatan yang dibutuhkan para pelamar harus melewati proses recruitment yang sangat ketat. Sebab yang akan didapuk sebagai karyawan adalah orang yang memiliki kualifikasi paling sesuai dengan standarisasi yang dibutuhkan perusahaan.

Saat ini ijazah hanya sebagai pelengkap persyaratan administrasi. Sekalipun memiliki ijazah tinggi tidak menjamin seseorang akan langsung diterima di perusahaan tempatnya melamar pekerjaan, karena skill dan pengalaman kerja yang dimiliki pelamar juga turut menjadi pertimbangan utama selama proses perekrutan.

Seperti yang kita tahu, di abad ke-21 skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja semakin kompleks. Para calon tenaga kerja harus mampu membekali diri dengan berbagai soft skill dan hard skill karena recruiter tentunya akan memilih kandidat terbaik untuk mengisi kekosongan jabatan di perusahaannya.

Hal ini juga berlaku bagi orang-orang yang telah bekerja seperti saya untuk terus meng-upgrade pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Sebab, jika tidak maka saya tidak akan mampu menyelesaikan tugas-tugas dan menghadapi berbagai problematika dalam dunia kerja yang semakin kompleks.

Lalu adakah cara memperoleh dan meningkatkan skill dengan mudah?


Mudahnya Memperoleh dan Meningkatkan Skill melalui 3 Cara Ini

Istilah belajar sepanjang hayat atau lifelong learning pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kan?

Istilah tersebut mengindikasikan bahwa seseorang harus mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya secara terus menerus tanpa mengenal usia

Dengan upgrade pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki akan membuka peluang lebih besar untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Sebaliknya, enggan upgrade kemampuan diri bisa membuat seseorang kalah saing atau bahkan tersingkirkan.

Nah, untuk kamu calon tenaga kerja ataupun telah bekerja, kamu bisa lakukan strategi berikut ini guna menambah dan meningkatkan skill yang ingin kamu kuasai.



Belajar Secara Otodidak

Otodidak menjadi salah satu cara belajar yang paling mudah karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Belajar otodidak dilakukan secara mandiri, artinya kita mempelajari segala sesuatunya sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Berhasil atau tidak ditentukan oleh seberapa disiplin dan konsistensi kita dalam prosesnya. Belajar otodidak bisa diperoleh melalui berbagai macam sumber seperti buku, jurnal, youtube ataupun media lainnya.



Belajar dari Orang Lain

Sebagai makhluk sosial kita saling membutuhkan satu sama lain. Dalam hal ini orang lain bisa menjadi guru atau mentor yang dapat membimbing dan mengarahkan kita untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik. Kita bisa belajar dari teman, senior, atau bergabung dengan komunitas yang memiliki ketertarikan di bidang yang sama. Misalnya kamu tertarik dengan dunia usaha, maka bergabunglah dalam komunitas bisnis. Begitupun ketika kamu ingin belajar investasi maka bergabunglah dengan komunitas investor untuk menambah wawasan dan pengetahuanmu.  Berkumpul dengan orang-orang dalam satu komunitas bisa menjadi sarana untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman satu sama lain.



Mengikuti Kursus dan Pelatihan

Mengikuti kursus dan pelatihan adalah cara terbaik untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan baik hard skill maupun soft skill. Selain belajar langsung dari ahlinya, dengan mengikuti kursus dan pelatihan kita juga akan memperoleh sertifikat yang dapat dipergunakan sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan maupun naik ke jenjang karir yang lebih tinggi bagi yang telah bekerja.

Sertifikat merupakan bukti bahwa seseorang benar-benar memiliki keahlian di bidang tertentu. Sebab meski sudah tertulis dalam CV, umumnya perusahaan akan tetap meminta pelamar untuk melampirkan sertifikat yang dimiliki.

Seperti halnya ketika seseorang mendaftar beasiswa keluar negeri, meski mahir berbahasa inggris namun tetap membutuhkan sertifikat TOEFL dan IELTS dengan skor yang mumpuni. Hal demikian pun berlaku dalam dunia kerja, baik ketika ingin melamar pekerjaan maupun naik ke jenjang karir yang lebih tinggi, kita membutuhkan sertifikat keahlian atas bidang yang dikuasai.


“Tapi pandemi Covid-19 masih belum berakhir, saya tidak bisa menghadiri kursus dan pelatihan apapun. Apalagi tempat tinggal saya jauh dari kota.”

 

Tenang, saat ini sudah tersedia berbagai program kursus maupun pelatihan yang ditawarkan secara online, yang tentunya bisa diakses hanya dengan bermodalkan ponsel dan koneksi internet. Hal berikutnya yang perlu kamu pikirkan hanyalah memilih platform Belajar Online terbaik sebagai tempat untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan tersebut

Namun, jika sekarang kamu bingung menentukan pilihan di mana harus mengikuti kursus dan pelatihan yang tepat, saya akan mengenalkan kamu dengan salah satu platform online learning terbaik yaitu Arkademi.

So, silahkan simak penjelasan saya sampai akhir.


Berkembang Bersama Arkademi



Arkademi adalah aplikasi Kursus Online bersertifikat yang dibangun dengan visi membantu tenaga kerja Indonesia  untuk meningkatkan daya saing dan kesejahteraannya.

Arkademi sebagai solusi untuk pemerataan kualitas SDM di Indonesia. 

Seperti yang kita tahu, sebagian besar tenaga kerja Indonesia masih berpenghasilan di bawah rata-rata, yaitu kurang dari 300 US dollar. Hadirnya Arkademi diharapkan mampu meningkatkan keterampilan mereka agar dapat memiliki kemajuan karir atau pekerjaan yang lebih baik sehingga pendapatan mereka bisa jauh lebih tinggi.

Arkademi menyediakan beragam Kursus Sertifikasi dengan biaya terjangkau yang bisa diakses secara online tanpa terikat waktu dan tempat. Artinya kita dapat mengikuti kursus online di mana saja dan kapan saja tanpa harus mengesampingkan aktivitas utama.

Saat ini Arkademi telah bermitra dengan lebih dari 100 sekolah, pusat latihan berlisensi, dan lembaga sertifikasi profesional. Arkademi berkomitmen membantu 130 juta pekerja Indonesia memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh dunia kerja agar mampu bersaing dan membawa mereka pada puncak kesuksesan.


Beragam Kursus yang Tersedia di Arkademi

Konsep pembelajaran berkelanjutan ditekankan untuk mengejar industri 4.0 dan meningkatkan daya saing. Menjawab tantangan ini, Arkademi sebagai aplikasi online learning terbaik telah menyediakan beragam #KursusOnline bersertifikat melalui video pembelajaran dan disampaikan oleh instruktur profesional yang memiliki pengalaman di bidang masing-masing.

Untuk menjelajahi ratusan kelas dengan mudah kamu bisa menginstal aplikasi Arkademi melalui playstore bagi pengguna android dan appstore (segera) bagi pengguna IOS.


Keuangan

Tersedia beragam kursus yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan secara terorganisir, mulai dari ilmu yang paling dasar hingga tingkat tinggi. Dengan mengikuti kelas ini akan mempercepat pemahaman kita tentang keterampilan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan sehingga dapat meningkatkan kinerja lebih baik yang pastinya akan berdampak positif bagi diri sendiri maupun perusahaan.


Kewirausahaan

Kursus ini menekankan pengembangan keterampilan bagi seseorang yang tertarik untuk menjadi wirausahawan. Beragam kelas yang tersedia akan membantu para pelaku usaha baik pemula, UMKM, maupun wirausahawan yang ingin mengembangkan bisnisnya. Dengan mengikuti kursus kewirausahaan kita akan menjadi relevan dengan karir sebagai wirausaha sehingga mahir dalam membuat perencanaan atau strategi yang tepat ketika berbisnis.


Pemasaran

Kursus pemasaran di Arkademi mengajarkan banyak hal berkaitan dengan dunia marketing atau pemasaran. Melalui kelas ini kita akan memperoleh pengetahuan tentang bagaimana menyusun strategi pemasaran dengan baik. Saat ini peluang karir sebagai marketing sangat menjanjikan, sebab pemasaran dibutuhkan dalam semua bisnis kecil maupun besar. Jika kamu tertarik untuk memulai karir menjadi marketing maka jangan sia-siakan waktu. Ayo belajar dari sekarang.


Jurnalistik

Di era teknologi seperti saat ini, jurnalistik telah memberikan kontribusi yang begitu besar kepada media massa dan masyarakat. Menjadi seorang jurnalis harus siap belajar secara berkelanjutan. Jika kamu seorang jurnalis atau tertarik menjadi seorang jurnalis kamu bisa mengikuti kursus online yang tersedia di Arkademi untuk meningkatkan keterampilan agar selalu siap jika dihadapkan dengan segala situasi.


Digital Marketing

Keterampilan digital marketing semakin dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi. Media digital menjadi alat utama dalam hal pemasaran barang dan jasa. Melalui kursus digital marketing di Arkademi kamu akan memperoleh keterampilan mulai dari menyusun perencanaan hingga mengaplikasikan pemasaran produk atau jasa agar dikenal secara luas dan dapat meningkatkan penjualan secara optimal.


Teknologi

Di era abad ke-21 segala sesuatunya tidak bisa lepas dari teknologi. Ketika melamar pekerjaan atau naik ke jenjang karir yang lebih tinggi selalu mensyaratkan penguasaan teknologi. Melihat tantangan ini, Arkademi berinisiatif menghadirkan beragam kursus yang dapat diikuti untuk meningkatkan keterampilan di bidang teknologi. Beberapa kursus yang tersedia seperti mengelola perangkat keras komputer, membuat website, membuat landing page dan masih banyak lagi.


Pengembangan Diri

Tidak hanya seputar ekonomi dan teknologi, Arkademi juga menyediakan kursus pengembangan diri. Ini memberikan kesempatan bagi kita untuk dapat mengekspresikan diri sesuai dengan minat, bakat dan potensi yang dimiliki. Beberapa kursus menarik yang tersedia di Arkademi seperti menerapkan quantum success, manajemen stress, creative dan critical thinking dan masih banyak lagi.


Korporat

Memiliki pengetahuan yang berkaitan dengan prosedur kerja dan ketentuan dalam perusahaan menjadi amat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif sekaligus menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. Salah satu kelas korporat yang populer di Arkademi yaitu MPM Rent Driver Development Program. Ini merupakan kelas kompetensi yang bertujuan untuk mentransformasikan diri menjadi driver profesional.


Prakerja

Menariknya Arkademi juga terhubung langsung dengan program pengembangan kompetensi kerja yang diselenggarakan pemerintah yaitu Program Kartu Prakerja. Jadi, apabila kamu merupakan salah satu penerima Kartu Prakerja kamu bisa menggunakan kupon Kartu Prakerja untuk mengikuti kursus online di Arkademi melalui 6 langkah berikut ini.

  1. Beli kupon pelatihan Prakerja Arkademi di digital platform/marketplace prakerja di antaranya: Tokopedia, Bukalapak, Sekolahmu, MauBelajarApa, dan Pintaria.
  2. Buat akun di Arkademi dengan mengisi nama lengkap yang akan ditampilkan di sertifikat elektronik. Pastikan data yang kamu masukkan valid dan benar.
  3. Validasi dan gunakan kupon #PelatihanPrakerja yang sudah kamu peroleh dari marketplace untuk mulai mengikuti pelatihan
  4. Mulai belajar di dalam kelas yang di selenggarakan secara online.
  5. Ikuti dan selesaikan pelatihan online hingga tuntas denga menyelesaikan semua seri ajar, pre-test, dan post-test.
  6. Dapatkan sertifikat elektronik setelah lulus pelatihan. Arkademi akan melaporkan sertifikat ke PMO Prakerja maksimal 2 hari kerja.





Siap Menjadi Lifelong Learner Bersama Arkademi

Ketika mendengar kata “belajar” di benak sebagian orang akan terlintas beberapa gambaran aktivitas yang melelahkan dan membosankan. Maka tak heran jika banyak di antara kita yang kemudian ingin segera mengakhiri proses pendidikan agar bisa segera terbebas dari tugas-tugas yang menumpuk.

Lalu apakah setelah berhasil menyelesaikan pendidikan kemudian bekerja artinya kita terbebas dari tugas-tugas yang dirasa melelahkan tadi?

Tentu saja tidak. Faktanya tugas pekerjaan jauh lebih melelahkan jika dibandingkan dengan tugas yang dihadapi oleh pelajar dan mahasiswa. Terlebih jika kita menduduki posisi penting di sebuah perusahaan. Untuk mempertahankan posisi atau ingin memiliki jenjang karir yang lebih tinggi kita harus melalui proses belajar dan evaluasi secara berkelanjutan.

Di sinilah Arkademi hadir sebagai partner yang dapat membantu para tenaga kerja meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya untuk mencapai kemajuan karir yang diinginkan. Arkademi berkomitmen membantu tenaga kerja Indonesia dalam peningkatan karir dan hasil kerja yang lebih baik dengan mendemokritkan akses ke pembelajaran berkelanjutan menyesuaikan dengan keilmuan dan teknologi yang terus berkembang seiring waktu.

Dengan mempelajari berbagai keterampilan di #Arkademi kita akan mampu melalui perubahan-perubahan yang terjadi. Karena hanya melalui belajarlah, segala perubahan yang terasa sulit dapat kita manfaatkan menjadi peluang baru yang menguntungkan. Kehadiran Arkademi membuat kunci keberhasilan berpindah dalam genggaman.

So, sudah siapkah kamu menjadi yang terbaik?






Referensi:
1. Pengalaman pribadi
2. Website resmi Arkademi (https://arkademi.com)
3. Aplikasi Arkademi.