Sep 30, 2022

, ,

Melejitkan Bisnis Online Kak Lisa Melalui Blog Bersama Ardhosting





***

Sering nggak sih kamu mendengar pernyataan bahwa hidup ini penuh dengan kompetisi?
Di mana seolah kamu dituntut untuk terus berkompetisi dengan orang lain.

Misalnya aja, saat masih sekolah kamu dituntut untuk belajar keras dan dapat nilai memuaskan supaya nantinya lebih mudah untuk diterima di jurusan dan kampus favorit.

Dan kalau ternyata nggak lolos seleksi SNMPTN nih, ya mau nggak mau kamu harus berusaha daftar kuliah lewat jalur SBMPTN atau SMMPTN yang notabenenya jauh lebih mahal.

Lanjut, ketika daftar kerja kamu juga harus mengalahkan orang lain untuk bisa mengisi jabatan kosong di perusahaan tempat kamu melamar.

Saking ketatnya persaingan, nggak jarang akhirnya banyak yang memutuskan untuk bangun bisnis sendiri.

Eitts…. tapi bukan berarti pilihan membangun bisnis akan membuat kamu terbebas dari lingkaran kompetisi ya!

Karena yang sebenarnya terjadi adalah kamu hanya sedang berpindah dari satu lingkaran ke lingkaran lainnya.

So, sampai di sini aku berani berargumen bahwa at some point  hidup memang layaknya sebuah kompetisi.

Lalu, sekarang yang jadi pertanyaan adalah… sampai kapan kita harus terus berkompetisi?

Jawabannya tergantung. Tergantung kamu ingin menjalani hidup seperti apa, tujuan hidup kamu apa, atau cita-cita kamu apa.

Kalau kamu terlalu capek untuk berkompetisi, kamu bisa mengambil pilihan hidup yang nggak ada pembandingnya atau pesaingnya.

Tapi… beda lagi kalau kamu punya cita-cita ingin memiliki sebuah bisnis, maka kamu harus bersiap menghadapi yang namanya persaingan bisnis.

Persaingan bisnis (sumber: infografis pribadi)

Untuk menjadi seorang pemenang, tentu saja dibutuhkan sejumlah langkah strategis. Salah satu yang sangat penting yaitu strategi marketing.

Kenapa strategi marketing penting? Karena setiap pebisnis tentunya ingin produknya dikenal oleh banyak orang. Semakin produk dikenal, semakin besar pula kemungkinan produk tersebut dapat laku di pasaran.

Nah, untuk itu di artikel kali ini aku akan membahas mengenai bagaimana memaksimalkan proses marketing atau pemasaran di era digital melalui blog.

Kebetulan aku memiliki seorang teman yang mengolah dua bisnis online sekaligus. Selama ini dia hanya memasarkan produknya lewat sosial media. Kira-kira gimana jadinya ya kalau bisnis yang dia kelola juga dipasarkan melalui blog?

Yuk disimak!

Kenalan dengan Bisnis Online Kak Lisa Dulu

Sebelum membahas lebih lanjut, aku ingin mengenalkan seorang temanku yang bernama Lisa. Kamu bisa memanggilnya Kak Lisa. Aku mengenalnya karena kami sama-sama berkuliah di jurusan Ilmu Pendidikan.

Saat ini selain berprofesi sebagai guru, Kak Lisa sibuk mengolah bisnis online. Nggak tanggung-tanggung, Kak Lisa bahkan mengolah dua bisnis online sekaligus lho!

Pertama, toko skincare Scarlet Balikpapan yang merupakan reseller resmi Scarlett Whitening By Felicya Angelista. Toko online ini mulai dijalankan awal tahun 2020, ketika sedang gencar-gencarnya serangan virus Covid-19.

Di toko online ini Kak Lisa menjual aneka produk kecantikan dari brand Scarlett mulai dari hand body, serum, lulur dan lain sebagainya.

Kedua, toko kue Be Ohcake yang dibangun pada tahun 2021, menjual brownis, lekker, puding, bolu dan pie. Pembeli bisa request ukuran dan toping sesuai selera. Harganya pun sangat terjangkau, namun rasa dijamin tidak mengecewakan.

 

Nah, dua toko online ini hanya Kak Lisa jalankan dari rumahnya yang berlokasi di Lamaru, Balikpapan. Awalnya pelanggan datang dari teman-teman terdekat, namun seiring waktu, bisnis Kak Lisa terus berkembang hingga produk-produknya kini telah dikirim ke berbagai daerah.

Produk Kak Lisa dikirim ke berbagai daerah (sumber: tangkapan layar)

Keberhasilan toko online yang Kak Lisa jalankan tersebut tentu saja tidak diraih secara instan, melainkan membutuhkan serangkaian upaya agar produk yang dijual dapat bersaing di pasaran.

Upaya Kak Lisa Melejitkan Bisnisnya di Pasaran

Kak Lisa memulai bisnisnya pada saat pandemi masih santer dibicarakan. Ada berbagai upaya yang Kak Lisa lakukan untuk mencapai titik di mana bisnis online yang Kak Lisa jalankan bisa didirikan dan terus berkembang hingga saat ini.

Terlebih aku menjumpai ada banyak sekali toko online maupun offline yang menjual produk serupa toko Scarlett Balikpapan dan Be Ohcake milik Kak Lisa.

Namun, serangkaian upaya yang Kak Lisa lakukan ini membuat bisnisnya mampu bertarung menghadapi ketatnya persaingan pasar. Upaya-upaya itu di antaranya:

1. Menciptakan Produk dengan Kualitas Dua Jempol

Bagi Kak Lisa kualitas produk adalah elemen utama untuk memenangkan persaingan. Dengan kualitas produk yang baik, pelanggan akan merasa puas terhadap produk yang mereka beli. Ketika pelanggan merasa puas maka pelanggan akan loyal dan akan melakukan pembelian ulang.

Kualitas produk ini senantiasa Kak Lisa jaga untuk mempertahankan bisnisnya di tengah sengitnya persaingan pasar.

Kak Lisa juga selalu menerima masukan-masukan dari pelanggannya untuk kemudian dijadikan evaluasi. Sehingga Kak Lisa benar-benar memahami definisi kualitas produk seperti apa yang dibilang baik.

2. Menentukan Harga yang Tepat dan Bersahabat

Di samping kualitas produknya, Kak Lisa juga selalu mengedepankan harga yang tepat dan bersahabat. Artinya harga dari produk-produk yang Kak Lisa jual tidak hanya memikirkan untung semata, tetapi juga pas di kantong para pelanggannya.

Selain itu, kedua bisnis Kak Lisa juga dijalankan secara online, sehingga tidak ada beban pengeluaran untuk sewa toko. Alhasil, harga jual untuk tiap-tiap produknya bisa dijangkau oleh semua kalangan, baik pelajar maupun pekerja.

3. Optimalkan Promosi Melalui Media Sosial

Awalnya Kak Lisa hanya mempromosikan produk yang ia jual melalui media sosial pribadinya. Lalu, seiring mengalami kemajuan, akhirnya Kak Lisa memutuskan membuat akun Instagram bisnis untuk masing-masing toko online-nya yang diberi nama @scarlett_balikpapan dan @be_ohcake.

Banyak sekali cara yang Kak Lisa gunakan untuk mempromosikan produk-produk yang ia jual. Kak Lisa tidak hanya memposting foto dan video produk, tetapi juga testimoni dari para pelanggannya, sehingga pelanggan baru yang singgah ke toko online-nya seketika tahu bahwa toko online Kak Lisa memiliki kredibilitas yang baik.

Tak lupa Kak Lisa juga memanfaatkan fitur-fitur menarik dari aplikasi Instagram seperti membuat stories, sorotan dan hashtag.

 

Namun, di tengah kemajuan bisnisnya saat ini, Kak Lisa juga disibukkan dengan aktivitas mengajar. Hal inilah yang terkadang membuat Kak Lisa tidak bisa selalu dalam mode fast respons jika ada yang bertanya-tanya mengenai informasi produknya.

Dan karena itulah aku kemudian memperkenalkan Kak Lisa pada strategi promosi terbaru di era digital yang murah, efektif dan efisien yaitu melalui blog. Pelanggan bisa mengetahui detail informasi produk tanpa harus bertanya secara langsung melalui pesan singkat (chat).

Kebetulan saat ini aku juga mengelola sebuah blog. Aku mengungkapkan beberapa alasan kenapa sebaiknya Kak Lisa memanfaatkan blog untuk aktivitas promosi selain media sosial.

Alasan Pentingnya Memiliki Blog untuk Bisnis Online

Blog merupakan sebuah halaman web yang bisa menyediakan sebuah informasi mengenai merek ataupun produk. Walaupun demikian, ide blog bisnis ini masih sangat sedikit diterapkan di Indonesia.

Sebenarnya Kak Lisa sudah memiliki ketertarikan mengenai blog setelah membaca beberapa artikel yang aku posting di blog. Namun, karena Kak Lisa masih ragu-ragu untuk membuat blog bisnis, akhirnya aku secara khusus menyampaikan beberapa alasan kenapa blog penting untuk bisnis online yang Kak Lisa jalankan.

Pentingnya memiliki blog (sumber: infografis pribadi)


1. Mengenalkan produk

Blog berbeda dengan sebuah toko yang memiliki jam tutup dan buka. Dengan blog semua orang bisa berkunjung untuk mendapatkan informasi produk Kak Lisa dari mana pun dan kapan pun.

Dalam sebuah blog, Kak Lisa bisa menambahkan segala informasi mengenai produk-produk yang Kak Lisa jual. Sehingga Kak Lisa tidak akan terlalu banyak menjawab pertanyaan berulang soal produk-produk tersebut, karena pelanggan tinggal mengakses detail informasi yang mereka butuhkan melalui blog.

2. Menarik lebih banyak pelanggan

Melalui blog, Kak Lisa bisa membuat konten edukatif sekaligus informatif yang dapat menarik rasa penasaran pelanggan untuk berkunjung ke blog bisnis Kak Lisa. 

Lalu jika mereka merasa konten yang Kak Lisa suguhkan menarik dan bermanfaat, maka mereka dengan sukarela akan membagikan tulisan Kak Lisa ke media sosial. Pelanggan-pelanggan baru pun akan datang dengan sendirinya.

3. Meningkatkan kredibilitas

Meningkatkan kredibilitas bisnis lewat blog sangat patut untuk dicoba. Dengan meletakkan konten berkualitas di blog, Kak Lisa bisa memberikan gambaran kepada pelanggan kenapa toko online miliknya jauh lebih unggul.

Ulasan ini akan membuat pelanggan memiliki pengetahuan lebih dan semakin merasa tertarik, sehingga sebuah kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Kak Lisa akan terbentuk dengan sendirinya.

4. Membidik pelanggan potensial

Di era digital ini, banyak orang yang lebih menyukai cara promosi secara halus atau soft-selling. Di beberapa kesempatan mungkin kita pernah tidak sadar bahwa konten yang sedang kita nikmati adalah sebuah iklan.

Nah, dari sini Kak Lisa bisa membuat sebuah konten di blog yang mengandung kombinasi soft sell dan hard sell secara apik.

Misalnya isi konten diawali dengan memberikan informasi bermanfaat bagi pelanggan-pelanggannya. Baru kemudian Kak Lisa bisa menjelaskan manfaat dan kelebihan dari produk yang Kak Lisa jual.

5. Investasi di masa mendatang

Konten-konten yang Kak Lisa tulis di blog tentu tidak hanya berguna pada hari itu saja, tetapi untuk jangka waktu yang sangat panjang. Dengan membuat konten artikel semenarik mungkin, maka konten-konten tersebut akan dicari secara terus-menerus.

Kak Lisa bisa membuat konten sesuai dengan moment yang sedang terjadi pada saat itu. Misalnya di moment mendekati hari raya, Kak Lisa bisa membuat konten artikel tentang indahnya berbagi parcel lebaran. Berikutnya Kak Lisa bisa menyelipkan promo khusus paket kue untuk berbagi parcel dengan teman maupun keluarga.

 

Nah, setelah mengetahui berbagai keuntungan dari memiliki blog, kini Kak Lisa makin tertarik untuk segera merealisasikannya.

Kak Lisa kemudian bertanya, di mana aku bisa membangun blog dengan harga yang murah tapi layanan terbaik?

Lalu, sebagai seseorang yang sudah malang-melintang di dunia blog selama kurang lebih 2 tahun, aku pun merekomendasikan Ardhosting sebagai Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia kepada Kak Lisa.

Ardhosting, Rekomendasi Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia

Ardhosting merupakan jasa penyedia layanan di bidang web hosting dan registrasi domain di Indonesia. Ardhosting sudah berdiri sejak tahun 2000 dan memiliki slogan yaitu “Fast & Reliable Webhosting.”

Melalui slogan ini, Ardhosting bertekad memberikan varian layanan web hosting dan domain yang murah, cepat, dan handal sesuai kebutuhan pengguna.

Karena itu aku merekomendasikan Ardhosting kepada Kak Lisa, sebab apa yang ditawarkan Ardhosting akan mampu menjawab kebutuhan Kak Lisa yang sedang menjalankan 2 bisnis online sekaligus.

Pilihan paket Ardhosting (sumber: ardhosting.com)

Selain itu, Ardhosting juga menyediakan Ecommerce Cloud Hosting jika Kak Lisa tertarik memiliki website resmi khusus untuk berjualan.

Sebagai penyedia Cloud Hosting Indonesia Terbaik & Handal, Ardhosting sudah menyiapkan serangkaian fitur utama dengan menggunakan infrastruktur cloud terbaik. Tidak tanggung-tanggung, kecepatan akses website yang ditawarkan bisa 40x lebih cepat dibanding hosting konvensional dengan tingkat keamanan terbaik free SSL.


Mengapa Ardhosting Jadi Penyedia Web Hosting Terbaik?

Tentu bukan tanpa alasan kenapa aku merekomendasikan Ardhosting sebagai partner bisnis Kak Lisa. Perusahaan penyedia layanan web hosting yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun ini menawarkan sederet kelebihan yang akan memudahkan Kak Lisa dalam mengoptimalkan peran blog untuk keberlangsungan bisnisnya.

Sederet alasan itu di antaranya:

Kelebihan yang ditawarkan Ardhosting (sumber: ardhosting.com)


1. 
Fast & Reliable Web Hosting

Seperti yang telah aku singgung sebelumnya, Ardhosting bertekad memberikan varian layanan web hosting dan domain yang murah, cepat, handal dan sesuai kebutuhan kliennya, tak terkecuali salah satunya klien seperti Kak Lisa.

2. cPanel & Plesk Ready

Ardhosting menyediakan pilihan sistem operasi Linux dan Microsoft Windows. Nah, Kak Lisa bisa memilih salah satu di antaranya. Dilengkapi juga dengan kontrol panel Web Hosting Manager (WMH) dan cPanel untuk layanan web hosting berbasis Linux, sementara layanan Microsoft Windows menggunakan Parallels Plesk.

3. Partner Resmi ICANN

Ardhosting secara resmi telah berpartner dengan ICANN. Dalam hal ini Ardhosting siap memberikan layanan berupa pendaftaran domain baru dan transfer domain baru lengkap dengan kontrol panel domain untuk manajemen fitur domain. 

4. Softaculous Auto Installer

Ini merupakan fitur unggulan dari Ardhosting yang akan memudahkan Kak Lisa dalam membangun situs dengan berbagai kategori tanpa harus menguasai berbagai bahasa pemrograman secara detail. Karena tentu saja bahasa pemrograman sangat sulit dimengerti oleh Kak Lisa yang berprofesi sebagai guru.

5. Pilihan Lokasi Server Beragam

Tidak hanya di Indonesia, Ardhosting juga menyediakan layanan web hosting yang terletak di beberapa regional yaitu Singapore, United States dan Hongkong.

6. 24/7 Reliable Support

Layaknya Kak Lisa yang mengedepankan kepuasan pelanggan, Ardhosting sebagai penyedia web hosting juga sangat mengutamakan kepuasan kliennya. Dalam hal ini, Arhosting siap dihubungi baik melalui telepon, email, maupun online chat yang sudah terintegrasi.

 

Itulah beragam kelebihan yang akan Kak Lisa peroleh apabila membangun sebuah blog bersama Ardhosting.


Tak hanya memberikan gambaran mengenai rekomendasi hosting terbaik, aku juga menjelaskan lebih dalam mengenai hal lain yang perlu dipelajari Kak Lisa saat membangun blog. Mulai dari menentukan nama domain, tema dan fitur dalam blog, hingga optimasi blog.

Berbekal pengalaman yang aku miliki, aku siap sedia membantu Kak Lisa dalam proses ini.

Kak Lisa Siap Mengembangkan Bisnis Online-nya Melalui Blog

Setelah aku mengenalkan Ardhosting dan membeberkan sederet keunggulannya kini Kak Lisa siap mengembangkan bisnisnya agar makin melesat melalui blog.

Pelanggan yang berkunjung ke blog sudah pasti tidak akan hanya menemukan informasi produk, tetapi juga konten artikel yang menarik, edukatif dan bermanfaat.

Melalui blog, Kak Lisa yakin upaya promosinya akan jauh lebih terstruktur dan berorientasi jangka panjang.

Nah, sekarang bagaimana denganmu? Apakah kamu juga memiliki bisnis online atau tertarik membangun bisnis online? Jika, ya, kamu bisa mencoba mempromosikan produk-produk yang kamu jual lewat media blog.

***


Referensi:
1. Lisa sebagai narasumber
2. Website resmi Ardhosting (www.ardhosting.com)